Inilah Cara Mengecek Kesehatan Laptop Anda

Inilah Cara Mengecek Kesehatan Laptop Anda

cara mengecek kesehatan laptop
Tips dan Trik

Seperti apa cara mengecek kesehatan laptop? Hal ini sangat penting karena akan sangat berhubungan dengan masa pemakaian dari sebuah laptop. Mengetahui kesehatan laptop juga bisa menjadi langkah antisipasi jika harus melakukan perbaikan. Salah satu bagian terpenting yang harus menjadi perhatian adalah kesehatan baterai laptop. Biaya penggantian yang tidak murah akan menjadi salah satu alasan mengapa Anda harus memperhatikan kesehatan dari laptop.

Demi bisa siap menghadapi masalah yang bisa terjadi pada laptop, maka berikut ini adalah cara mengecek kesehatan laptop yang bisa Anda ikuti. Yuk, mari kita pelajari berbagai cara tersebut melalui informasi-informasi yang ada di bawah ini.

Bagaimana Cara Mengecek Kesehatan Laptop?

Laptop menjadi salah satu alat yang digunakan untuk berbagai macam hal. Mulai dari kegiatan sekolah, pekerjaan kantor, untuk usaha, hingga hiburan. Bisa digunakan di mana saja menjadi keunggulan dari sebuah laptop. Tidak heran jika saat ini penggunaannya sangatlah banyak. Namun, Anda harus berhati-hati karena setiap perangkat elektronik akan memiliki “kesehatan” masing-masing.

Hal ini akan sangat berhubungan dengan bagaimana cara Anda menggunakan laptop tersebut. Apakah Anda menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, menggunakannya sambil di cas, atau baru akan mengisinya jika baterai sudah benar-benar habis.

Baca Juga: Bagaimana Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop?

Kegiatan yang Anda lakukan juga berpengaruh. Apakah Anda hanya menggunakan laptop untuk aktivitas ringan seperti browsing internet, mengetik tugas, dan menonton film, atau malah menjalankan aplikasi editing hingga menggunakan laptop untuk bermain game.

Berbagai hal di atas bisa memberikan dampak langsung pada kesehatan laptop. Jika Anda lalai dan tidak pernah mengecek hal ini, maka laptop bisa saja rusak lebih cepat. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda bisa melakukan berbagai macam cara di bawah ini untuk memantau bagaimana tingkat kesehatan dari laptop.

1. Gunakan Windows Security

Jika Anda ingin informasi umum yang bisa didapatkan cepat dan user friendly mengenai kesehatan dari laptop Anda, maka Windows Security akan bisa membantu Anda untuk menyajikan berbagai informasi penting tersebut. Untuk menjalankan program ini, maka cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut ini.

  • Klik kanan Start, dan pilih Control Panel
  • Temukan Windows Security
  • Temukan opsi Device & health option dan klik
  • Perangkat akan menampilkan laporan kesehatan Anda dan terakhir kali pemindaian dilakukan

Laporan kesehatan ini nantinya akan dibagi menjadi beberapa area, menandai masalah apa pun dan apa solusi yang bisa Anda ambil. Windows Security akan memindai secara berkala dan otomatis selama laptop berjalan, seperti yang ditunjukkan oleh tanggal pemindaian terakhir, jadi Anda tidak perlu menjalankannya secara manual.

Laporan kesehatan ini akan memiliki berbagai macam informasi, meliputi:

  • Kapasitas penyimpanan: Jika sistem Anda memiliki cukup ruang penyimpanan untuk menyelesaikan tugas seperti pembaruan Windows.
  • Battery health: Berisi informasi mengenai masa pakai dari baterai laptop Anda. Selain itu juga ada informasi mengenai konsumsi dan apa yang bisa menghabiskan baterai, seperti pengaturan kecerahan.
  • Aplikasi dan perangkat lunak: Memuat informasi mengenai software yang diinstal. Apakah perlu diperbarui atau ada kegagalan dalam proses penginstalan.
  • Layanan Windows Time: Jika jam Anda tidak sinkron atau dinonaktifkan, hal ini dapat memengaruhi koneksi internet dan menyebabkan masalah lainnya.

Jika setiap area ini baik-baik saja, maka akan ditandai dengan centang hijau. Jika tidak, maka logo pemeriksaan kuning akan menunjukkan masalah spesifik yang terjadi dan bagaimana cara memperbaikinya.

Baca Juga: Inilah Cara Melihat Kapasitas Baterai Laptop Anda

2. Menggunakan Performance Monitor

Bagi Anda pengguna windows 10, maka akan bisa memanfaatkan salah satu fungsi menarik untuk memantau kesehatan dari laptop. Ini adalah alat canggih yang akan melacak elemen seperti disk, memori, dan penggunaan jaringan. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengetik Performance Monitor di bar pencarian windows.

Ada dua jenis laporan yang bisa Anda dapatkan melalui fitur Performance Monitor: System Diagnostics dan System Performance. Untuk membuat mendapatkan laporan ini, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah:

  • Pada panel sebelah kiri, perluas Data Collector Sets dan kemudian pilih System.
  • Klik kanan System Diagnostics dan System Performance dan klik Start.

Anda akan menunggu selama satu menit untuk bisa mendapatkan laporan. Setelah siap, Anda dapat mengaksesnya melalui Reports > System. Nama laporan akan berisi tanggal pembuatannya sehingga memudahkan dalam pencarian.

3. Periksa Kesehatan Baterai Menggunakan Sleep Study

Anda dapat menjalankan laporan untuk menilai kesehatan baterai melalui sleep study. Melalui laporan ini, Anda akan bisa mengidentifikasi aplikasi atau perangkat yang menggunakan banyak daya dari baterai laptop.

Anda dapat menjalankannya di desktop untuk memeriksa siklus daya laptop. Berapa kali baterai habis hingga terisi penuh kembali. Berikut cara untuk bisa mendapatkan laporan ini:

  • Buka Command Prompt Dengan menekan tombol Windows + X dan klik Command Prompt (Admin).
  • Anda harus membuat perintah untuk membuat file HTML sebagai laporan. Untuk melakukannya, masukkan ini ke Command Prompt: powercfg/SleepStudy/output%USERPROFILE%\Desktop\mysleepstudy.html

Pada desktop akan muncul mysleepstudy.html yang bisa Anda buka melalui browser. Laporan ini memberi Anda informasi mengenai laptop dan baterai. Mulai dari bagan pengurasan baterai dan detail pada setiap standby session. Ada juga informasi mengenai setiap sesi berlangsung, berapa energi yang dikonsumsi, dan berapa banyak waktu yang dihabiskan dalam kondisi daya rendah.

Itulah beberapa cara untuk melihat kesehatan dari laptop. Jika laptop sendiri sedang tidak baik dan butuh laptop pengganti sementara, maka Anda bisa menyewa laptop. IndoRental menyediakan sewa laptop Jakarta yang bisa Anda coba. Dapatkan laptop berkualitas yang bisa Anda sewa dengan harga yang terjangkau. Segera kunjungi website kami untuk menemukan informasi lebih lanjut. Semoga informasi cara mengecek kesehatan laptop ini bisa membantu Anda.