Inilah Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

6 Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala
Tips dan Trik

Anda harus tahu cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala berikut ini. Masalah layar mati seperti kasus yang satu ini cukup umum dijumpai. Laptop merupakan alat elektronik yang cukup rentan dengan kerusakan, tidak terkecuali kerusakan pada layar. Sebagai mesin yang portable tentu Anda akan berharap mesin ini bisa digunakan kapan saja. Tanpa adanya layar yang menyala, maka penggunaan laptop akan sia-sia. Tapi Anda tidak perlu khawatir. Kali ini kami akan membagikan beberapa tips atau cara untuk bisa mengatasi permasalahan yang satu ini. Bila Anda ikuti dengan benar, maka kejadian layar mati ini bisa Anda perbaiki. Mari kita mulai.

Ikuti Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

Bila Anda mengalami layar laptop yang mati namun mesin masih menyala, mungkin beberapa cara berikut ini bisa membantu Anda.

1. Pastikan Panel Display Anda Tidak Rusak

Jika layar laptop hitam namun mesin masih nyala, salah satu penyebab paling umum adalah adanya kerusakan pada panel display-nya. Cek apakah komputer masih bisa memunculkan gambar di monitor eksternal. Apabila layar monitor eksternal menampilkan gambar dan kabel fleksibel normal, bisa jadi memang sumber masalahnya adalah panel display yang rusak. Segera ganti panel display Anda.

2. Pastikan Kabel Fleksibel Layar Laptop Tidak Mengalami Kerusakan

Kabel fleksibel yang digunakan untuk mentransfer gambar ke layar monitor bisa saja rusak. Pastikan dengan menghubungkan laptop dengan monitor eksternal. Apabila layar monitor eksternal menampilkan gambar, bisa jadi kabel fleksibel laptop rusak. Sangat disarankan untuk membawanya ke tempat servis jika mengalami kerusakan ini.

3. Pastikan Kondisi VGA Anda Masih Bagus

Jika kondisi VGA Anda mengalami kerusakan, hubungi ahli di bidangnya ataupun segera bawa ke service centre. Karena dalam laptop, biasanya VGA akan tertanam di Motherboard. Jadi bisa saja solusinya adalah mengganti Motherboard dari laptop anda.

4. Cek Kondisi RAM

Layar laptop mati tapi lampu indikator nyala juga bisa disebabkan karena RAM laptop mengalami kerusakan. Coba bersihkan pin pada RAM terlebih dahulu dan kembali hidupkan laptop anda. Anda bisa mencoba dengan menggunakan RAM yang lain atau langsung membawanya ke tempat servis komputer untuk di tes. Jika berhasil menyala menggunakan RAM yang lain, maka bisa RAM yang sebelumnya ada pada laptop Anda sudah rusak. Segera beli RAM baru untuk bisa kembali menyalakan layar komputer.

Baca juga: cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup

5. Laptop Terlalu Panas

Hindari kejadian overheating atau laptop terlalu panas ini. Hal ini bisa disebabkan karena lubang ventilasi pada laptop tertutup kotoran, debu, atau bisa juga laptop karena bagian bawah tertutup kain atau alas. Biarkan kondisi laptop kembali dingin. Usahakan untuk membersihkan debu atau kotoran yang ada pada kipas laptop anda. Gunakan juga kipas eksternal pada bagian bawah laptop untuk meningkatkan ventilasi udaranya.

6. Update Driver VGA

Anda perlu mengupdate driver VGA agar menyesuaikan dengan berbagai software terbaru. Terlebih lagi jika laptop Anda menggunakan VGA yang banyak digunakan untuk performa tinggi. Aplikasi yang tidak kompatibel dengan driver VGA akan menyebabkan gambar yang tidak dapat keluar sama sekali.
Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika layar laptop Anda mati, namun mesin masih menyala. Semoga informasi mengenai cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala ini bisa berguna, Anda juga bisa sewa laptop Jakarta jika laptop Anda masih dalam masa perbaikan di IndoRental sekarang juga!

Baca juga: cara mematikan laptop dengan keyboard