5 Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Servis

Cara Mengatasi Laptop Lemot
Tips dan Trik

Laptop lemot memang menjadi sebuah masalah yang pastinya mengganggu Anda. Apalagi jika laptop tersebut menjadi andalan untuk bekerja. Pastinya permasalahan laptop lemot dapat mempengaruhi kinerja Anda. Untungnya ada beberapa cara mengatasi laptop lemot tanpa servis yang bisa Anda lakukan sendirian. Penasaran dengan solusi dari masalah ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Hapus File yang Sudah Tidak Penting

Setiap laptop pasti memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda. Ada yang 128GB, 256GB, hingga 1TB. Semakin besar kapasitas, maka semakin banyak file yang bisa Anda simpan di dalamnya. Namun ketika Anda terlalu cuek dengan sisa kapasitas yang dimiliki oleh laptop tersebut, maka jangan aneh jika tiba-tiba laptop lemot. File yang terlalu penuh hingga hampir membuat kapasitas laptop menjadi habis dapat menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Sayangnya hal ini tidak Anda sadari bahwa penyebabnya berasa dari kapasitas yang sudah hampir penuh. Terlebih jika anda sering melakukan cara screenshot di laptop.

Kebiasaan dari kita umumnya lupa menghapus file sisa hasil screenshot dan lama kelamaan akan menumpuk dan memakan space memory. Jika dengan kondisi seperti ini, maka cara mengatasi laptop lemot adalah dengan melihat berapa sisa kapasitas yang tersedia. Kalau sisa sedikit, Anda dapat lakukan pembersihan drive c atau sebaiknya hapus file-file yang tidak penting, khususnya dengan size besar agar membuat kapasitas laptop kembali besar dan performa laptop tidak lemot lagi. Atau Anda juga dapat meng-upgrade harddisk hdd dengan ssd yang memiliki kecepatan membaca data lebih baik. Karena dengan kinerja perangkat yang memiliki kecepatan lebih baik, diharapkan laptop tidak lemot lagi.

2. Ukuran RAM Sudah Tidak Memadai

Selain berbicara mengenai kapasitas penyimpanan, spesifikasi laptop serta kapasitas RAM juga penting untuk membuat performa laptop lebih maksimal. Ukuran RAM juga berbeda-beda. Ada 2GB, 4GB, 8GB, hingga 16GB. Semakin besar kapasitas RAM, performa laptop menjadi lebih maksimal. Jika Anda pengguna laptop dengan kapasitas RAM besar, Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi yang berjalan di background secara bersamaan atau mengerjakan hal-hal berat, seperti editing video dan lainnya.

Namun kalau pekerjaan yang Anda lakukan di laptop tersebut terlalu berat dan kapasitas RAM tidak memadai, maka kapasitas RAM yang Anda gunakan dapat menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Cara mengatasinya adalah dengan upgrade atau penambahan RAM serta perhatikan aplikasi yang berjalan di background. Penggunaan aplikasi terlalu besar dan tidak diperlukan akan memberatkan kinerja RAM dan memakan kapasitas RAM, maka tutup saja agar bisa memberikan ruang untuk aplikasi yang lebih berguna saat itu.

3. Uninstall Aplikasi 

Menyambung ke masalah menghapus file, terkadang juga jika terlalu sering mendiamkan aplikasi yang sudah tidak terpakai menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Padahal aplikasi tersebut memiliki jumlah size yang besar. Kalau terlalu banyak aplikasi yang berjalan, maka kapasitas penyimpanan juga semakin berkurang sehingga menjadi lemot. Maka dari itu, cara mengatasi laptop lemot yang disebabkan oleh penggunaan aplikasi sebaiknya uninstall aplikasi yang tidak terpakai serta pembersihan drive c agar kapasitas laptop kembali besar dan tidak lemot lagi.

4. Menggunakan Antivirus

Virus menjadi salah satu masalah yang hingga detik ini masih menjadi penyebab laptop lemot. Jika terasa lambat namun Anda masih bingung cara mengatasi laptop lemot, coba install aplikasi antivirus. Bisa saja di dalam laptop Anda memang terdapat virus. Masalahnya virus tersebut tidak bisa Anda temukan tanpa adanya bantuan dari antivirus. Pilih antivirus yang menurut Anda terbaik di pasaran dan langsung lakukan scanning agar virus yang ada bisa terdeteksi lalu segera hapus.

5. Install Ulang

Jika Anda sudah mengikuti beberapa cara di atas tapi laptop masih lemot, maka cara terakhir yang bisa dilakukan agar laptop tidak lemot adalah melakukan install ulang. Proses install ulang windows atau mac memang memakan waktu yang cukup lama. Tapi sebelum melakukannya, sebaiknya simpan data penting di HDD eksternal atau cloud agar tidak hilang. Risiko pertama dari melakukan reset ulang adalah hilangnya data-data di laptop. Jadi sebaiknya simpan data-data penting terlebih dahulu lalu tinggal install ulang.

Jadi sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara mengatasi laptop lemot tanpa perlu datang ke tempat servis. Daripada Anda bingung harus merawat laptop, opsi sewa laptop dari IndoRental tentunya lebih baik. IndoRental memiliki ragam jenis laptop dengan berbagai spesifikasi yang bisa Anda sewa saat ini juga. Kunjungi IndoRental untuk informasi lebih lanjut.