Ketahui Cara Mengatasi Laptop Black Screen saat Digunakan

Ketahui Cara Mengatasi Laptop Black Screen saat Digunakan

cara mengatasi laptop black screen
Tips dan Trik

Biasanya, orang mulai mencari cara mengatasi laptop black screen saat perangkat kesayangan mereka bermasalah. Tentunya merupakan hal yang tidak mengenakkan apabila kita sedang sibuk bekerja tapi layar laptop tiba-tiba gelap. Ada pula yang hiburannya terganggu karena masalah satu ini.

Black screen adalah kondisi di mana laptop tetap menyala tapi hanya muncul layar hitam, biasanya ini menjadi gejala kerusakan yang membuat kita panik. Berbeda dengan blue screen yang masih bisa menampilkan informasi kesalahan, black screen tidak menampilkan apapun, baik itu gambar, kode atau sekedar tulisan.

Apa Saja Penyebab Laptop Mengalami Black Screen saat Digunakan?

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab layar hitam. Hal ini juga dapat membantu Anda ketika akan mulai mengatasi black screen di laptop Anda.

Berikut adalah beberapa penyebab layar hitam yang umum ditemui.

1. Masalah pada RAM

Laptop black screen bisa juga terjadi pada posisi RAM yang tidak pas, terutama bila Anda pernah melepasnya. Akibatnya, proses booting pun terpengaruh yang bisa membuat layar laptop menjadi gelap. Tidak cuma posisi RAM, masalah ini juga timbul karena masa pemakaiannya yang sudah lama.

Baca Juga: Pengertian Cache Memory dan Fungsinya

2. Masalah pada Kabel Penghubung Layar

Bisa juga terdapat masalah pada kabel yang menghubungkan layar dengan mainboard laptop, seperti terputus atau tidak terpasang dengan baik. Tidak heran layar laptop mendadak gelap karena kabel penghubungnya mengalami kerusakan.

3. Masalah pada VGA

Penyebab lainnya adalah masalah pada Video Graphics Array (VGA) yang telah rusak. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan munculnya garis-garis yang berwarna-warni di layar laptop, bahkan bisa membuat laptop menjadi hang. Ujung-ujungnya, laptop pun mengalami black screen setelah dinyalakan.

4. Masalah pada Sistem

Apakah Anda pernah mengunduh atau menginstall software atau aplikasi tanpa prosedur yang tepat? Bisa jadi inilah yang membuat laptop mengalami black screen karena ada virus yang menyerang sistemnya. Akibatnya, kinerja laptop pun terganggu dan layar laptop menjadi gelap secara mendadak.

5. Masalah pada Hardware

Penyebab terakhir yang perlu disadari adalah masalah pada perangkat keras atau hardware di laptop, seperti motherboard atau layar laptop itu sendiri. Masalah inilah yang bisa mengakibatkan layar laptop tiba-tiba gelap dan pekerjaan menjadi terganggu.

Baca juga: Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop dengan Mudah

Bagaimana Cara Mengatasi Layar Hitam Dengan di Laptop Dengan Tepat?

Kalau Anda sudah mengetahui beberapa penyebab layar hitam, maka sekarang Anda bisa mulai mengatasinya. Cara mengatasi laptop black screen ini dapat Anda terapkan di berbagai jenis OS Windows, mulai dari Windows 10, 8, 7, dan lain-lain.

Beberapa langkah mungkin akan berbeda tergantung dari versi OS yang Anda gunakan, tetapi langkah utamanya akan kurang lebih sama.

Berikut adalah cara mengatasi black screen di laptop yang dapat Anda coba.

1. Mengecek Layar Laptop

Mengecek kondisi layar laptop merupakan langkah utama untuk mengatasi black screen dengan efektif. Jika Anda menemukan layar laptop Anda dalam kondisi rusak parah, maka akan lebih efektif dan efisien jika Anda segera menggantinya.

Untuk mengecek kondisi layar, Anda bisa menghubungkan laptop Anda ke layar eksternal seperti TV atau proyektor dengan menggunakan kabel HDMI.

Jika gambarnya muncul pada layar eksternal, itu berarti masalah memang terletak pada layar Anda. Bila tidak, penyebabnya ada di bagian lain, seperti VGA atau driver yang harus di update.

Baca Juga: 3 Cara Menyambungkan Laptop Ke Proyektor

2. Membersihkan RAM

Cara ini dilakukan apabila masalahnya memang terletak pada posisi RAM yang tidak pas. Untuk mengatasinya, coba bersihkan RAM dengan melepasnya dari motherboard. Ingat, laptop harus dalam keadaan mati dan semua perangkat yang tersambung harus dicabut terlebih dahulu.

Bukalah casing belakang laptop, kemudian lepaskan RAM dari slotnya. Bersihkan RAM dengan menggunakan kuas atau penghapus untuk pensil. Bila sudah bersih, pasanglah kembali RAM pada posisinya dengan benar.

3. Menghapus Software dan Aplikasi Mencurigakan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, masalah laptop black screen bisa jadi diakibatkan oleh virus. Kalau sudah begini, cobalah menghapus software dan aplikasi yang tidak penting dan juga mencurigakan.

Meskipun software itu sangat berguna dan memudahkan pekerjaan Anda, lebih baik di-uninstall sekarang juga daripada mengalami masalah yang terulang di kemudian hari. Kalau laptop sedang black screen, cobalah masuk ke Safe Mode terlebih dulu.

Baca Juga: Cara Uninstall Aplikasi di Laptop dengan Bersih

Nyalakan laptop Anda seperti biasanya, kemudian tekan dan tahan tombol F8 hingga layarnya muncul dan berisi daftar program dan sistem yang bisa dipilih. Kemudian, pilih Safe Mode dan tekan Enter.

Setelah memasuki Safe Mode, barulah Anda bisa uninstall software yang mencurigakan tersebut. Cobalah untuk restart komputer, bila layar kembali normal, berarti masalah laptop black screen pun terpecahkan

4. Melakukan Install Ulang

Cara keempat yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan install ulang. Pastikan data-data yang ada di laptop di-backup dulu, karena proses ini bisa menghapus semua data yang ada di komputer.

5. Mengganti Layar

Apabila beberapa langkah di atas tidak menyelesaikan masalah laptop black screen, mau tidak mau Anda harus mengganti layar laptop dengan yang baru. Pilihlah layar yang benar-benar baru, bukan merupakan second atau berasal dari laptop yang lama untuk menghindari masalah ini datang yang kedua kalinya.

6. Update Driver

Driver bisa jadi salah satu penyebab layar dari laptop Anda menjadi black screen. Untuk melakukan update driver, Anda bisa membuka device manager, pilih ‘Display Adapters’, pilih adaptor tampilan layar dari laptop Anda, dan klik kanan. Dari menu yang terbuka, pilih ‘Update Drive’.

7. Hentikan Proses RunOnce

Salah satu alasan layar dari laptop Anda menjadi black screen adalah karena proses aplikasi yang sedang berjalan saat Anda menyalakan laptop Anda.

Untuk mengatasinya, Anda bisa membuka task manager untuk mematikan proses tersebut. Caranya, tekan tombol CTRL + ALT + DEL atau CTRL + SHIFT + ESC untuk membuka task manager.

Cari proses bernama ‘RunOnce.exe’. Klik kanan dan pilih ‘Stop’. Agar perubahan bisa diterapkan, restart laptop Anda.

Begitulah penyebab dan cara mengatasi laptop black screen saat digunakan, sehingga Anda tidak perlu panik apabila terjadi masalah yang serupa di kemudian hari. Apabila langkah terakhir, yaitu mengganti layar laptop harus dilakukan padahal pekerjaan atau tugas sedang menumpuk, jangan khawatir. Untuk sementara, Anda bisa sewa laptop bersama Indorental, dan kami menyediakan laptop yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan. Hubungi Indorental dan diskusikan kebutuhan laptop Anda bersama kami.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup