Ketahui 2 Cara Mengaktifkan Webcam Laptop yang Bisa Anda Lakukan Dengan Cepat

Ketahui 2 Cara Mengaktifkan Webcam Laptop yang Bisa Anda Lakukan Dengan Cepat

cara mengaktifkan webcam laptop
Uncategorized

Cara mengaktifkan webcam laptop sangat mudah dilakukan dengan beberapa langkah yang akan dijelaskan pada artikel ini. Sebelumnya webcam atau kamera laptop menjadi alat atau fitur penting yang harus ada dalam sebuah laptop. Sejak semua kegiatan yang harus dilakukan dari rumah dan secara daring, webcam laptop menjadi satu-satunya cara untuk berkomunikasi bertatapan muka. Ini karena webcam laptop memungkinkan Anda melihat wajah dari lawan bicara saat melakukan panggilan video. Kalau begitu langsung saja perhatikan cara mengaktifkannya berikut ini. 

Bagaimana Cara Mengaktifkan Webcam Laptop Internal?

Webcam pada laptop biasanya sudah tersedia saat Anda membeli laptop. Driver webcam pun biasanya sudah terinstall secara otomatis saat Anda ingin menggunakan kamera. Anda bisa melakukan pengecekkan awal apakah driver webcam sudah terinstal dengan membuka aplikasi kamera yang ada di laptop Anda. Jika saat dibuka lampu webcam tidak menyala dan layar laptop tidak menampilkan wajah Anda, maka kemungkinan besar driver belum terinstall atau desktop belum diizinkan untuk mengakses kamera Anda. 

1. Cara Install Driver Webcam

Untuk menginstall, Anda perlu membuka “Device Manager” yang bisa dilakukan melalui “Search Bar” dengan simbol kaca pembesar yang berada di taskbar. Tinggal ketik device manager dan akan keluar pilihan tersebut. Saat diklik, Anda akan dibawa menuju tab “Device Manager” yang akan menampilkan banyak daftar alat yang digunakan di laptop. 

Cari tulisan “Cameras” dan klik tulisan tersebut dua kali. Kemudian akan muncul nama kamera yang terpasang di laptop. Klik kanan pada nama kamera tersebut dan klik pilihan “Install Driver”. Kemudian Anda hanya perlu mengikuti setiap instruksi yang telah tersedia. 

Jika sudah terinstall, kamera Anda sudah dapat digunakan. Jika driver kamera sudah terinstall namun belum juga bisa digunakan, Anda dapat kembali melakukan proses yang sama menuju bagian “Cameras” yang ada di “Device Manager” dan pilih “Update Driver”. Ini dilakukan untuk memperbarui kamera laptop. 

2. Cara Mengizinkan Akses Webcam

Jika cara di atas belum berhasil membuat kamera bisa digunakan, kemungkinan besar karena Anda belum memberikan akses pada desktop dan beberapa aplikasi untuk menggunakan kamera. Untuk mengizinkan akses, Anda bisa menuju bagian “Settings” dan pilih “Privacy”. Kemudian gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian “App Permission” dan tulisan “Camera”. 

Klik “Camera” dan Anda akan dibawa menuju tab pengaturan mengenai kamera laptop. Pada tab tersebut akan ada pilihan untuk memberikan akses dengan menggantinya ke mode “On”. Jika Anda gulir lagi ke bawah, akan ada pengaturan yang bertuliskan “Allow apps to access your camera” dan “Allow desktop apps to access your camera”

Ubah kedua pengaturan tersebut ke mode “On”. Terakhir, saat Anda sudah mengubah ke mode “On”, akan muncul pilihan aplikasi mana saja yang bisa Anda berikan izin untuk mengakses kamera. Ubah semua pengaturan akses aplikasi ke mode “On”, agar Anda bisa menggunakan kamera pada aplikasi yang Anda butuhkan. 

Baca Juga: 6 Cara Agar Kamera Laptop Jernih Saat Online Meeting

Bagaimana Cara Mengaktifkan Webcam Laptop Eksternal? 

Namun jika laptop yang Anda punya tidak memiliki webcam yang sudah terpasang, Anda bisa membeli webcam eksternal di tempat elektronik atau dari berbagai marketplace secara online. Saat sudah membelinya, Anda hanya tinggal menyambungkan webcam eksternal dengan laptop menggunakan kabel USB yang sudah tersedia. Kembali lakukan hal yang sama dari poin sebelumnya, yaitu install driver webcam dan berikan akses kepada semua software terkait agar Anda bisa langsung menggunakan webcam untuk berbagai kegiatan. 

Baca Juga: 2 Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop

Bagaimana? Tidak sulit bukan? Kini Anda bisa menggunakan webcam untuk meeting dan pembelajaran daring Anda dengan baik. Apabila Anda memerlukan laptop dengan kualitas kamera yang mumpuni untuk melakukan panggilan video namun tidak ingin membeli yang baru, Anda bisa sewa laptop di IndoRental. 

Terdapat berbagai jenis laptop yang bisa Anda pilih dan sesuaikan harganya dengan kantong Anda. Pengiriman laptop yang dilakukan IndoRental tepat waktu, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai keterlambatan yang ada. Namun tidak masalah juga jika Anda ingin mengikuti cara-cara mengaktifkan webcam laptop yang dijelaskan di atas.