Bagaimana Cara Mencoret Tulisan Di Word? Temukan Jawabannya Di Sini

Bagaimana Cara Mencoret Tulisan Di Word? Temukan Jawabannya Di Sini

cara mencoret tulisan di word
Tips dan Trik

Seperti apa cara mencoret tulisan di Word? Jika Anda mengoreksi sebuah dokumen, terkadang ada baiknya untuk menandai kalimat apa saja yang ingin dihapus atau diganti. Dengan begitu Anda akan bisa merancang dokumen dengan lebih baik. Menandai tulisan dengan mencoretnya menggunakan pena tentu adalah hal yang mudah, namun jika dilakukan di Word, maka caranya tidak akan semudah yang Anda pikirkan. Diperlukan trik tersendiri yang wajib diketahui. Untuk mempelajarinya, Anda bisa mengikuti berbagai macam informasi yang ada di bawah ini.

Cara Mencoret Tulisan Di Word

Aplikasi pengolah kata Word bisa digunakan untuk berbagai macam kegunaan. Bahkan software yang pertama kali dirilis pada tahun 1983 ini merupakan salah satu aplikasi Microsoft Office Suite. Menjadi salah satu perangkat lunak pengolah kata yang paling banyak digunakan dan dikenal di dunia. Bahkan integrasinya dengan Office 365 dan Microsoft OneDrive menjadikannya semakin fleksibel untuk kegiatan bisnis dan pengolahan dokumen.

Ada banyak fungsi menarik yang ditawarkan oleh software ini. Mulai dari membuat bagan untuk keperluan bisnis, membuat tabel, membuat skrip, hingga membuat dokumen. Demi mendukung software ini untuk menjalankan fungsinya, tersedia berbagai macam bentuk fitur untuk pemformatan dan pengeditan teks.

Anda akan bisa mengganti warna teks, memberikan blok warna, membuatnya menjadi bold, italic, bergaris bawah, ataupun memiliki efek seperti tercoret. Efek seperti coretan garis ini juga biasa dikenal dengan sebutan strikethrough. Bila mengaktifkan fitur ini, maka kata, kalimat, atau paragraf akan bisa ditandai dengan garis horizontal tepat di tengahnya. Untuk memberikan efek ini pada tulisan Anda, maka caranya adalah:

  1. Blok kata atau tulisan yang akan dicoret terlebih dahulu.
  2. Klik pada Tab Home, lalu pada grup font klik tombol untuk memunculkan dialog Font. Anda juga bisa menggunakan tombol shortcut pada keyboard dengan menekan “Ctrl+D”.
  3. Lalu pada grup Effects, berikan tanda check pada item Strikethrough untuk mencoret tulisan dengan menggunakan satu garis. Opsi Double Strikethrough akan mengubah kata atau tulisan yang Anda blok dengan menggunakan dua garis.
  4. Kemudian klik tombol OK.
  5. Tulisan kini sudah dicoret menggunakan satu atau dua garis sesuai dengan pilihan Anda.

Menambahkan Strikethrough Ke Quick Access Toolbar

Anda juga dapat menambahkan Strikethrough ke Quick Access Toolbar dan kemudian mengaksesnya menggunakan Alt. Hal ini akan semakin memudah Anda dalam pekerjaan yang membutuhkan fitur ini. Quick Access Toolbar ini bisa ditemukan pada bagian bawah dari ribbon Microsoft Word Anda.

Untuk menambahkannya ke Quick Access Toolbar, maka yang perlu dilakukan adalah

  1. Klik kanan Strikethrough di grup Font pada tab Home. Menu drop-down akan muncul.
  2. Pilih Add to Quick Access Toolbar.
  3. Klik panah bawah di sebelah kanan Quick Access Toolbar dan pilih perintah lainnya dari menu yang muncul. Anda akan menemukan kotak dialog yang berisi berbagai macam opsi.
  4. Dalam daftar perintah di sisi kanan kotak dialog, klik Strikethrough.
  5. Klik panah atas yang muncul di paling kanan hingga tombol muncul di bagian atas daftar (Anda dapat memindahkannya ke posisi kedua, posisi ketiga, dll).
  6. Klik Oke.

Tekan Alt. Key tips akan muncul di Quick Access Toolbar. Jika Anda telah memindahkan Strikethrough ke posisi pertama, tekan 1 untuk menerapkannya. Jika Anda telah memindahkan ke posisi kedua, tekan 2 untuk menerapkannya dan seterusnya. Ini adalah shortcut berurutan, jadi tekan Alt lalu nomornya.

Membuat Shortcut Keyboard Khusus

Anda juga dapat membuat pintasan shortcut Anda sendiri di Microsoft Word dengan. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat sebuah akses cepat untuk menerapkan Strikethrough. Anda dapat menggunakan File Options untuk menyesuaikan keyboard Anda. Untuk membuat shortcut keyboard khusus dengan File Options, maka caranya adalah seperti berikut ini:

  1. Klik tab File.
  2. Klik Opsi. Sebuah kotak dialog muncul.
  3. Di panel kiri, klik Customize Ribbon.
  4. Di panel di sebelah kanan, akan ada opsi untuk Customize. Kotak dialog Kustomisasi Keyboard akan muncul.
  5. Di bawah Kategori, klik Tab Home.
  6. Di bawah Commands, klik Strikethrough.
  7. Klik di kotak di bawah Tekan tombol new shortcut.
  8. Tekan kombinasi tombol yang ingin Anda gunakan sebagai shortcut secara bersamaan. Anda dapat menekan Ctrl + Alt + huruf sehingga kecil kemungkinannya bentrok dengan shortcut yang sudah ada sebelumnya. 
  9. Klik Assign.
  10. Di samping Save changes in, pilih Normal.
  11. Klik Close.
  12. Klik OK di kotak dialog Opsi.

Sekarang Anda dapat memilih teks kemudian menggunakan shortcut yang sudah dibuat, maka Anda bisa dengan cepat menambahkan coretan pada dokumen yang disunting.

Itulah dia informasi yang bisa kami berikan untuk Anda. Untuk bisa menggunakan Word dan mengaplikasikan cara di atas, Anda akan membutuhkan laptop atau komputer. Bagi Anda yang memerlukan laptop namun tidak memilikinya, cek jasa sewa laptop Bandung di Indorental sekarang juga. Dapatkan laptop yang berkualitas dan juga aman. Semoga cara mencoret tulisan di Word Ini bisa membantu Anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Pangkat di Word? Temukan Jawabannya Di Sini