2 Cara Mencari File yang Tersimpan Pada Laptop Anda

2 Cara Mencari File yang Tersimpan Pada Laptop Anda

cara mencari file yang tersimpan
Tips dan Trik

Ada beberapa cara mencari file yang tersimpan pada laptop Anda, apalagi jika laptop Anda sudah menggunakan sistem operasi Windows 10 dan versi atasnya dari Microsoft.

Biasanya, ketika mengunduh atau men-download sebuah file atau berkas dari browser, ada beberapa orang yang akan kesulitan untuk menemukan file tersebut.

Biasanya ada beberapa folder yang umum digunakan untuk menyimpan sebuah file, Anda bisa menemukan file yang Anda cari di folder tersebut. Namun, jika Anda masih belum menemukan file yang Anda cari pada folder tersebut, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda ikuti.

Folder Umum yang Digunakan untuk Menyimpan File

Biasanya, setelah Anda mengunduh sebuah berkas, ada beberapa lokasi folder yang bisa Anda kunjungi untuk menemukan berkas tersebut dengan mudah, yaitu Recent Files dan Downloads.

Baca Juga: Cara Mendownload Aplikasi di Laptop Windows 7

Recent Files sendiri dapat Anda temui dengan mudah ketika Anda baru membuka program File Explorer. Folder Recent Files akan langsung terlihat ketika Anda pertama kali membuka program tersebut. Namun, jika Anda tidak bisa menemukan file yang Anda cari, selanjutnya coba kunjungi folder Downloads.

Folder Downloads sendiri biasanya dapat Anda temui pada folder lokal yang sudah dibuat oleh sistem operasi laptop. Anda cukup membuka program File Explorer, lalu cari menu My PC atau This PC, selanjutnya Anda akan menemukan folder Downloads di sana. Anda juga bisa menemukannya dengan lebih cepat melalui menu Quick Access yang ada saat pertama kali File Explorer terbuka, cari folder Downloads di sana.

Bagaiana Cara Mencari File yang Tersimpan Pada Laptop Dengan Mudah?

Jika Anda tidak dapat menemukan file yang sudah Anda simpan pada folder Recent Files maupun Downloads, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mencari file tersebut.

Berikut adalah cara mencari file yang tersimpan pada laptop Anda:

1. Menggunakan Menu Start

Menu Start dari Windows 10 dan versi atasnya sudah dikelola oleh Cortana yang dapat membantu Anda mencari apapun dengan mudah, dari mulai file hingga program. Cortana sendiri hampir mirip seperti Google Assistant pada HP Android maupun Siri pada HP iPhone, Anda bisa menggunakan perintah suara untuk menggunakannya.

Baca Juga: Cara Voice Typing di Word agar Pekerjaan Lebih Mudah

Cara untuk mencari file menggunakan menu Start atau Cortana dengan perintah suara adalah dengan menekan program Talk to Cortana yang biasanya ada di sebelah menu Start pada layar laptop Anda. Setelah itu tinggal sebutkan perintah yang ingin Anda berikan, contohnya mencari file tertentu.

Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan perintah suara, Anda bisa mengetikkan apa yang ingin Anda cari pada kolom search bar yang ada pada menu Start. Dari sana, Cortana akan melakukan pencarian secara menyeluruh dari mulai berkas lokal yang ada pada laptop Anda hingga pencarian online pada Bing dan OneDrive. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Buka menu Start pada layar Anda (atau tekan tombol Windows pada keyboard Anda)
  • Ketik nama file (atau kata kunci dari file tersebut) ke dalam kolom pencarian di bilah tugas.
  • Anda akan melihat hasil pencarian dari file tersebut di seluruh berkas lokal dan OneDrive Anda di bawah Best match.

2. Menggunakan File Explorer

Selain menggunakan menu Start, Anda juga bisa mencari file menggunakan program File Explorer. Caranya pun cukup mudah:

  • Buka File Explorer dari taskbar (atau klik kanan pada menu Start dan pilih File Explorer)
  • Kemudian, pilih This PC.
  • Ketik nama file (atau kata kunci dari file tersebut) ke dalam kolom pencarian yang ada di sebelah kiri atas.
  • Tunggu beberapa lama dan hasil dari pencarian tersebut akan muncul.

Baca Juga: Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

Itu tadi adalah beberapa cara untuk mencari berkas yang sudah Anda simpan di laptop Anda. Jika Anda membutuhkan laptop untuk dirental atau disewa selama beberapa hari atau untuk kegiatan khusus, Anda bisa sewa laptop Bandung di IndoRental. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website kami di sini. Semoga artikel tentang cara mencari file yang tersimpan ini dapat membantu.