5 Cara Mencari Email Seseorang dengan Mudah dan Legal

5 Cara Mencari Email Seseorang dengan Mudah dan Legal

cara mencari email seseorang
Uncategorized

Cara mencari email seseorang sebenarnya tidak sulit dan cukup dilakukan secara sederhana. Anda tidak perlu menggunakan langkah yang kurang pantas atau ilegal untuk mendapatkan informasi alamat surat elektronik (surel) mereka. Faktanya, informasi ini tersebar di internet lewat media sosial atau fitur lainnya.

Informasi kontak seperti alamat e-mail lebih mudah dicari selain media sosial. Alamat e-mail pada umumnya terdiri dari kombinasi nama pemiliknya. Layanan e-mail yang digunakan juga hampir sama, biasanya berupa ‘gmail’, jadi besar kemungkinan alamat e-mail seseorang lebih mudah dilacak.

Bagaimana Cara Mencari Email Seseorang dengan Mudah?

Alamat e-mail masih relevan digunakan sebagai sarana berkomunikasi dan bertukar informasi. Banyak orang yang memilih bertukar dokumen lewat e-mail karena kemudahannya. Selain alasan profesionalitas, dokumen berukuran sebesar apapun bisa dikirimkan lewat layanan internet ini. Penyedia layanan e-mail juga memiliki layanan tambahan yang berguna untuk mengakses dan membaca dokumen sehingga tidak perlu membuka aplikasi tambahan.

Baca Juga: Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail

Sepenting apapun informasi kontak ini, masih banyak orang yang jarang menyimpannya. Mereka kadang kelimpungan saat membutuhkan alamat e-mail teman atau kolega untuk berkomunikasi atau bertukar data. Ada juga yang kehilangan informasi alamat e-mail tujuannya karena beberapa hal, misalnya data yang hilang, HP atau laptop yang dicuri, dan lain-lain.

Baca Juga: Tutorial Cara Menghapus Email di HP dengan Mudah

Jika Anda berada di situasi tersebut, jangan panik dulu. Anda bisa melakukan cara cerdik mencari alamat e-mail seseorang. Internet juga memberikan kita kemudahan untuk mencari alamat e-mail seseorang lewat berbagai fasilitas di dalamnya. Cara yang disarankan Indorental juga aman, legal, bahkan tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk melakukannya.

1. Lewat Fitur Pencarian Layanan E-mail

Cara ini dilakukan jika Anda sudah pernah berinteraksi dengan orang tersebut sebelumnya melalui e-mail. Beberapa provider e-mail memiliki fitur menyimpan data alamat e-mail tujuan yang pernah berinteraksi dengan kita sebelumnya.

Rata-rata pengguna e-mail menggunakan nama lengkap sebagai identitasnya. Anda cukup mengetikkan nama lengkap orang yang dituju lewat fitur pencarian di halaman website tersebut. Meski tidak menemukan nama lengkapnya, Anda masih berpeluang mendapatkan alamat e-mail mereka. Agar berhasil, cek semua folder dalam e-mail, termasuk ‘Spam’ dan ‘Trash’.

2. Lewat Mesin Pencari (Search Engine)

Mesin pencari seperti Google atau Yahoo masih bisa diandalkan untuk mencari alamat e-mail seseorang. Anda membutuhkan informasi berupa nama untuk melacak lewat Google. Jika Anda memiliki informasi tambahan, seperti tempat tinggal atau lokasi kantor, hasil pencarian yang ditampilkan jadi lebih spesifik.

Baca Juga: Seperti Ini Cara Melacak Lokasi Seseorang Lewat Email

Pertama, Anda cukup mengetik nama orang tersebut di kolom pencarian. Besar kemungkinan, Anda akan menemukan alamat e-mail mereka. Tambahkan data lain yang Anda miliki apabila belum beruntung dalam pencariannya.

3. Lewat Media Sosial

Media sosial juga menyimpan informasi mengenai alamat e-mail seseorang, terutama jika orang tersebut tidak mengunci akunnya. Peluang Anda lebih besar apabila sudah terhubung dengan orang tersebut di media sosial. Anda tidak hanya mencari informasi dengan mengubek-ubek profilnya, tapi juga bertanya kepada orang yang dikenal dan terhubung ke orang tersebut, alias mutual friends.

4. Lewat Kartu Nama

Teman atau kolega bisa jadi pernah memberikan kartu nama kepada Anda. Gunakan cara ini jika Anda pernah mendapatkan kartu nama orang tersebut. Periksa apakah orang tersebut mencantumkan alamat surelnya di kartu namanya.

Kartu nama dibuat untuk kepentingan profesionalitas, besar kemungkinan orang akan mencantumkan alamat e-mail mereka di sana.

5. Bertanya Langsung

Ada kondisi di mana langkah pencarian di atas berbuah nihil atau alamat e-mail yang ditemukan tidak bisa dihubungi. Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah bertanya langsung kepada orang yang bersangkutan. Tanyakan alamat e-mail mereka dan berikan alasan Anda membutuhkannya.

Lima langkah di atas lebih mudah dilakukan dengan menggunakan laptop, terutama saat Anda membuka lebih dari satu tab di browser. Jika Anda berdomisili di Bandung dan sedang membutuhkan laptop, gunakan saja layanan sewa laptop Bandung dari Indorental. Kami menyediakan laptop berbagai spesifikasi dan harga sewa yang cukup bersahabat, sehingga Anda bisa menggunakannya dengan nyaman.

Cara mencari e-mail seseorang tidak rumit, cukup ikuti saja salah satu dari lima langkah di atas.