Pahami Cara Menampilkan Layar Laptop ke Proyektor dengan atau Tanpa Kabel.

Pahami Cara Menampilkan Layar Laptop ke Proyektor dengan atau Tanpa Kabel.

cara menampilkan layar laptop ke proyektor
Uncategorized

Masih bingung cara menampilkan layar laptop ke proyektor? Padahal Anda perlu melakukannya dengan baik untuk acara yang akan berjalan dalam beberapa waktu mendatang? Jangan khawatir, IndoRental akan memberitahu Anda cara melakukannya dengan sangat mudah. Dengan membaca artikel ini dari awal hingga akhir, Anda diharapkan bisa menampilkan layar laptop ke proyektor dengan cepat dan mudah. Langsung saja perhatikan langkah-langkah berikut ini. 

Bagaimana Cara Menampilkan Layar Laptop ke Proyektor?

Menampilkan layar laptop ke proyektor bisa Anda lakukan dengan dua cara, yakni dengan kabel HDMI dan koneksi atau wireless

1. Menggunakan Kabel HDMI

Dalam menyambungkan layar laptop ke proyektor dengan kabel HDMI, Anda hanya perlu menyediakan kabel HDMI yang sesuai dengan port di laptop dan port di proyektor. Jika Anda sudah memiliki kabel HDMI, Anda tinggal mencolok ujung kabel yang satu ke laptop dan ujung kabel yang lain ke proyektor. 

Baca Juga: Beginilah Cara Menyambungkan HP ke Proyektor Dengan Mudah

Saat sudah terhubung, pastikan pengaturan pada proyektor sudah sesuai dan siap untuk memunculkan layar laptop. Kemudian Anda perlu memilih satu dari empat opsi tampilan laptop ke proyektor. Empat opsi tersebut akan dijelaskan pada poin berikut ini. 

  • PC Screen Only

Opsi yang satu ini tidak akan menampilkan layar laptop Anda ke proyektor. Ini digunakan saat Anda sedang menunggu semua pengaturan proyektor selesai. Ini juga digunakan saat Anda tidak ingin menampilkan layar laptop Anda kepada orang yang melihat proyektor.

  • Duplicate

Opsi duplicate berarti tampilan pada proyektor akan sama persis dengan layar laptop Anda. Saat Anda sedang membuka aplikasi atau browser, maka semua hal yang Anda lakukan akan ditampilkan di proyektor. 

  • Extend

Seperti namanya, opsi yang satu ini akan memperpanjang atau memperluas tampilan dari laptop Anda ke proyektor. Tampilan pada layar laptop dan layar proyektor berbeda. Untuk menampilkan tab yang ingin Anda tampilkan, Anda perlu menyeret tab tersebut ke layar proyektor dengan kursor laptop Anda. 

  • Second Screen Only

Opsi second screen only berarti tampilan layar laptop Anda hanya akan muncul pada layar proyektor, di mana layar laptop Anda akan hitam atau mati. 

Untuk memilih opsi tampilan proyektor, Anda bisa menekan “Windows + P” atau jika keyboard bawaan laptop Anda menyediakan simbol seperti layar, Anda bisa langsung menekan “fn + simbol layar” tersebut. Dengan begitu opsi tampilan akan langsung muncul pada bagian kanan di layar laptop Anda. 

2. Menggunakan Jaringan Koneksi

Jika proyektor yang Anda gunakan memiliki fitur miracast atau bluetooth, bahkan keduanya, Anda bisa dengan mudah menyambungkan layar laptop ke proyektor. Anda hanya perlu memastikan proyektor dalam mode berpasangan atau pairing mode

Setelah itu pastikan juga Anda sudah menyalakan bluetooth atau miracast di laptop Anda dan tunggu kedua perangkat terhubung. Saat sudah terhubung, tekan “Windows + P” untuk memunculkan opsi tampilan pada layar proyektor. Lalu Anda sudah selesai. 

Menghubungkan laptop ke proyektor bisa Anda lakukan dengan mudah, Anda hanya perlu memahami cara melakukannya dengan benar. Jika Anda membutuhkan proyektor tambahan untuk acara Anda, sewa proyektor Jakarta di IndoRental adalah pilihan yang tepat. Telah berdiri sejak 2007, Indorental sudah melayani lebih dari 500 klien dengan peralatan dan perangkat terbaik. Anda bisa memilih proyektor dengan fitur yang Anda butuhkan dan dengan harga yang terjangkau.