Cara Memperkuat Sinyal TV Digital agar Tontonan Bervariasi

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital agar Tontonan Bervariasi

cara memperkuat sinyal tv digital
Uncategorized

Penikmat hiburan layar kaca harus tahu cara memperkuat sinyal TV digital agar bisa mendapatkan channel atau saluran yang beragam. Sinyal TV digital yang kuat juga memberikan kualitas tayangan yang jernih dan bebas gangguan atau interupsi. Masalahnya, langkah ini tidak bisa dilakukan hanya dengan mengatur antenanya, alias perlu cara lain untuk memperkuat sinyalnya.

Bagaimana Cara Memperkuat Sinyal TV Digital Dengan Mudah?

Minat masyarakat terhadap TV digital semakin meningkat, terlihat dari tingginya permintaan antena atau set top box untuk menyiarkan saluran tersebut. Kelebihan yang ditawarkan TV digital menjadi alasan banyak orang mulai berpindah dari TV analog yang setia menemani masyarakat Indonesia setelah beberapa dekade.

Baca Juga: Inilah Cara Mendapatkan Set Top Box TV Digital Kominfo

Sayangnya, kualitas sinyal TV digital di Indonesia masih tergolong lemah akibat kondisi geografis yang luas. Transmisi atau pemancar frekuensi UHF sedang dibangun dalam jumlah yang banyak agar bisa dinikmati secara merata. Namun, langkah pemerataan ini masih terhambat, terlihat dari banyaknya area yang belum mendapatkan sinyal UHF. 

Transmisi UHF pun hanya bisa mencakup wilayah yang kecil, terutama di perkotaan. Masyarakat yang hidup jauh dari pusat transmisi akan mendapatkan sinyal semakin lemah. Akibatnya, jumlah saluran yang bisa diakses hanya sedikit, meski sudah mendapatkan siaran yang berkualitas jernih dan bagus.

Anda bisa memperkuat sinyal TV digital demi kenyamanan menikmati hiburan di layar kaca sekaligus merasakan variasi hiburan. Ikuti saja tiga tips sederhana dari Indorental di bawah ini.

1. Gunakan Antena yang Tepat

Sinyal TV digital sangat dipengaruhi oleh kualitas antena yang dipilih, jadi Anda harus selektif saat memilihnya. Malahan, antena adalah komponen utama dalam mendapatkan sinyal TV digital. Anda bisa memilih antena UHF outdoor yang dipasang di luar ruangan agar langsung menerima sinyal tanpa terhalang dinding rumah.

Baca Juga: 5 Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam Ruangan

Saat memilih antena UHF yang tepat, pertimbangkan dulu model dan harganya. Ada antena yang pendek, tapi cukup sensitif dalam menangkap sinyal. Namun, antena yang panjang mampu menerima sinyal UHF yang lebih jauh, bahkan hingga 75 km.

Pemasangan antena juga harus diperhatikan. Faktor ini juga memengaruhi kuatnya sinyal yang diterima. Selain dipasang di tempat strategis, arah dan ketinggian antena harus sesuai. Usahakan agar arah antena tegak lurus dengan pusat transmisi UHF. Antena tidak harus terlalu tinggi, yang penting tidak terhalang pohon atau gedung.

2. Gunakan Kabel yang Bagus

Kabel penghubung antena dan TV, alias kabel coaxial, yang dipilih harus berkualitas tinggi. Kualitasnya terlihat dari bahan yang digunakan. Jika bahannya buruk, sinyal yang diterima oleh TV pun berkurang akibat adanya hambatan dalam proses penyalurannya.

Selain kabel coaxial, Anda juga harus memilih kabel jack connector yang berkualitas. Jack connector yang berkualitas tidak mudah lepas apabila tidak sengaja tertarik atau tertekuk, akibatnya gambar di TV jadi putus-putus. Usahakan pula agar menggunakan kabel panjang alias tanpa sambung agar kualitas penerimaan channel-nya kuat.

3. Gunakan Alat Penguat Sinyal (Booster)

Apabila antena yang digunakan belum memancarkan sinyal TV digital dengan maksimal, gunakan alat penguat sinyal (booster). Cara ini dilakukan apabila dua tips di atas belum berhasil. Namun, tak sedikit orang yang membelinya demi hasil yang lebih maksimal.

Booster adalah rangkaian peralatan elektronik untuk memperkuat frekuensi UHF, kemudian mengalirkannya ke TV. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, pertimbangkan kualitas booster tersebut. Selain booster, ada pula alat penguat sinyal yang lain, yakni CATV. Fungsinya adalah membuat siaran TV menjadi paralel, di samping mengoptimalkan siaran TV yang sudah ada.

Tips di atas sangat berguna untuk dipraktekkan agar kualitas sinyal TV digital semakin maksimal. Nikmati hiburan bersama keluarga dan orang terdekat dengan layanan sewa TV Jakarta dari Indorental yang bisa di-rental secara mingguan atau bulanan. Layanan sewa TV kami semakin maksimal jika Anda mempraktekkan cara memperkuat sinyal TV digital tadi dengan tepat.