Cara Membuat ZIP di Laptop Windows, Mac OS X, dan Linux

Cara Membuat ZIP di Laptop Windows, Mac OS X, dan Linux

cara membuat zip di laptop
Uncategorized

Jika Anda ingin mengirimkan beberapa berkas sekaligus atau bahkan ingin mengirimkan seluruh isi folder melalui email, maka Anda harus mempelajari cara membuat ZIP di laptop yang akan kami bahas ini.

Membuat file ZIP akan membantu Anda menghemat ruang penyimpanan, mengatur berkas yang berlebih, dan mengenkripsi materi sensitif. Simak panduan ini untuk membuat file ZIP di Windows, Mac OS X, dan Linux.

Bagaimana Cara Membuat ZIP di Laptop Windows?

Untuk membuat file ZIP di laptop Windows, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buat folder: Cara tercepat untuk membuat file ZIP adalah dengan menempatkan semua file yang ingin Anda arsipkan ke dalam satu folder. Anda dapat menempatkan beberapa file dan folder ke dalam folder yang akan Anda jadikan sebagai tempat Anda membuat file ZIP.
    • Ubah nama folder tersebut menjadi apa pun yang Anda inginkan untuk nama file ZIP yang akan Anda buat.
  • Klik kanan pada folder: Arahkan kursor Anda ke opsi “Send to”. Ini akan membuka submenu baru. Pilih “Compressed (zipped) folder”.
    • Anda juga dapat memilih beberapa file di file explorer Anda, klik kanan salah satunya, lalu ikuti langkah-langkah di atas. File ZIP yang dihasilkan akan berisi semua file yang dipilih dan akan dinamai sesuai dengan file yang Anda klik kanan.
  • Tunggu hingga folder dibuat: Jika Anda menambahkan banyak file ke file ZIP baru, mungkin perlu beberapa saat untuk membuatnya. Bilah kemajuan akan muncul saat file ditambahkan. Setelah proses selesai, file ZIP akan muncul di lokasi yang sama dengan folder aslinya.

Baca Juga: Cara Mendownload Aplikasi di Laptop Windows 7

Bagaimana Cara Membuat ZIP di Laptop Mac OS X?

Untuk membuat file ZIP di laptop Mac OS X, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buat folder: Cara tercepat untuk membuat file ZIP adalah dengan menempatkan semua file yang ingin Anda arsipkan ke dalam satu folder. Anda dapat menempatkan beberapa file dan folder ke dalam folder yang akan Anda jadikan sebagai tempat Anda membuat file ZIP.
    • Ubah nama folder tersebut menjadi apa pun yang Anda inginkan untuk nama file ZIP yang akan Anda buat.
  • Klik kanan pada folder tersebut: Klik opsi “Compress”. Folder akan dikompres menjadi file ZIP. Kemudian File ZIP tersebut akan ditempatkan di lokasi yang sama dengan folder yang Anda kompres.
    • Anda juga dapat memilih beberapa file di file explorer Anda, klik kanan salah satunya, lalu ikuti langkah-langkah di atas. File ZIP yang dihasilkan akan berisi semua file yang dipilih dan akan diberi nama “Archive.zip”.

Baca Juga: Cara Mengunci Folder di Laptop agar Aman

Bagaimana Cara Membuat ZIP di Laptop Linux?

Untuk membuat file ZIP di laptop Linux, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka terminal: Simbolnya terlihat seperti persegi panjang hitam dengan beberapa karakter berwarna putih di bagian atas. Pada beberapa platform, ini disebut Konsole, xTerm, atau yang serupa.
  • Buat direktori: Ini dilakukan dengan perintah “mkdir”, yang mengambil nama direktori sebagai argumen. Jika, misalnya, Anda ingin membuat direktori “zipArchive”, tulis “mkdir zipArchive”.
  • Pindahkan atau salin semua file yang seharusnya ada di file ZIP ke dalam direktori.
    • File dipindahkan dengan perintah “mv”. Memindahkan file berarti file tersebut tidak lagi berada di tempat aslinya, melainkan di tempat yang Anda tentukan.
    • Menyalin file dilakukan dengan perintah “cp”. Itu membuat salinan file di tempat yang Anda tentukan, tetapi file yang sama masih pada posisi aslinya. Perhatikan bahwa Anda perlu menggunakan “cp -r” untuk menyalin direktori.
    • Kedua perintah di atas mengambil posisi asli sebagai argumen pertama, dan tempat untuk menyalin atau memindahkan sebagai yang kedua. Misalnya, untuk memindahkan file bernama “textToArchive.txt” ke direktori “zipArchive”, tulis perintah: “mv textToArchive.txt zipArchive
  • Zip direktorinya: Ini dilakukan dengan perintah “zip -r”. Dibutuhkan nama file zip sebagai argumen pertama dan nama folder untuk diarsipkan sebagai argumen kedua. Jika Anda ingin mengarsipkan direktori “zipArchive” ke file zip bernama “zipArchive.zip”, tulis perintah: “zip -r zipArchive.zip zipArchive”. Ini akan mencetak nama semua file yang ditambahkan ke arsip, sehingga Anda dapat memeriksa apakah semua yang ingin Anda sertakan dalam arsip tersebut benar-benar ada.

Baca Juga: Ketahui Cara Mengunci File di Laptop Dengan Mudah

Jika Anda membutuhkan laptop untuk disewa selama beberapa hari atau untuk kegiatan khusus, Anda bisa melakukan sewa laptop di IndoRental. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website kami di sini. Semoga artikel tentang cara membuat ZIP di laptop ini dapat membantu.