Seperti Apa Cara Membuat Struktur Organisasi di Word? Temukan Jawabannya Di Sini

Seperti Apa Cara Membuat Struktur Organisasi di Word? Temukan Jawabannya Di Sini

cara membuat struktur organisasi di word
Tips dan Trik

Cara membuat struktur organisasi di Word ini mungkin akan dibutuhkan oleh berbagai macam pihak karena struktur organisasi bisa dibentuk di mana saja. Baik dalam kantor, kampus, ormas, sekolah, atau klub hobi. Melalui kehadiran struktur ini, kegiatan menjalankan organisasi bisa berjalan dengan lebih mulus. Siapapun akan tahu harus melapor kemana atau harus menghubungi siapa jika ada suatu keperluan. Untuk membuatnya tidak sulit, cukup menggunakan Word dan beberapa klik maka Anda akan bisa melihat hasilnya. Mari kita pelajari cara membuatnya di sini.

Cara Membuat Struktur Organisasi di Word

Struktur organisasi atau biasa disebut bagan organisasi adalah representasi visual dari peran dan struktur pelaporan dalam sebuah tim, departemen, divisi, organisasi, ormas, sekolah, kampus, atau seluruh perusahaan. Hal ini akan bisa dimanfaatkan oleh pendatang baru untuk mengenal divisi dan perusahaannya. Bagi para atasan, struktur, atau bagan ini akan mempermudah mereka menjelaskan fungsi dari berbagai tingkatan yang ada di perusahaan atau organisasi.

Selain sebagai visualisasi untuk menjelaskan struktur pelaporan yang jelas, bagan organisasi bisa digunakan dalam berbagai macam hal. Beberapa diantaranya adalah:

  • Mengevaluasi fungsi departemen dan karyawan
  • Merencanakan proyek lintas departemen
  • Merencanakan dan mengevaluasi upaya restrukturisasi
  • Melacak beban kerja karyawan dan manajer untuk proses evaluasi

Cara termudah untuk membaca bagan organisasi adalah dari atas ke bawah, dengan bentuk yang paling umum adalah piramida. Orang dengan peringkat tertinggi berada di atas. Setiap baris adalah tingkat manajemen, semakin melebar akan merepresentasikan posisi yang lebih rendah. Namun bentuk lainnya juga banyak digunakan, mulai dari bentuk daftar, bagan vertikal, bagan horizontal, ataupun yang berbentuk lingkaran.

Jika Anda ingin menggunakan Word untuk membuatnya, maka cara berikut ini akan bisa membantu. Cara termudah untuk membuat struktur organisasi di Word adalah dengan menggunakan SmartArt. Pada Word 2010, 2013, dan 2016 untuk Windows dan Word 2016 untuk Mac, serta versi Office 365, fitur SmartArt ini bisa dengan mudah ditemukan dengan mengklik tab Insert

Sedangkan itu, pada Word untuk Mac 2011, SmartArt akan bisa ditemukan dalam bentuk tab. Template yang tersedia akan menghemat waktu Anda membuatnya, daripada melakukannya secara manual. Berikut ini adalah langkah untuk membuatnya:

  • Buka dokumen Microsoft Word kosong dan klik tab Insert, kemudian klik SmartArt, klik  Hierarchy, lalu klik Bagan Organisasi.
  • Bentuk/Shape yang berada paling atas adalah untuk kepala organisasi. Klik bagian tersebut dan masukkan nama orang yang mengisi posisi pimpinan. Tekan Enter atau Shift+Enter untuk memulai baris baru dan masukkan judul atau informasi lainnya. Teks akan secara otomatis diubah ukurannya agar pas di dalam bentuk tersebut.
  • Selanjutnya tepat di bawahnya adalah untuk asisten. Klik Shape tersebut dan masukkan informasinya.
  • Baris-baris berikutnya adalah untuk orang yang melapor kepada pemimpin organisasi. Klik masing-masing dan masukkan informasi  dari setiap orang.

Fitur lainnya yang tersedia jika Anda menggunakan SmartArt untuk membuat struktur adalah Text Pane. Melalui fitur ini, kita bisa dimudahkan dalam menginput nama atau informasi ataupun mengeditnya nanti. Mengubah posisi dari Shape yang ada juga sangat mudah menggunakan Text Pane ini. Jika panel ini tidak terlihat, klik tab Text Pane yang ada pada sudut kiri atas dari border bagan Anda.

Memodifikasi Struktur Bagan Organisasi

Untuk urusan modifikasi, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Seperti menambah Shape baik secara horizontal atau vertikal, mengubah ukuran dari bagan, mengganti background dari Shape, mengubah layout, mengganti desainnya, menambahkan gambar, dan masih banyak lagi.

Apa yang Bisa Anda Lakukan Setelahnya

Setelah selesai membuat struktur organisasi, Anda akan ingin menggunakannya dan membaginya kepada anggota yang lain. Ada berbagai macam opsi yang bisa dipilih, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Menyimpan Bagan sebagai Gambar

Klik kanan bagan, lalu klik Save as Picture. Dengan menyimpannya sebagai gambar, akan sangat mudah untuk membagikan atau menyertakannya sebagai bagian dari halaman web, dokumen, atau media lainnya.

2. Mencetak Bagan

Jika bagan tidak terlalu besar, cobalah untuk memasukkannya ke dalam satu halaman. Anda bisa melakukan pengaturan cetak dan margin halaman untuk melihat apakah akan muat dan bisa dicetak.

3. Lihat dalam Mode Lanskap

Beberapa bagan akan lebih mudah dibaca dalam mode lanskap. Ubah orientasi dengan memilih Page Setup dari menu Word File, dan klik Landscape.

Itulah berbagai macam informasi yang bisa kami berikan untuk Anda. Jika membutuhkan laptop untuk berbagai kegiatan di daerah Bandung, maka Anda bisa cek jasa sewa laptop Bandung di Indorental sekarang juga. Semoga cara membuat struktur organisasi di Word ini bisa membantu Anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Tanda Tangan Di Word?