Bagaimanakah Cara Membuat 2 Halaman Menjadi 1 Di Word? Temukan Jawabannya Di Sini

Bagaimanakah Cara Membuat 2 Halaman Menjadi 1 Di Word? Temukan Jawabannya Di Sini

cara membuat 2 halaman menjadi 1 di word
Tips dan Trik

Bagi Anda yang ingin mencetak dua buah dokumen dalam 1 halaman, maka mengetahui cara membuat 2 halaman menjadi 1 di Word akan bisa mempermudah pengerjaan hal ini. Layout dasar dari sebuah file dokumen di Word secara default hanya akan menampilkan 1 halaman per kertas. Namun hal ini bisa Anda ubah sehingga bisa mendapatkan 2 halaman dalam 1 kertas yang tentunya bisa menghemat kertas ketika ingin dicetak. Jika ingin mengetahui caranya, maka berbagai informasi yang ada di bawah ini akan bisa membantu Anda.

Mengenal Microsoft Word dan Fungsinya

Ada banyak sebutan untuk salah satu program komputer yang sangat populer ini. Kadang-kadang disebut WinWord, MS Word, atau Word, Microsoft Word adalah program pengolah kata yang dikeluarkan oleh Microsoft. Ini adalah salah satu aplikasi produktivitas kantor yang termasuk dalam suite Microsoft Office. Charles Simonyi dan Richard Brodie adalah orang yang pertama kali merilis perangkat lunak ini pada tahun 1983. Kini, Microsoft Word sudah tersedia di berbagai macam sistem operasi. Mulai dari Microsoft Windows, Apple macOS, Android, dan Apple iOS. Lalu di Linux menggunakan WINE. Pasti akan sangat mudah menemukan Word.

Penggunaan dari aplikasi ini sangat banyak. Anda bisa menggunakannya untuk membuat dokumen, laporan, surat, dan resume berkualitas profesional. Berbeda dari editor teks biasa, Microsoft Word memiliki fitur termasuk pemeriksaan ejaan, pemeriksaan tata bahasa, pemformatan teks dan font, dukungan HTML, dukungan gambar, layout halaman, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga bisa menyimpan dan membuka berbagai macam ekstensi file. Versi yang lebih baru dapat membuat dan membuka jenis file berikut:

  • .doc, .docm, .docx
  • .dot, .dotm, .dotx
  • .htm, .html
  • .mht, .mhtml
  • .odt
  • .pdf
  • .rtf
  • .txt
  • .wps
  • .xps
  • .xml

Ini akan memberikan kemudahan tanpa perlu menggunakan software lainnya, cukup dengan pengolah kata yang satu ini.

Kembali ke pembahasan kita sebelumnya, Anda pasti pernah ingin menggabungkan 2 buah halaman menjadi 1 untuk menciptakan sebuah dokumen yang lebih terlihat padat dan tidak membuang-buang space. Salah satu alasan lainnya adalah untuk menghemat kertas. Sebenarnya cara ini cukup gampang. Melalui beberapa langkah berikut ini, Anda akan bisa menghasilkan dokumen yang diinginkan. Mari kita mulai.

Baca Juga: 3 Cara Mengembalikan Word yang Belum Tersimpan saat Laptop Mati

Bagaimana Cara Membuat 2 Halaman Menjadi 1 Di Word

Buka tab Layout, di Page Setup. Selanjutnya klik tombol expansion untuk membuka kotak dialog fungsi item ini.

  1. Pada kotak dialog fungsi Page Setup, bagian Pages, Anda perlu mengubah beberapa halaman dari Normal menjadi 2 pages per sheet.
  2. Kemudian ubah orientasi kertas dari Portrait menjadi Landscape. Anda dapat melihat tepat di bawah bagian Preview dan melihat dua halaman vertikal berdampingan.
  3. Selanjutnya Anda bisa klik Ok untuk melanjutkan dan melihatnya di layar Word.
  4. Jika ingin langsung mencetaknya, Anda bisa membuka menu Print menggunakan Ctrl + P atau pergi ke Tab File dan pilih Print.
  5. Anda akan bisa melihatnya seperti 2 halaman kertas A5. Kedua halaman akan terletak berdampingan.

Nah, itulah dia cara yang bisa Anda lakukan jika ingin membuat 2 buah halaman menjadi 1 kertas di Microsoft Word. Ini akan sangat berguna dalam berbagai macam hal. Jika Anda membutuhkan printer untuk menunjang pekerjaan, maka Anda bisa sewa printer Bandung di Indorental. Printer yang disewakan akan bisa mempermudah pekerjaan Anda. Semoga informasi cara membuat 2 halaman menjadi 1 di Word ini bisa berguna untuk Anda.