Begini 6 Cara Membersihkan Kaca TV LED yang Benar

Begini 6 Cara Membersihkan Kaca TV LED yang Benar

cara membersihkan kaca tv led
Uncategorized

Cara membersihkan kaca TV LED merupakan cara yang sudah seharusnya Anda tahu saat membeli TV LED. Mengetahui cara membersihkannya membuat Anda menjadi pemilik alat elektronik yang cerdas dan bertanggung jawab. Cara yang terbayang di pikiran sepintas terlihat mudah, tetapi jika tidak dilakukan dengan benar dan hati-hati, televisi Anda malah akan rusak. Siapapun tidak ingin malapetaka ini terjadi kepada mereka. Oleh karena itu kami akan memberi tahu Anda bagaimana cara membersihkannya dengan benar. 

Bagaimana Cara Membersihkan Kaca TV LED?

Adapun cara-cara yang benar dalam membersihkan pesawat televisi Anda adalah sebagai berikut.

1. Mematikan TV LED

Sebelum Anda memulai proses pembersihan layar kaca televisi, penting untuk memastikan TV LED dalam keadaan mati. Tidak hanya dimatikan dari remote tetapi juga mematikannya dengan mencabut kabel dari stop kontak. Hal ini tentu saja dilakukan untuk menghindari korsleting atau kejadian lain yang tidak diinginkan. Dengan membuatnya dalam keadaan mati, Anda jadi bisa melihat noda kotoran dengan lebih jelas. 

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Garis Horizontal Pada TV LED Anda

2. Gunakan Kain Microfiber

Kain microfiber adalah kain yang memiliki serat atau benang yang halus. Kain ini lebih halus daripada kain yang lain, sehingga serat kain tidak akan menggores layar televisi Anda. Apalagi layar kaca TV Anda sangat sensitif terhadap tekanan dan sangat mudah tergores. Oleh karena itulah Anda perlu menggunakan kain yang halus seperti microfiber

Selain itu kain ini mempunyai efek kapilaris yang akan menyerap kotoran dan debu secara sempurna. Hindari penggunaan handuk kertas, tisu, dan bahan kain lainnya yang berpotensi merusak layar kaca TV Anda. 

3. Jangan Menyemprot Cairan Pembersih secara Langsung

Saat ingin membersihkan layar kaca, Anda tidak disarankan untuk langsung menyemprot cairan pembersih ke layar kaca. Semprotlah cairan ke kain terlebih dahulu baru usap layar dengan kain. Hal ini dilakukan untuk mencegah korsleting dan kerusakan lain pada TV, mengingat bahwa perangkat elektronik satu ini sangat sensitif. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Semut di TV LED dan Penyebabnya

Cairan pembersih yang Anda pakai juga perlu diperhatikan, jangan sampai Anda menggunakan bahan-bahan yang tidak seharusnya dipakai. Hindari penggunaan bahan kimia keras seperti terdapat pada cairan pembersih untuk jendela. Gunakan cairan khusus pembersih layar kaca TV yang tidak mengandung cairan aseton, toluena, amonia dan etil alkohol lainnya. 

4. Jangan Menggunakan Tenaga yang Besar

Ingatlah bahwa layar kaca TV LED Anda adalah benda yang sensitif untuk disentuh. Oleh karena itu saat mengelap kaca, jangan menggunakan tenaga yang besar supaya kotoran yang membandel hilang. Usaplah secara perlahan supaya Anda tidak meninggalkan goresan. Jika ada kotoran yang membandel, gunakan air hasil penyulingan seperti air minum dan campur dengan sabun cair yang sangat encer. Menggunakan air keran akan membuat layar kaca tergores karena air tersebut bukan hasil penyulingan. 

5. Mengelap secara Horizontal dan Vertikal

Cara mengelap layar kaca ini juga tidak bisa sembarangan loh. Anda disarankan mengelap dengan arah horizontal dan vertikal saja. Mengelap dengan arah memutar bisa mengakibatkan layar kaca Anda tergores. 

6. Memastikan TV Sudah Kering

Sebelum kembali menyalakan TV LED, pastikan bahwa semua bagian yang dilap sudah kering. Bagian yang masih basah oleh cairan pembersih justru akan menjadi kering dan mengganggu penglihatan Anda dan keluarga saat menonton. 

Membersihkan setiap barang elektronik dengan benar akan membuat barang tersebut bertahan lama. Anda bisa langsung mencoba enam cara di atas agar TV LED kembali seperti baru. Apakah Anda membutuhkan TV LED lain untuk keperluan kantor dan acara lainnya? IndoRental adalah tempat sewa TV Jakarta yang bisa Anda percaya. Semua TV yang tersedia tentu saja berkualitas dan siap Anda gunakan dalam berbagai kebutuhan. 

Demikian penjelasan cara membersihkan kaca TV LED, untuk artikel bermanfaat lainnya bisa Anda temukan di website IndoRental.