Seperti Inilah Cara Mematikan Touchpad Laptop yang Sangat Mudah

Seperti Inilah Cara Mematikan Touchpad Laptop yang Sangat Mudah

cara mematikan touchpad pada laptop
Tips dan Trik

Bagaimana cara mematikan touchpad pada laptop jika tidak kita gunakan? Semua laptop pasti akan memiliki alat ini sebagai cara untuk bernavigasi pada perangkat komputer portable ini. Keberadaannya tentu akan sangat membantu, karena Anda tidak akan membutuhkan alat tambahan seperti mouse untuk bisa mengklik beragam hal yang ada di layar laptop Anda. Namun, apa yang terjadi jika hal ini malah menghalangi Anda melakukan suatu hal? Tentu saja ada opsi untuk mematikan fungsi dari touchpad ini. Untuk bisa mengakses pengaturan ini, maka Anda harus mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

5 Cara Mematikan Touchpad Laptop Dengan Mudah

Touchpad telah menjadi perangkat yang dibuat pada laptop sebagai alat pointer standar yang hadir bersamaan karena sudah ada secara built-in. Alat ini bisa menjalankan tugasnya dengan baik layaknya mouse yang ada di komputer, namun preferensi tiap orang tentu akan berbeda. Ada yang senang menggunakan touchpad hingga mahir menggunakannya, ada juga yang lebih memilih mouse. Jika Anda berada pada kategori yang lebih memilih mouse sebagai pointer pada laptop Anda dan merasa keberadaan touchpad akan mengganggu, maka opsi untuk mematikannya bisa menjadi solusi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Dengan Mudah

Tiap produsen laptop tentu akan menanamkan cara yang berbeda untuk mematikan touchpad ini, namun secara umum, cara untuk mematikan fungsi ini akan tergantung pada sistem operasi yang dijalankan oleh laptop Anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda ikuti jika ingin menonaktifkan fungsi dari touchpad.

1. Tombol Fisik

Beberapa tipe laptop akan memberikan para penggunanya kemudahan jika ingin mematikan touchpad. Kemudahan tersebut hadir dalam bentuk tombol fisik yang bisa Anda raih dan tekan untuk segera mematikan fungsi touchpad.

2. Kombinasi Tombol Fn

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menekan kombinasi antara tombol Fn dengan tombol F1-F12, tergantung tombol mana yang digunakan manufaktur laptop Anda. Biasanya juga akan ada ikon kecil yang bisa membantu Anda secara visual untuk menemukan tombol tersebut.

3. Melalui Pengaturan pada Windows 10

Untuk cara yang satu ini, ada sebaiknya Anda langsung menggunakan mouse demi mempermudah prosesnya. Tekan tombol Windows, ketik touchpad pada kolom pencarian, dan tekan Enter. Anda juga bisa menekan tombol Windows+I untuk membuka Settings dan pilih Devices, lalu Touchpad. Pada jendela Pengaturan Touchpad, klik switch Touchpad sehingga berubah ke posisi Off. Kini Anda hanya akan bisa menggunakan mouse sebagai pointer untuk melakukan berbagai macam hal di laptop Anda.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak dengan Mudah

4. Melalui Pengaturan pada Windows 7

Bagi pengguna Windows 7, maka langkah yang harus Anda lewati untuk bisa mematikan touchpad adalah sebagai berikut ini:

  • Tekan tombol Windows, ketik Control Panel, lalu tekan Enter.
  • Pilih Devices and Sounds.
  • Di bawah Devices and Printers, pilih Mouse.
  • Di jendela Mouse Properties, pilih tab dengan label TouchPad, ClickPad, Device Settings, atau yang serupa.
  • Akan ada opsi untuk mematikan touchpad yang bisa Anda klik.

5. Melalui Pengaturan pada Mac OS

Di bawah ini adalah cara untuk mematikan touchpad bagi Anda yang menggunakan perangkat dengan sistem operasi Mac Os.

  • Pada menu bar, klik ikon Apple.
  • Pilih System Preferences di menu Apple.
  • Gulir ke bawah untuk memilih panel Pointer Control.
  • Centang kotak untuk opsi Ignore built-in trackpad when mouse or wireless trackpad is present option.

Itulah berbagai cara yang bisa Anda lakukan jika ingin mematikan touchpad yang ada di laptop Anda. Kini, bagi Anda yang sedang butuh laptop sebagai perangkat untuk menjalankan berbagai macam tugas, maka sewa laptop Bandung dari IndoRental bisa membantu Anda. Dapatkan laptop dengan kualitas yang bagus namun harga terjangkau hanya di sini. Semoga informasi mengenai cara mematikan touchpad pada laptop ini bisa membantu Anda.