4 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard Paling Mudah

4 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard Paling Mudah

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard
Tips dan Trik

Pada dasarnya Anda bisa melakukan cara mematikan laptop dengan keyboard. Ya, sebenarnya laptop tidak hanya bisa dimatikan dengan cara seperti biasa, yaitu shut down melalui sistem komputer. Ada cara-cara lain yang bisa Anda pilih juga. Penasaran apa saja caranya? Simak rangkumannya di bawah ini bersama IndoRental.

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Ada empat cara untuk bisa mematikan laptop dengan keyboard. Anda tidak perlu lagi menggerakkan kursor melalui trackpad atau mouse. Biasanya cara ini dilakukan karena ada masalah pada kursor atau malah laptop tersebut mengalami error. Mau tidak mau, mematikan laptop dengan keyboard menjadi satu-satunya jalan paling aman.

Ketika laptop mengalami error hingga kursor tidak bisa digerakkan, banyak orang yang memilih mematikan perangkat teknologi ini dengan menekan tombol power. Sebenarnya ini cara yang salah. Jika terlalu sering melakukannya, komponen di dalam laptop dapat mengalami kerusakan. Masih ada cara-cara lain yang jauh lebih aman. Berikut penjelasan dari masing-masing caranya.

1. Menggunakan Tombol ALT + F4

Cara yang paling umum dilakukan untuk mematikan laptop dengan keyboard adalah melalui kombinasi tombol ALT + F4. Anda tinggal langsung menekan kedua tombol itu. Kemudian akan muncul jendela baru dengan pilihan shut down, restart, atau sleep. Pilih opsi shut down menggunakan tanda panah di keyboard, lalu tekan Enter untuk OK. Mudah, bukan?

2. Menggunakan Tombol CTRL + ALT + DEL

Ada cara lain yang bisa Anda pilih, yakni menekan tombol CTRL + ALT + DEL. Biasanya kombinasi tombol ini juga digunakan untuk membuka Task Manager. Namun juga cukup ampuh jika terjadi error pada laptop. Ketika Anda menekan tombol CTRL + ALT + DEL, maka akan muncul jendela baru.

Anda bisa menggunakan tombol tanda panah di keyboard untuk diarahkan ke tombol shut down. Kemudian klik Enter untuk mematikan laptop.

Baca juga: cara agar kamera laptop jernih

3. Menggunakan Laptop dengan Windows XP

Ini adalah pilihan cara yang cukup unik karena hanya bisa dilakukan di laptop lama dengan sistem operasi Windows XP. Bagaimana caranya?

Anda bisa langsung menekan tombol Windows pada keyboard. Kemudian tekan tombol U, lalu tekan kembali tombol U. Dalam waktu beberapa saat, laptop akan mati dengan sendirinya. Cara ini bisa dicoba untuk laptop lama dengan sistem operasi Windows XP SP2 atau Windows XP SP3. Namun jika Anda sudah tidak menggunakan sistem operasi Windows XP, tentu tidak bisa melakukan cara ini.

4. Menggunakan CMD

CMD atau Command Prompt menjadi salah satu pusat operasi juga untuk laptop. Anda bisa mematikan laptop melalui CMD dengan cara berikut:

  • Klik tombol Windows + R lalu ketik CMD pada kolomnya
  • Tekan Enter untuk melanjutkan
  • Di dalam CMD, ketik shutdown.exe -s
  • Tekan Enter untuk melanjutkan proses mematikan laptop

Selanjutnya Windows akan meminta konfirmasi untuk mematikan laptop. Anda hanya perlu menyetujuinya saja. Mudah, bukan?

Itulah informasi berbagai cara untuk mematikan laptop dengan keyboard. Anda bisa langsung mencobanya dengan mudah. Namun perlu diingat bahwa seluruh cara di atas hanya untuk laptop dengan sistem operasi Windows saja.

Kebutuhan laptop dengan spesifikasi memadai dan jumlah unit sesuai kebutuhan memang sangat diperlukan sekaligus wajib dipenuhi dalam aktivitas perkantoran hingga event. Tidak perlu khawatir. Telah hadir IndoRental yang siap memberikan sewa laptop sesuai kebutuhan Anda. Penasaran dengan tipe laptop yang tersedia dan cara sewanya? Dengan informasi cara mematikan laptop dengan keyboard, kunjungi sewa laptop Jakarta dari IndoRental sekarang juga.

Baca juga: cara memunculkan keyboard di layar laptop