Seperti Inilah Cara Melihat Password Email yang Lupa

Seperti Inilah Cara Melihat Password Email yang Lupa

cara melihat password email yang lupa
Tips dan Trik

Password adalah hal yang penting. Jika Anda sampai melupakannya dan tidak menyimpannya, maka akses Anda ke email dan mungkin ke berbagai layanan lainnya akan tertahan. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara melihat password email yang lupa.

Ada banyak cara yang disediakan oleh para penyedia layanan email, terutama Gmail. Google menyediakan beberapa cara berbeda untuk mengonfirmasi identitas Anda dan memulihkan (atau menyetel ulang) kata sandi Gmail. Untungnya, semuanya ditata melalui panduan dengan langkah demi langkah yang mudah diikuti.

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail Dengan Mudah

Dibandingkan melihat password, akan lebih baik jika Anda melakukan proses pemulihan. Password biasanya akan bisa dilihat kembali setelah berhasil masuk ke dalam akun.

Memulai proses pemulihan kata sandi cukup mudah. Klik tautan “lupa kata sandi” di halaman masuk Gmail. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan, seperti yang ada di bawah ini.

1. Memasukan Password yang Diingat Terakhir Kali

Anda kemudian akan diperlihatkan permintaan untuk memasukkan kata sandi terakhir yang dapat diingat. Jika tidak dapat mengingat kata sandi yang benar, dan Anda telah menyiapkan sistem cadangan, maka Google akan meminta untuk melanjutkan dengan memasukan kata sandi cadangan. Jika Anda tidak dapat mengingatnya, klik “coba pertanyaan yang berbeda.”

2. Menggunakan Email Pemulihan

Opsi berikutnya adalah dengan mengirim kode ke email pemulihan, jika Anda memiliki email pemulihan sekunder yang diatur saat membuat akun Gmail.

Melalui opsi ini, Google akan mengirimi tautan ke alamat email sekunder dengan kode 6 digit yang memungkinkan Anda mengatur kata sandi baru dan mendapatkan kembali akses ke akun email.

Periksa email di akun sekunder ini untuk melihat kodenya, lalu masukkan untuk membuka halaman pembuatan kata sandi baru. Akun yang lebih baru mungkin juga memiliki opsi cadangan nomor telepon.

3. Menjawab Pertanyaan Pribadi

Jika cara di atas tidak juga berhasil, mungkin Anda tidak memiliki akses ke akun yang cadangan. Anda Jika cara di atas tidak juga berhasil, mungkin Anda tidak memiliki akses ke akun yang cadangan. Anda sekali lagi harus mengklik “coba pertanyaan lain”. Sekarang kita masuk ke metode perlindungan akun yang lebih lama dan kurang aman, seperti pertanyaan keamanan seperti “siapa nama ibumu.” Anda harus dapat menjawab setidaknya salah satu dari ini.

Baca juga: Cara mengganti nama email

4. Melihat Daftar Password Yang Tersimpan

Jaman ini, browser, seperti Google Chrome, telah menawarkan fitur untuk menyimpan kata sandi Anda. Jika Anda pernah menyimpannya, maka Anda bisa melihat kata sandi yang tersimpan untuk melihat password Gmail Anda.

Caranya, klik tiga garis di pojok kanan jendela browser Google Chrome. Pada menu turunan, pilih opsi ‘Password’. Jendela baru aka muncul dimana Anda dapat melihat sandi akun Gmail Anda. Untuk mempercepat proses pencarian, ketikkan ‘accounts.google.com’ di kolom pencarian untuk mencari password yang tersimpan yang terkait dengan akun Google atau Gmail Anda.

Jika Anda menggunakan email Gmail tetapi belum menggunakan browser chrome, Anda sebaiknya cepat beralih ke Google Chrome karena layananannya terkait Gmail akan lebih lengkap.

Amankan Akun Anda

Setelah Anda menyiapkan kata sandi baru, Google akan meminta untuk memeriksa pengaturan keamanan yang terkait dengan akun Gmail. Sangat disarankan untuk menambahkan nomor telepon dan email cadangan jika Anda belum mengaitkannya dengan akun Anda. Keduanya akan memungkinkan pemulihan yang mudah melalui pin 6 digit yang dikirimkan melalui email atau pesan teks.

Setelah masuk ke akun Gmail Anda dengan benar, buka halaman Pengaturan akun Google dengan mengklik gambar profil Anda di sudut kanan atas, lalu “Akun Saya.”

Di halaman ini, klik “Masuk ke Google”. Periksa kembali email pemulihan dan nomor telepon, dan melihat perangkat mana yang terakhir mengakses akun Anda dan dari lokasi mana. Jika ada yang terlihat aneh, seseorang mungkin mencoba mengakses akun untuk tujuan yang tidak baik. Ada opsi lain di halaman masuk yang mungkin ingin Anda jelajahi, atau Anda juga dapat mempelajari cara melacak lokasi seseorang lewat email.

Menyiapkan autentikasi dua faktor sangat disarankan, dan jika menggunakan akun Gmail ini di smartphone, Anda bisa mendapatkan konfirmasi autentikasi di sana alih-alih mengetikkan kata sandi secara manual di web.

Itulah dia cara melihat password Gmail yang lupa. Anda dapat melakukan reset password Gmail dengan beberapa cara. Misalnya, Anda tinggal mencoba login dan mengklik ‘Lupa Kata Sandi’ untuk memulai proses pemulihan. Pastikan juga Anda menggunakan alamat email sekunder atau nomor telepon untuk membantu proses pemulihan lupa sandi. Terakhir, jika Anda menggunakan Chrome, Anda bisa melihat kata sandi yang tersimpan dengan masuk ke pengaturan dan memilih opsi Password.

ISemoga informasi cara melihat password email yang lupa ini bisa berguna, bagi yang sedang mencari jasa sewa komputer maka Indorental bisa menjadi pilihan dan segera kunjungi website kami sekarang juga.

Baca juga: cara membuat link google meet