Inilah Cara Melihat Kapasitas Baterai Laptop Anda

Inilah Cara Melihat Kapasitas Baterai Laptop Anda

cara melihat kapasitas baterai laptop
Tips dan Trik

Mengetahui cara melihat kapasitas baterai laptop akan bisa menyelamatkan Anda dari masalah yang mungkin cukup mudah untuk diselesaikan. Laptop memungkinkan Anda untuk menjalankan tugas dari komputer desktop tanpa perlu terkoneksi dengan berbagai macam kabel. Sesuai dengan namanya, Anda akan bisa menggunakan alat ini dari pangkuan saja. Dalam menjalankan fungsinya, baterai menjadi satu-satunya sumber tenaga yang bisa menghidupkannya. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui berapa kapasitas dari baterai yang digunakan atau biasa juga dikenal dengan battery health merupakan hal yang sangat membantu. Ketahui cara untuk melihat berapa banyak kapasitas dari sumber tenaga laptop Anda di sini.

3 Cara Melihat Kapasitas Baterai Laptop Dengan Mudah

Baterai tentu saja bukan sumber tenaga yang dirancang untuk bisa bertahan selamanya. Termasuk yang ada di laptop Anda, yang bisa berakhir masa penggunaannya pada suatu saat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop?

Sebagian besar laptop yang ada di pasaran menggunakan baterai lithium-ion sebagai sumber daya. Baterai jenis ini cenderung akan kehilangan kemampuan pengisian daya seiring waktu pemakaian. Hal ini bisa berakibat baterai laptop yang sebelumnya pernah terisi penuh 100%, menjadi berkurang secara perlahan. Menurun ke 90% hingga 40%.

Jumlah baterai yang tidak maksimal ini tentu akan berdampak secara langsung pada penggunaannya. Laptop yang sebelumnya bisa bertahan cukup lama sebelum di cas, sekarang hanya bisa digunakan beberapa saat saja. Padahal fungsi utama yang ditawarkan adalah penggunaannya yang bisa digunakan di mana saja.

Oleh karena itu sangat penting memperhatikan seberapa banyak kapasitas yang tersisa dari penggunaan baterai Anda. Tidak ada yang ingin harus mengganti baterai secara tiba-tiba, apalagi di saat yang sedang diperlukan. Untuk bisa menghindari masalah seperti ini, beberapa cara akan bisa Anda lakukan untuk mengetahui kondisi dari baterai yang ada di laptop Anda.

1. Gunakan Windows PowerShell Terminal

Untuk memeriksa kesehatan baterai Anda, lakukan cara di bawah ini.

  • Klik menu Start di laptop Anda.
  • Klik opsi PowerShell yang muncul.
  • Masukkan perintah berikut: powercfg /batteryreport.
  • Tekan Enter
  • Selanjutnya cari folder di direktori akun pengguna Anda dengan nama: C:\Users[YourUsername] untuk mengakses laporan.
  • Tekan Ctrl + Shift + Enter untuk menjalankannya dalam mode administrator.
  • Saat dalam mode admin, ketik powercfg /batteryreport.
  • Tekan Enter.
  • Buka folder Users\Your Username dan cari file battery-report.html untuk mengakses laporan.

2. Menggunakan Battery Report

Anda juga bisa menghasilkan laporan mengenai kapasitas baterai laptop melalui Command Prompt.

  • Tekan Tombol Windows + X.
  • Pilih Command Prompt (Admin)
  • Masukkan perintah yang sama seperti di Windows PowerShell: “powercfg /batteryreport” dan jalankan laporannya.

3. Mengecek Kapasitas Baterai di Mac

Bagi Anda yang menggunakan produk dengan sistem operasi Mac, maka cara yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan laporan mengenai baterai laptop adalah:

  • Tahan tombol Option dan klik menu Apple.
  • Klik System Information.
  • Temukan opsi Hardware > Power > Cycle Count.

Baca Juga:

Bagian “Cycle Count” akan berisi informasi mengenai berapa kali baterai laptop Anda telah menyelesaikan siklus baterai, Anda akan bisa memahami di mana baterai MacBook Anda berada dalam siklus hidupnya.Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan jika ingin memperhatikan seberapa banyak kapasitas dari baterai laptop Anda.

Jika Anda sedang menunggu proses penggantian baterai, namun membutuhkan laptop untuk menyelesaikan pekerjaan, maka Anda bisa sewa laptop di IndoRental yang tentu saja berkualitas. Semoga cara melihat kapasitas baterai laptop ini bermanfaat untuk Anda.