3 Cara Cek Spek Laptop dengan Mudah

Cara Cek Spek Laptop
Tips dan Trik

Ada beberapa cara spek laptop dengan mudah dan cepat. Informasi mengenai spek laptop memang sangat penting untuk diketahui agar Anda tidak sampai salah membeli atau menyewa laptop. Ya, kebutuhan laptop untuk mendukung urusan perkantoran hingga event harus dapat dipenuhi. Tentunya dengan spek laptop yang sesuai kebutuhan juga.

Terdapat tiga cara untuk mengecek spek laptop dengan mudah. Cara ini termasuk untuk Windows dan Mac. Bagaimana cara mudahnya? Simak penjelasan lengkapnya bersama IndoRental di bawah ini.

Cara Cek Spek Laptop Windows

Untuk cara cek spek laptop Windows, terdapat dua cara yang bisa Anda pilih. Keduanya sama-sama mudah. Namun ada yang terhitung paling sering dilakukan sejak dulu. Berikut kedua caranya.

1. Menggunakan Properties

Cara cek spek laptop Windows yang pertama menggunakan Properties. Cara ini bisa dilakukan di Windows 7 dan Windows 10, namun dengan target yang berbeda. Maksud dari target yang berbeda di sini adalah penyebutan dari fitur My Computer di Windows 7 dengan This PC di Windows 10.

Untuk mengecek spek laptop dengan Properties, Anda bisa membuka File Explorer. Kemudian cek di bar sebelah kiri. Anda akan melihat My Computer (Windows 7) atau This PC (Windows 10). Klik kanan di bagian itu. Anda pasti menemukan pilihan opsi Properties di bagian paling bawah. Klik Properties.

Dengan cepat akan muncul jendela baru yang berisi informasi RAM, sistem operasi, prosesor, nama komputer, hingga sistem komputasi. Informasi ini berguna untuk Anda dalam mengetahui spek laptop tersebut. Apakah memang sudah mencukupi kebutuhan yang diinginkan atau malah tidak.

Baca juga: cara cek kesehatan baterai laptop

2. Menggunakan Dxdiag

Selain menggunakan Properties, Anda juga bisa memanfaatkan Dxdiag. Cara ini termasuk yang paling banyak digunakan dibandingkan memanfaatkan Properties.

Untuk bisa menggunakannya Dxdiag, ini dia langkah-langkahnya:
Tekan tombol Windows + R yang memang sudah ada di keyboard laptop Anda.
Anda akan melihat jendela baru bernama Run dengan kolom yang bisa diisi.
Ketik Dxdiag di dalam kolom tersebut, lalu tekan Enter.

Dalam beberapa saat, akan muncul jendela yang bernama DirectX Diagnostic Tool. Di dalam jendela terlihat beberapa informasi penting untuk spesifikasi laptop Anda. dimulai dari sistem operasi, prosesor, RAM, nama komputer, suara, layar, dan lainnya. Bisa dibilang, informasi yang diberikan sangat lengkap.

3. Cara Cek Spek Laptop Mac

Anda sudah mengetahui cara mengecek spek laptop Windows. Sekarang saatnya untuk memahami cara cek spek dari laptop Mac.

Untuk cara melihat spek laptop Mac sebenarnya sangat mudah. Anda tinggal menekan Command + Space. Jendela Spotlight Search akan muncul dengan cepat. Kemudian ketik System Information lalu tekan Return (Enter).

Anda akan disajikan jendela baru dari System Information dengan informasi lengkap mengenai spek laptop Mac tersebut. Informasi yang diberikan di sini memang sangatlah lengkap. Dari hardware, network, hingga software. Anda bisa mencari informasi spek yang dibutuhkan di sini dengan mudah dan cepat.

Jadi, itulah informasi cara cek spesifikasi laptop dengan mudah. Semoga informasi yang diberikan di atas dapat berguna untuk Anda di dalam mengetahui spek terbaik sesuai kebutuhan. Beruntung, sekarang Anda tidak perlu lagi kebingungan dalam mencari laptop dengan spek sesuai kebutuhan dan jumlah unit yang diinginkan. Sewa laptop saja bersama IndoRental. Dengan informasi mengenai cara cek spek laptop yang telah diberikan, kunjungi layanan sewa laptop Jakarta dari IndoRental sekarang juga.

Baca juga: harga sewa laptop untuk pribadi