Cara Bikin Label Undangan Melalui Microsoft Word

Cara Bikin Label Undangan Melalui Microsoft Word

cara bikin label undangan
Tips dan Trik

Cara bikin label undangan melalui Microsoft Word ternyata sangatlah mudah. Anda sudah tidak perlu lagi menggunakan cara manual seperti menulis nama tamu undangan satu per satu dengan tulisan tangan.

Di Microsoft Word, Anda dapat menggunakan template khusus untuk label undangan. Template ini sudah menjadi fitur bawaan dari Microsoft Word. Pembuatan label undangan Anda tentu akan menjadi lebih mudah karenanya. Selain itu, undangan yang ingin dibagikan akan terlihat lebih rapi dengan menggunakan label yang dicetak melalui printer.

Dalam pembuatan label undangan ini juga, Anda hanya perlu menyediakan label stiker dan printer. Kedua barang tersebut akan dibutuhkan dalam proses pencetakan label undangan.

Melalui artikel ini, IndoRental akan memberikan panduan lengkap kepada Anda mengenai cara membuat label undangan di Word yang mudah sekali untuk dilakukan. Sebagai informasi tambahan, kami juga akan memberikan panduan untuk mencetak label undangan dengan tepat agar hasilnya terlihat rapi.

Bagaimana Cara Bikin Label Undangan Di Word?

Berikut ini, ada 4 tahapan yang perlu Anda lakukan dalam membuat label undangan di Word, yaitu:

1. Memasukkan Data Tamu Undangan

Tahapan pertama yang perlu dilakukan dalam membuat label undangan di Word adalah Anda harus memasukkan data lengkap tamu yang akan diundang. Data lengkap ini berisi nama dan alamat lengkap dari tamu undangan Anda.

Anda harus memasukkan data tamu undangan ini ke dalam Microsoft Excel terlebih dahulu. Bagi Anda yang belum tahu apa itu Microsoft Excel, software ini terdiri dari tabel-tabel yang digunakan untuk mengolah data.

Buatlah 2 kolom tabel untuk masing-masing data nama tamu undangan dan masukkan alamat pada kolom sebelahnya. Masukkan kategori “Nama” dan “Alamat” pada baris teratas, lalu isi data tamu undangan di bawahnya. Setelah semua data diisi dengan lengkap, jangan lupa untuk menyimpan data tersebut.

Baca Juga: Berbagai Macam Cara Menambah Kolom Di Excel Dengan Mudah

2. Mempersiapkan Template Label Undangan

Setelah Anda selesai dengan data tamu undangan, maka selanjutnya hal yang perlu dilakukan yaitu mempersiapkan template label undangan. Anda dapat langsung membuka Microsoft Word untuk membuat template label undangan ini.

Di dalam menu bar bagian atas Microsoft Word, Anda dapat menuju ke Mailings > Labels. Jendela Envelopes and Labels akan muncul pada layar desktop Anda. Silakan pilih Options pada bagian bawah jendela tersebut.

Saat jendela Label Options sudah muncul di layar desktop Anda, pilih New Label lalu masuk ke dalam Label Details. Anda perlu melakukan pengaturan ukuran label terlebih dahulu sesuai dengan label stiker yang sudah disiapkan atau yang ingin digunakan.

Baca Juga: Cara Print Label Undangan 103 dengan Mudah

3. Mengatur Ukuran Label Undangan

Sebagian dari Anda mungkin ada yang bingung dalam tahapan pengaturan ukuran label undangan ini. Di dalam jendela Label Details, ada banyak istilah-istilah yang mungkin terdengar asing.

Maka dari itu, kami akan menjelaskan secara singkat mengenai cara pengaturan ukuran label undangan di Microsoft Word tersebut berikut ini:

  • Label Name: Isi nama label yang akan dibuat. Sebagai contoh, berilah nama “label undangan nikahan”.
  • Top Margin: Top margin merupakan jarak bagian atas antara label yang satu dengan yang lainnya. Anda dapat menyesuaikan ukuran ini sesuai dengan label stiker yang akan digunakan
  • Side Margin: Jarak label bagian samping kiri dan kanan dinamakan dengan side margin.
  • Vertical Pitch: Ketinggian label terhitung dari tinggi label bagian atas ke bawah hingga mencapai titik atas label yang ada di bawahnya.
  • Horizontal Pitch: Perhitungan lebar label yang dihitung dari bagian kiri label ke arah kanan hingga mencapai titik samping kiri label di sampingnya.
  • Label Height: Ketinggian label dalam bentuk satuan.
  • Label Width: Lebar label dalam bentuk satuan
  • Number Across: Jumlah kolom label sesuai dengan label stiker yang akan digunakan (hitung berapa label yang ada dalam satu lembar ke arah samping).
  • Number Down: Jumlah baris label (hitung ke bawah).
  • Page Size: Masuk ke dalam Custom untuk menentukan ukuran kertas label yang akan digunakan.
  • Page Width: Lebar kertas label stiker
  • Page Height: Tinggi kertas label stiker.

Setelah label stiker diatur sesuai dengan kebutuhan, silakan pilih New Document.

4. Memindahkan Data dari Excel ke Word

Sekarang, saatnya kita memasukkan data tamu undangan yang sudah dimasukkan di dalam Microsoft Excel ke Microsoft Word. Bagaimana caranya? Pertama-tama, Anda harus masuk ke dalam menu Mailing > Select Recipients > Use Existing List.

Anda akan disuruh mencari letak dokumen Microsoft Excel yang berisikan data tamu undangan yang telah dimasukkan sebelumnya. Pilih data tersebut lalu jendela Select Table akan muncul. Klik Sheet 1 jika Anda meletakkan data tamu undangan tersebut pada lembar pertama Microsoft Excel, lalu klik OK.

Langkah selanjutnya, masuk lagi ke dalam Mailings > Insert Merge Field > Nama. Lalu tekan tombol enter untuk membuat baris baru, kemudian kembali lagi ke dalam menu Mailings > Insert Merge Field > Alamat.

Salin tulisan yang ada di label pertama dan tempelkan pada label kedua. Selanjutnya, klik bagian <<Nama>> yang ada pada label kedua, lalu masuk ke dalam Mailings > Rules > Next Record untuk menampilkan data yang selanjutnya secara berurutan. Salin dan tempelkan tulisan pada label kedua di seluruh label yang akan digunakan. Label undangan Anda sudah siap untuk dicetak!

Baca Juga: Inilah Cara Menambah File di Word yang Mudah

Bagaimana Cara Print Label Undangan?

Setelah label undangan siap dicetak, Anda perlu melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu agar hasil cetakan yang keluar tidak salah. Untuk melakukan pengaturan ini, Anda cukup masuk ke dalam menu properties, lalu sesuaikan ukuran kertas label stiker yang digunakan mulai dari panjang dan lebarnya.

Sebagai informasi tambahan, jika Anda membutuhkan printer untuk mencetak label undangan, silakan hubungi IndoRental karena kami menyediakan layanan rental printer terdekat. Sekian informasi yang dapat kami berikan kepada Anda mengenai cara bikin label undangan melalui Microsoft Word dengan mudah.