Mempelajari Rumus Vlookup Excel yang Sangat Berguna

Mempelajari Rumus Vlookup Excel yang Sangat Berguna

rumus vlookup excel
Tips dan Trik
Ketika menggunakan spreadsheet atau sheet dalam Excel, ada banyak rumus atau fungsi yang harus kita ketahui, salah satunya adalah rumus Vlookup Excel. Jika kita ingin mencari data pada kolom yang berisi banyak data, maka kita akan menggunakan rumus tersebut. Spreadsheet sering sekali digunakan untuk menyimpan banyak data, mulai dari nama orang hingga data mengenai inventaris sebuah usaha. Jika data yang disimpan berjumlah sangat banyak, maka akan bisa memakan waktu untuk mencari hal yang ingin diketahui. Namun jika menggunakan rumus ini, maka bisa dengan cepat menemukan apa yang ingin dicari. Yuk, mari kita pelajari salah satu rumus dasar dalam penggunaan Excel yang akan sangat membantu ini.

Mengenal Rumus Vlookup di Excel

Pengertian rumus Vlookup merupakan salah satu rumus yang dikategorikan ke dalam rumus lookup & reference yang berfungsi dalam berbagai jenis pekerjaan. Fungsi Vlookup akan digunakan dalam mencari nilai atau data pada kolom pertama sebuah tabel data, kemudian mengambil suatu nilai dari sel mana pun di baris yang sama, berdasarkan tabel data tersebut. Fungsi rumus Excel ini tersedia di semua versi Microsoft Excel, mulai dari versi Excel 2016, Excel 2013, Excel 2010, Excel 2007, Excel 2003, Excel XP, maupun Excel 2000.
Baca Juga: Daftar Rumus Excel Lengkap yang Wajib Anda Kuasai
Vlookup adalah singkatan dari Vertical Lookup. Melalui rumus ini kita akan bisa mengisi data di kolom sebuah tabel berdasarkan data pada tabel referensi lain dengan menggunakan sebuah nilai yang spesifik.

Rumus Vlookup pada Microsoft Excel

Untuk bisa menggunakan contoh rumus Vlookup Excel untuk pemula ini, kita akan menggunakan syntax: =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup) Penjelasan mengenai komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut:
    • Lookup_value: Bisa juga diartikan sebagai nilai angka yang ingin dicari. Ini adalah nilai yang akan kita cocokkan dengan nilai yang ada pada table_array, dimana lookup_value harus berada paling kiri pada tabel array.
    • Table_array: Tabel referensi yang akan diambil datanya. Nilai pencarian harus berada di kolom pertama agar VLOOKUP berfungsi dengan baik. Jika tidak, maka hal ini akan menyebabkan rumus Excel VLOOKUP tidak berfungsi.
    • Col_index_num: Suatu nomor kolom yang ada pada table_array yang mengandung nilai data yang akan kita ambil nilainya.
    • Range_lookup: Diisi untuk mengambil nilai Boolean TRUE atau FALSE. Nilai logika dalam rumus VLOOKUP dipakai sebagai acuan untuk menetapkan apakah kita ingin VLOOKUP menemukan hasil yang sama persis atau menemukan nilai yang mendekati.
    • TRUE: Vlookup akan menemukan lookup_value dalam table_array yang sama atau hanya mendekati. Jika nilai yang sama tidak dapat ditemukan maka nilai terbesar selanjutnya yang kurang dari lookup_value akan dihasilkan.
    • FALSE: Vlookup akan menemukan lookup_value dalam table_array yang benar-benar sama. Jika tidak dapat ditemukan maka Vlookup akan menghasilkan pesan error #NA!

Fungsi dan Contoh Penggunaan Rumus Vlookup

Rumus Vlookup adalah salah satu fungsi untuk memudahkan dalam pengolahan data. Contohnya dalam dunia akuntansi pada saat ingin menghitung laba atau rugi perusahaan, gaji karyawan, keuntungan dalam satu tahun, dan lain-lain. Rumus ini juga bisa digunakan dalam menggabungkan 2 tabel yang memiliki data berbeda. Contohnya satu tabel berisi nama karyawan dan nomor rekening mereka. Sedangkan tabel yang lain berisi nama dan juga gaji bulanan. Melalui rumus ini, Anda dapat dengan mudah menambahkan data mengenai jumlah gaji di sebelah nomor rekening. Tentu saja akan bisa menghasilkan data yang rapi dan mudah untuk dibaca.

Perbedaan Rumus Vlookup Excel dan Hlookup

Vlookup dan Hlookup merupakan dua fungsi excel dasar yang termasuk ke dalam Lookup and Reference. Meski terlihat mirip, namun nyatanya penggunaan rumus hlookup dan rumus vlookup excel memiliki perbedaan yang cukup signifikan lho! Untuk mengetahui perbedaannya, berikut adalah penjelasannya.
    • Jika melihat dari namanya, huruf V dalam kata Vlookup berarti Vertikal dan huruf H dalam kata Hlookup berarti Horizontal. Artinya, Vlookup adalah rumus excel yang digunakan untuk melakukan pencarian data di tabel yang bentuknya vertikal, sementara Hlookup digunakan untuk melakukan pencarian data di tabel yang bentuknya horizontal.
    • Fungsi rumus Vlookup excel adalah rumus untuk mencari nilai di kolom paling kiri pada tabel dan mengembalikan nilai dari kolom lainnya yang berdekatan terkait dengan nilai pencarian. Namun sebaliknya, HLookup berfungsi untuk mencari nilai di baris paling atas pada tabel dan mengembalikan nilai yang sesuai dari baris lain pada tabel.
    • Karena bentuknya vertikal, rumus Vlookup mengambil data yang berasal dari banyaknya kolom. Sedangkan untuk Hlookup yang bentuknya horizontal, data yang diambil berasal dari banyaknya baris.
    • Seperti yang sudah disebutkan bahwa rumus Vlookup dan Hlookup memiliki perbedaan. Untuk rumus vlookup Anda dapat melihatnya di poin penjelasan sebelumnya, sedangkan untuk rumus hlookup memiliki rumus sebagai berikut; =HLOOKUP(lookup_value, table_array, row_index_num, range_lookup)

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Rumus Vlookup Excel?

Seperti yang telah dijelaskan, rumus fungsi Vlookup Excel cukup kompleks karena memiliki banyak elemen. Hal ini tidak jarang membuat orang yang menggunakannya menemukan kesalahan atau mendapatkan hasil yang tidak diinginkan. Untuk membantu Anda menggunakan rumus excel satu ini dengan baik, berikuat adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menggunakan rumus Vlookup excel:

1. Tidak menempatkan lookup_value pada kolom pertama table_array

Salah satu kesalahan umum yang sering terjadi dalam penggunakan rumus vlookup excel adalah penempatan lookup_value. Saat menentukan table_array, terkadang orang-orang memilih table_array sedemikian rupa sehingga lookup_value yang dicari tidak menempati kolom pertama atau paling kiri.
Baca Juga: Berbagai Macam Cara Menambah Kolom Di Excel Dengan Mudah

2. Salah menghitung jumlah kolom pada col_index_num

Misalnya, Anda memiliki data yang menempati kolom A sampai E, yang berarti Anda menggunakan 5 kolom. Anda kemudian menggunakan kolom C sebagai lookup_value dan Anda mencari hingga kolom E sebagai table_array. Kesalahan yang sering terjadi adalah, orang-orang mengikut sertakan kolom A serta B sebagai table_array. Padahal, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kolom yang berisi lookup_value harus menjadi kolom pertama pada table_array.

3. range_lookup tidak memiliki nilai false

Kesalahan umum berikutnya adalah tidak menentukan nilai pencarian false. Ketika melakukan pencarian, Anda tentunya ingin mendapatkan hasil yang pasti. Salah satu hasil pencarian yang akan Anda dapatkan adalah false. Jika Anda tidak menentukan nilai dari false, maka Anda hanya akan mendapatkan #NA! atau pesan error.

4. Tidak menggunakan referensi absolute

Fungsi Vlookup dapat Anda gunakan berulang-ulang pada halaman atau cell yang berbeda melalui copy-paste. Namun, saat melakukan copy-paste ini, pastikan bahwa referensi yang digunakan dalam rumus ini tidak berubah. Agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan untuk menggunakan referensi absolute ($) atau F4 pada rumus Vlookup excel Anda.
Baca Juga: 3 Cara Convert Excel ke PDF dengan Mudah dan Tidak Terpotong

5. Karakter dan spasi ekstra

Data yang Anda terima terkadang berasal dari sumber eksternal dan tidak sesuai dengan format yang Anda inginkan, khususnya perihal karakter dan spasi. Oleh karena itu, pastikan Anda telah membersihkan data yang Anda terima sebelumnya untuk memastikan bahwa nilai yang Anda cari sesuai dengan nilai yang tertera pada halaman dan tabel yang Anda gunakan. Itulah informasi mengenai rumus Vlookup Excel yang banyak digunakan dalam berbagai macam bidang. Jika Anda yang sedang mencari laptop untuk berbagai macam keperluan maka jasa sewa laptop dari IndoRental siap membantu Anda. Kunjungi website kami untuk informasi yang lebih lanjut. Mulai terapkan rumus Vlookup Excel dalam pekerjaan Anda.