Mengenal 6 Perbedaan Macbook Dan Laptop Biasa, Mana Yang Lebih Baik?

Mengenal 6 Perbedaan Macbook Dan Laptop Biasa, Mana Yang Lebih Baik?

perbedaan macbook dan laptop
Teknologi

Laptop telah menjelma menjadi salah satu kebutuhan primer setiap orang dalam menjalankan aktivitas. Selama ini, Macbook dinilai lebih unggul dibandingkan laptop biasa. Mengetahui perbedaan Macbook dan laptop bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih mana yang lebih baik.

Popularitas Macbook sendiri berasal dari pemroduksinya yaitu Apple Inc. Produk Apple telah memiliki reputasi baik dan masuk ke dalam kategori premium high-end. Lalu, apa yang membedakan Macbook dengan laptop biasa? Yuk ketahui perbedaannya di bawah ini.

Apa Saja Perbedaan Macbook Dan Laptop Biasa?

Memiliki fungsional yang sama, nyatanya Macbook berbeda dengan laptop biasa. Selain karena harganya yang mahal, Macbook memiliki beberapa perbedaan meliputi desain dan performa sistemnya dibanding dengan laptop biasa. Berikut ini merupakan 5 perbedaan Macbook dan laptop biasa yang perlu Anda ketahui.

1. Sistem Operasi

Perbedaan pertama yang paling mencolok dari Macbook dengan laptop biasa adalah sistem operasi yang digunakan. Macbook menggunakan Mac OS yang merupakan sistem operasi dengan graphics interface yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sedangkan laptop biasa, mayoritas menggunakan sistem operasi Windows. Meski tidak jarang pula, laptop biasa yang memakai sistem operasi Linux.

Mengapa sistem operasi menjadi perbedaan yang paling mencolok antara Macbook dan laptop biasa? Hal tersebut dikarenakan sistem operasi laptop biasa tidak bisa digunakan untuk Macbook. Begitu pula sistem operasi Mac OS yang tidak bisa dijadikan sistem operasi utama untuk laptop biasa.

2. Ketebalan

Perbedaan selanjutnya adalah visual produk dari Macbook dan laptop biasa. Seluruh produk Macbook biasanya memiliki desain yang tipis, sehingga membuatnya mudah dibawa ke mana-mana tanpa memakan banyak tempat. Berbeda dengan Macbook, laptop biasa identik dengan desain lebih bulky atau tebal.

Seiring perkembangan teknologi yang ada, saat ini telah banyak laptop biasa dengan desain tipis seperti Macbook. Meskipun begitu, Macbook masih dinilai lebih unggul dalam menciptakan desain elegan dan praktis.

3. Interface

Desain antarmuka atau interface dari Macbook dan laptop biasa memiliki perbedaan yang cukup memengaruhi penggunaannya. Apabila laptop biasa memiliki fitur tombol silang di pojok kanan atas untuk langsung menutup sebuah aplikasi, Macbook bekerja lebih rumit. Interface Macbook hanya menampilkan tombol merah di ujung kiri untuk minimize aplikasi. Jika ingin benar-benar menutup sebuah aplikasi, klik kanan di icon bergambar Mac OS lalu pilih quit.

Perbedaan interface ini yang sering membuat pengguna banyak mempertimbangkan kepraktisan OS Windows dibandingkan Mac OS. Selain itu, letak default dari taskbar laptop biasa berada di bagian bawah. Sedangkan Macbook memiliki letak default bagian atas.

4. Layar

Dukungan tampilan layar dari Macbook dan laptop biasa memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Layar Macbook dilengkapi dengan fitur retina display tetapi belum mampu mengejar kualitas visual 4K. Sedangkan laptop biasa, melaju unggul dengan layar visual yang tajam hingga 8K.

Tidak heran apabila banyak pekerja grafis yang lebih memilih untuk melakukan berbagai upgrade dengan laptop biasa, dibandingkan menggunakan Macbook. Tetapi performa lainnya dari Macbook, dapat menjadi salah satu andalan untuk aktivitas pekerjaan harian yang tidak memerlukan visual tajam.

5. Produk Flagship

Macbook merupakan produk flagship dari Apple, sehingga membuat perbedaan kelas yang mencolok dengan laptop biasa. Macbook hadir sebagai produk premium dengan kategori high-end. Hal itu jelas jauh berbeda dengan laptop biasa yang menyediakan berbagai series mulai dari kategori low-entry hingga high-end.

Macbook memiliki pilihan series yang lebih sedikit dibandingkan dengan laptop biasa, mengingat prioritas produk premium adalah kualitas di atas arus pasar. Hal tersebut yang membuat Macbook masih terus menjadi produk favorit, meskipun laptop biasa menawarkan lebih banyak fitur menarik dengan harga yang lebih terjangkau.

6. Ekosistem

Baik itu Macbook maupun laptop Windows mempunyai ekosistem fitur bawaan, misalnya aplikasi catatan, kalender, pengingat, dan email. Berdasarkan hal itu, Macbook memiliki keunggulan yang menjadi pembeda dengan laptop lain yakni, kemampuan untuk mentransfer file besar antar perangkat Apple secara langsung lewat fitur AirDrop.

Akan tetapi, sejumlah jenis laptop Windows juga memiliki fitur serupa, contohnya aplikasi Your Phone dari Microsoft yang memungkinkan pengguna Android untuk mengirim pesan dan mentransfer file besar dengan lebih mudah.

Baca Juga: MacBook atau Windows: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Apa Saja Kelebihan Macbook Dibanding Laptop Lain?

Memiliki banyak perbedaan dengan laptop biasa dan menawarkan harga yang mahal, kok bisa Macbook tetap laris di pasaran? Popularitas Macbook tentunya karena banyaknya kelebihan yang diberikan Macbook kepada pengguna. Untuk itu, Anda perlu mengetahui kelebihan apa saja yang dimiliki Macbook dibanding dengan laptop lain. Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Sistem Operasi Lebih Aman

Apabila laptop biasa memerlukan software antivirus untuk melindungi sistem operasi yang berjalan, Macbook tidak membutuhkannya. Mac OS memiliki tingkat keamanan yang lebih unggul, tanpa perlu menginstall software antivirus tambahan. Hal ini yang membuat banyak pengguna Macbook puas karena privasi data yang lebih terjaga.

Malware, virus maupun trojan dalam Macbook jarang atau sangat sedikit ditemui dalam Macbook. Seperti produk Apple lainnya, tingkat peretasan data pada Macbook pun juga lebih sedikit dibandingkan dengan laptop biasa dengan sistem operasi Windows.

2. Daya Tahan Mesin Lebih Kuat

Salah satu kelebihan lain dari Macbook adalah memiliki daya tahan mesin kuat. Dibanding dengan laptop biasa, Macbook lebih tahan lama penggunaannya. Hal tersebut dibuktikan dengan minimnya series yang dikeluarkan tiap tahun, tetapi angka penggunanya tetaplah tinggi.

Daya tahan mesin lebih kuat pada Macbook seri 2015 atau seri lama lainnya, tetapi dalam 4 bahkan 5 tahun selanjutnya masih memiliki performa yang mumpuni. Daya tahan kuat dan awet inilah yang membuat Macbook berhasil memposisikan brand dengan baik di pasaran, meskipun memiliki harga yang relatif mahal.

3. Hardware Berkualitas Tinggi

Seiring dengan harga mahal dan daya tahan kuat yang ditawarkan, Macbook menggunakan hardware berkualitas tinggi. Penggunaan hardware kualitas tinggi mampu mendukung performa Macbook lebih unggul dan minim noise. Dibanding dengan laptop biasa, Macbook memiliki sound yang lebih jernih dan suara hardware super halus.

Ketika hardware berkualitas tinggi dipergunakan dalam Macbook, maka tingkat kenyamanan pengguna pun akan meningkat. Dengan kenyamanan tersebut, Anda dapat lebih produktif dalam melakukan berbagai pekerjaan.

4. Desain Elegan

Kelebihan paling mencolok dari Macbook dibanding laptop biasa adalah desain produk yang tipis dan elegan. Tidak melakukan banyak detail, Macbook justru mampu menciptakan visual desain yang simple dan mewah elegan. Meskipun saat ini banyak laptop biasa yang mulai meniru desain Macbook, tetapi visual produk Macbook tetap mampu menarik perhatian pengguna.

Selain karena desain elegannya, bentuk yang slim membuat Macbook sukses jadi favorit pengguna dari berbagai kalangan. Desain slim Macbook membuat laptop besutan Apple ini mudah dibawa ke mana-mana dan tidak memakan banyak tempat. 

Apalagi dengan banyaknya pekerjaan dengan sistem work from anywhere saat ini, Macbook akan sangat cocok untuk menemani Anda bekerja di manapun. Kepraktisan desain Macbook cocok untuk melakukan pekerjaan di mana saja, tanpa perlu merasa ribet.

Baca Juga: 4 Cara Cek Laptop Bekas dengan Mudah Sebelum Membelinya

Apa Saja Kekurangan Macbook Dibanding Laptop Lain?

Setelah mengetahui kelebihan Macbook, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa kekurangan Macbook dibanding laptop lain. Tidak ada produk yang dapat dikatakan seratus persen sempurna, termasuk dengan Macbook. Berikut ini merupakan beberapa kekurangan Macbook dibanding laptop lain.

1. Harga Dan Biaya Servis Mahal

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, produk Apple identik dengan harganya yang mahal. Macbook hadir sebagai laptop kualitas premium dengan kategori high-end, maka tentunya harganya pun relatif mahal. Dibanding dengan laptop biasa, Macbook menawarkan harga yang cocok untuk pengguna kalangan menengah ke atas.

Biaya servis Macbook pun juga relatif mahal. Penggantian keyboard Macbook saja bisa menghabiskan biaya hingga jutaan rupiah. Apabila memilih menggunakan Macbook, tentunya Anda juga perlu mempertimbangkan biaya perawatan jangka panjangnya akan tetap memakan biaya yang tidak sedikit. Selain pertimbangan biaya servis produknya, Anda juga perlu mempertimbangkan lokasi tempat tinggal dengan tempat servis Apple.

2. Cepat Panas

Meskipun menggunakan hardware berkualitas tinggi, Macbook termasuk salah satu laptop yang cepat panas. Ketika melakukan aktivitas berat secara bersamaan, Macbook akan terasa lebih cepat panas dan menjadi overheating. Kekurangan ini tentunya cukup mengganggu pengguna, menciptakan keterbatasan yang tidak nyaman. Anda jadi tidak bisa memaksimalkan aktivitas karena cemas terjadinya overheating.

Dalam menyiasati kekurangan ini, biasanya para pengguna Macbook akan menggunakan fan eksternal untuk menjaga suhu Macbook tetap aman. Apabila Anda perlu melakukan berbagai aktivitas yang berat seperti rendering, editing audio maupun video, maka kekurangan Macbook ini perlu dipertimbangkan. Meskipun sanggup mengoperasikan aktivitas berat tersebut, bisa saja overheating Macbook berdampak pada kecepatan instruksi dan menyebabkan lag yang mengganggu.

3. Tempat Servis Langka

Apabila Anda perlu melakukan servis, Macbook tidak bisa diperbaiki di sembarang tempat. Sebagai produk flagship dari Apple, tempat servis Macbook khusus hanya bisa dilakukan di official service center dari Apple. Padahal, saat ini official service center Apple tidak tersedia di semua daerah.

Kelangkaan tempat servis untuk Macbook ini pastinya akan menyulitkan Anda dalam beraktivitas. Ketika sedang memiliki pekerjaan penting dan Macbook bermasalah, Anda perlu meluangkan waktu lebih menyesuaikan tempat servis Apple terdekat di daerah Anda. Jika daerah Anda tidak ada official service center Apple, pastinya juga memakan waktu perjalanan.

4. Dukungan Software Dan Game Kurang

Dukungan software dan game untuk Macbook masih dinilai kurang apabila dibandingkan dengan laptop biasa. Software dan game yang bisa dijalankan di Windows, belum tentu bisa dijalankan di Mac OS. Hal ini juga akan menimbulkan keterbatasan bagi para pengguna Macbook untuk menyesuaikan kebutuhan software dan game.

Bagi Anda yang membutuhkan berbagai aplikasi pendukung untuk beraktivitas, kekurangan Macbook ini perlu dipertimbangkan. Meskipun memungkinkan untuk menyesuaikan aplikasi di official Apple, tetapi prosesnya pasti akan lebih rumit dan memakan waktu.

Macbook vs Laptop Windows, Lebih Pilih Mana?

Sebelum Anda memutuskan apakah ingin memilih laptop Macbook atau laptop Windows, ada baiknya pertimbangkan kebutuhan Anda daripada hanya mengikuti keinginan semata. Jika Anda memilih Macbook dibandingkan dengan laptop Windows, Anda akan menikmati beragam fitur yang meliputi aplikasi bawaan dan aksesori yang tersedia, serta kinerja yang menarik.

Tetapi, jika Anda lebih suka memilih laptop Windows, Anda juga akan mendapatkan sejumlah keungguln seperti kemudahan untuk meng-upgrade Windows dan dukungan untuk aplikasi yang cocok untuk para gamer. Karena perlu diperhatikan bahwa, salah satu kelemahan Macbook dengan sistem operasi macOS adalah kurangnya dukungan untuk aplikasi gaming, seperti game dengan grafis tinggi (Game 3A).

Sementara itu, laptop gaming dengan sistem operasi Windows dan Linux cenderung lebih mendukung banyak aplikasi yang diperlukan oleh para gamer, sebab sistem operasi sumber terbuka mereka dapat diakses dan dikembangkan dengan mudah oleh para pengguna.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Laptop Untuk Programmer dan Rekomendasinya

Itulah tadi informasi lengkap mengenai perbedaan Macbook dengan laptop biasa. Pastikan Anda telah mempertimbangkan pilihan laptop sesuai dengan kebutuhan dan budget. Apabila Anda membutuhkan laptop untuk kepentingan sementara, Indorental hadir menawarkan jasa sewa laptop dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Kunjungi Indorental sekarang juga, dapatkan informasi terbaik penyewaan kebutuhan perangkat teknologi Anda.