Pahami 7 Perbedaan Prosesor Intel dan AMD untuk Kinerja Laptop Anda

Pahami 7 Perbedaan Prosesor Intel dan AMD untuk Kinerja Laptop Anda

perbedaan intel dan amd
Teknologi

Anda harus memahami apa saja perbedaan Intel dan AMD ketika hendak membeli laptop baru. Dua jenis prosesor tersebut cukup populer ditemukan pada berbagai merek laptop di pasaran yang saat ini. Kedua merek prosesor seringkali berkompetisi untuk bisa menjadi prosesor terbaik di berbagai sektor.

Kinerja sebuah perangkat laptop sangat dipengaruhi oleh jenis prosesor yang digunakannya. Lalu, apa saja perbedaan antara kedua prosesor? Jika belum mengetahuinya, Anda berada di laman yang tepat. 

Melalui artikel ini, IndoRental akan mencoba menjelaskannya kepada Anda terkait beberapa perbedaan antara keduanya. Simak ulasan lengkapnya berikut ini dengan saksama agar Anda tidak salah dalam memilih dan membeli laptop baru.

Apa Perbedaan Prosesor AMD dan Intel?

Berikut ini kami sajikan beberapa perbedaan kedua prosesor yang perlu Anda ketahui sebelum membeli laptop.

1. Kecepatan Performa

Perbedaan pertama antara kedua merek prosesor terletak pada kecepatan performanya. Tentunya Anda akan merasa kesal apabila laptop yang digunakan tiba-tiba mengalami penurunan kecepatan performanya. 

Penurunan kecepatan performa ini dapat menghambat aktivitas Anda dalam menggunakan laptop seperti saat rendering video atau bermain game. Kecepatan performa ini tentu sangat dipengaruhi oleh jenis prosesor yang digunakan pada laptop Anda. 

Perihal kecepatan performa, prosesor Intel lebih unggul dibandingkan prosesor AMD dalam menjalankan berbagai program. Hal ini telah dibuktikan melalui uji benchmark pada laptop yang menggunakan dua prosesor berbeda.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Processor, Fungsi dan Jenisnya

2. Brand Power (Kekuatan Merek)

Perbedaan keduanya juga dapat dilihat dari brand power-nya. Reputasi dan brand power Intel lebih unggul daripada AMD karena Intel adalah produsen yang sudah lebih dahulu memproduksi prosesor.

Apalagi saat ini, Intel juga sudah mulai merambah ke berbagai lini perangkat selain laptop dan komputer, seperti smartwatch dan smartphone

Hal tersebut jelas membuat brand power Intel makin unggul dibandingkan AMD. Namun, bukan tidak mungkin brand power AMD akan menyaingi Intel atau bahkan melebihi brand tersebut berkat inovasi yang terus dikembangkan.

3. Kualitas Grafis

Berbicara soal grafis, AMD lebih unggul dibandingkan Intel. Kualitas grafis pada AMD saat bermain game dapat menghasilkan gambar yang lebih apik dan halus. Selain itu, laptop dengan prosesor AMD tetap dapat menjalankan game dengan stabil meski berada dalam kondisi suhu perangkat yang panas.

Prosesor AMD dengan grafis Radeon dapat dengan mudah mengalahkan grafis Intel Iris yang terdapat pada prosesor Intel. Intel memang telah berusaha mengalahkan grafis AMD dengan meluncurkan grafis Iris Pro, tetapi upaya tersebut masih belum bisa menandingi grafis Radeon milik AMD. Itulah sebabnya para gamer cenderung lebih memilih laptop dengan prosesor AMD daripada Intel.

4. Manajemen Suhu

Dalam penggunaan laptop yang cukup lama, prosesor AMD akan lebih cepat panas dibandingkan Intel. Tidak jarang prosesor AMD ini bahkan dicap sebagai prosesor “cepat panas”. 

Baca Juga: Ketahui Apa Itu Overheat Laptop dan Tips Ampuh Untuk Mengatasinya

Faktor penyebab prosesor AMD ini cepat panas adalah penggunaan jumlah core yang lebih banyak. Selain itu, prosesor AMD tidak dibekali teknologi untuk mengurangi kinerja saat suhu meningkat seperti pada Intel.

Manajemen suhu ini sangat penting untuk diperhatikan karena dapat mengurangi performa perangkat Anda jika dibiarkan. Pada kasus tertentu suhu yang terlalu panas bahkan menyebabkan overheating yang berakibat rusaknya komponen pada perangkat laptop Anda. 

Oleh karena itu, faktor manajemen suhu ini perlu dipertimbangkan dengan baik sebelum Anda membeli laptop.

5. Multimedia

Meskipun prosesor Intel kalah dalam segi kualitas grafis, tetapi Intel lebih unggul dari AMD dalam sektor multimedia. Kualitas gambar yang dihasilkan oleh prosesor Intel jauh lebih tajam dan detail dibandingkan AMD. Jika Anda merupakan seorang desainer grafis atau video editor, laptop dengan prosesor Intel cocok sekali untuk Anda.

Aktivitas mendesain dan rendering video akan menjadi lebih smooth dan lebih cepat dengan menggunakan laptop yang memakai prosesor Intel.

6. Sistem Perlindungan Terhadap Virus

Dalam hal ini, laptop dengan prosesor AMD akan lebih aman. Alasannya, sistem perlindungan terhadap virus pada prosesor AMD lebih baik dari Intel. Prosesor AMD memiliki fitur bernama EVP (Enhanced Virus Protection) yang berfungsi untuk mendeteksi virus atau malware pada laptop Anda.

Baca Juga: Mari Mengenal Apa Itu Antivirus dan Manfaatnya Untuk Laptop Anda

Jika terdapat virus pada suatu program aplikasi atau file, maka prosesor AMD ini tidak akan memprosesnya saat Anda ingin membukanya. Fitur ini tentu sangat berguna untuk melindungi perangkat Anda dari hal-hal yang berbahaya. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa orang lebih memilih laptop dengan prosesor AMD ketimbang Intel.

7. Harga

Perbedaan terakhir dari kedua merek prosesor adalah dari segi harga. Laptop dengan prosesor Intel seringkali dibanderol dengan harga yang lebih mahal meskipun memiliki spesifikasi yang sama. Hal ini dipengaruhi oleh brand power Intel yang memang lebih unggul di pasaran dibandingkan AMD. 

Bagaimana? Sekarang Anda jadi lebih paham mengenai perbedaan keduanya, bukan? Pemilihan jenis prosesor pada sebuah perangkat laptop sangatlah penting, karena akan memengaruhi kinerja perangkat tersebut dan kenyamanan Anda saat menggunakannya. 

Anda pun bisa menyewa laptop terlebih dahulu jika belum berpikir untuk membelinya. IndoRental menyediakan layanan sewa laptop Jakarta dengan performa prosesor yang mumpuni untuk keperluan berbagai acara Anda.

IndoRental menyediakan layanan penyewaan laptop dengan berbagai macam pilihan prosesor sesuai kebutuhan Anda. Hubungi IndoRental di sini sekarang juga untuk informasi selengkapnya. 

Sekian pembahasan tentang perbedaan prosesor Intel dan AMD kali ini, semoga bermanfaat ketika Anda ingin membeli laptop.