Ketahui Penyebab Laptop Overheat Dan Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Laptop Overheat Dan Cara Mengatasinya

penyebab laptop overheat
Tips dan Trik

Aktivitas penggunaan laptop dengan aplikasi yang berat dan durasi yang lama dapat menjadi penyebab laptop overheat. Kondisi panas panas merupakan masalah yang cukup mengganggu kinerja laptop. Bahkan overheat dapat membuat laptop mati dengan sendirinya ketika suhu panas laptop melebihi batas normal. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, IndoRental akan membagikan informasi penyebab dan cara mengatasi overheat pada laptop.

Apa Saja Yang Menyebabkan Laptop Cepat Panas Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Panas pada laptop dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat berupa waktu penggunaan hingga permasalahan pada komponen laptop. Berikut ini merupakan penyebab laptop overheat beserta cara mengatasinya:

1. Durasi Penggunaan yang Lama

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penggunaan laptop yang terlalu lama dapat menyebabkan naiknya suhu pada laptop terlebih jika digunakan untuk beberapa aktivitas layaknya memutar musik dan menyelesaikan pekerjaan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan cooling pad agar membantu mendinginkan suhu laptop saat digunakan.

2. Kesalahan Penempatan 

Sebagian besar orang menggunakan laptop di tempat yang tidak disarankan seperti di atas kasur atau bantal. Kesalahan penempatan tersebut dapat menyebabkan terhambatnya sirkulasi udara dan mendorong laptop untuk cepat panas. Disarankan untuk menggunakan laptop pada tempat yang kokoh dan datar. Bisa menggunakan, meja, ditaruh di lantai, dan lain sebagainya. 

3. Thermal Paste yang Mengering

Thermal paste adalah komponen pada laptop yang membantu mengurangi suhu panas pada prosesor. Apabila laptop menjadi mudah panas, Anda dapat melakukan pengecekkan kondisi thermal paste. Lakukan penggantian komponen jika kondisi thermal paste telah kering agar laptop tidak mudah panas.

4. Kipas Tidak Berfungsi

Alat yang mendinginkan komponen di dalam laptop adalah kipas. Jika laptop mudah overheat dan mati secara tiba-tiba, kemungkinan besar terdapat permasalahan pada kipas di dalamnya yang mungkin disebabkan oleh debu. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan pembersihan rutin pada kipas agar kipas tetap bersih dan berfungsi seperti biasanya.

Berapa Suhu Maksimal Laptop?

Jika CPU dalam keadaan idle atau tidak digunakan, suhu normal laptop umumnya kurang dari atau sama dengan 50 derajat Celcius. Pada beban penggunaan yang lebih tinggi, seperti bermain game, membuat video, atau melakukan tugas intensif lainnya, CPU pada laptop membutuhkan lebih banyak daya sehingga dapat mencapai suhu yang lebih tinggi. 

Pada beban penggunaan yang berat tersebut, suhu CPU idealnya harus tetap di bawah 80 derajat Celcius, jika suhu melebihi batas normal maka Anda perlu waspada akan terjadinya penurunan kinerja laptop.

Bagaimana Cara Mendinginkan Laptop yang Panas?

Saat laptop mulai panas, sebaiknya Anda harus segera mendinginkan agar suhu tidak semakin tinggi dan terjadi overheat. Berikut ini merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mendinginkan laptop yang panas:

1. Hentikan Aktivitas Sejenak

Ketika suhu laptop dirasa telah meningkat, hentikan penggunaan untuk beberapa waktu. Anda dapat menggunakan mode sleep jika masih membutuhkan laptop untuk menyelesaikan pekerjaan atau mematikan laptop secara keseluruhan hingga suhu laptop menurun. 

2. Letakkan Laptop Pada Suhu yang Ideal

Suhu di sekitar laptop juga dapat memengaruhi suhu laptop. Disarankan untuk berada pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga suhu laptop dapat berada pada batas normal. Suhu ruangan yang terlalu panas dapat menyebabkan meningkatnya suhu laptop dan suhu yang terlalu dingin dapat merusak komponen listrik di dalamnya. 

3. Bersihkan Ventilasi Laptop

Penyumbatan pada ventilasi laptop dapat menghambat sirkulasi udara sehingga memudahkan peningkatan suhu pada laptop. Hal ini disebabkan oleh debu dan kotoran yang menghalangi masuknya udara internal serta menutup akses keluarnya panas.

Baca Juga: Temukan 5 Cara Membersihkan Laptop Yang Lemot Dengan Efektif

Temukan lokasi ventilasi pada laptop dan segera lakukan pembersihan agar suhu dapat kembali normal. Lakukan pula pengecekan dan pembersihan rutin untuk menghindari tersumbatnya ventilasi laptop. 

4. Mengurangi Beban Penggunaan

Saat Anda membuka dan menjalankan banyak program, laptop membutuhkan banyak daya pemrosesan dan beberapa komponen harus bekerja lebih keras. Hal ini adalah salah satu alasan mengapa laptop menjadi panas sebab Anda menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. 

Kurangi beban penggunaan laptop dengan menutup aplikasi yang tidak dibutuhkan dan hentikan sambungan perangkat eksternal seperti USB, hardisk, dan lain lain. Selain itu, turunkan resolusi dan kecerahan pada layar untuk membantu meringankan kerja laptop.

5. Memeriksa Pengaturan Daya

Untuk mendinginkan laptop yang panas, Anda dapat memeriksa konfigurasi pengaturan daya laptop. Konfigurasikan daya agar tenaga yang digunakan sesuai dengan kebutuhan laptop. Sehingga, laptop  tidak membutuhkan kecepatan prosesor yang maksimal. Berikut ini merupakan cara konfigurasi pengaturan daya pada laptop:

  • Temukan opsi power & sleep pada menu setting dan klik pada opsi tersebut.
  • Selanjutnya, klik pada additional power setting dan pilih balanced (recommended).
  • Lalu pilih change plan settings dan atur ulang waktu on battery dan plugged in pada bagian waktu mati layar dan perubahan mode sleep.
  • Selanjutnya, klik pada change advanced power setting dan atur waktu yang membolehkan hardisk tetap bekerja saat laptop mati.
  • Selanjutnya klik apply dan OK. Anda Akan kembali pada jendela pengaturan balanced, pada bagian ini klik save changes
  • Selesai. Laptop Anda telah memiliki pengaturan daya yang lebih hemat untuk mencegah mudahnya terjadi panas saat penggunaan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Cas Laptop yang Benar dan Tidak Merusak Laptop?

Demikian tadi merupakan penyebab terjadinya overheat dan cara untuk mengatasinya. Ketika laptop telah dalam kondisi panas akibat durasi penggunaan dan besarnya beban, Anda dapat mencoba beberapa cara di atas untuk mendinginkan laptop. Tetapi apabila masalah overheat terjadi pada komponen di dalam laptop, disarankan untuk melakukan service dan penggantian pada teknisi profesional.

Jika Anda membutuhkan laptop selama masa service laptop, lakukan sewa laptop di IndoRental. IndoRental merupakan tempat sewa perangkat IT tepercaya yang menyediakan berbagai jenis laptop dengan beragam spesifikasi. Sebagai solusi penanganan penyebab laptop overheat, sewa kebutuhan laptop Anda dengan hubungi IndoRental sekarang juga.