Memahami 3 Kelebihan Macbook Air M2 dan Kekurangannya

Memahami 3 Kelebihan Macbook Air M2 dan Kekurangannya

kelebihan macbook air m2
Teknologi

Hingga saat ini, Apple selalu melakukan perkembangan pada produk yang dimilikinya. Sebagai salah satu brand yang terkemuka di dunia, tentu Apple akan mengeluarkan produk yang berkualitas dengan berbagai macam kelebihannya tersendiri, salah satunya adalah kelebihan MacBook Air M2.

MacBook Air M2 sendiri adalah salah satu seri MacBook yang diluncurkan pada tahun 2022 dan merupakan penerus dari generasi sebelumnya, yaitu MacBook Air M1 yang diluncurkan pada tahun 2020 silam.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh laptop satu ini adalah daya pacu yang super cepat, sehingga para pengguna dapat melakukan pekerjaannya secara lancar tanpa mengalami sebuah hambatan.

Tidak hanya itu, MacBook Air M2 juga memiliki beberapa kelebihan yang lainnya. Untuk mengetahui apa saja kelebihan MacBook Air M2, simak penjelasan artikel IndoRental di bawah ini sampai tuntas ya!

Sekilas tentang Macbook Air M2

MacBook merupakan salah satu seri laptop keluaran Apple yang paling populer di kalangan pengguna, bahkan laptop satu ini sering menjadi pilihan bagi para pengguna modern. Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh MacBook adalah desain yang minimalis dan elegan namun dilengkapi dengan performa yang cepat.

Laptop keluaran Apple satu ini sendiri banyak diminati oleh para pekerja di industri kreatif, karena laptop satu ini memiliki retina display yang mampu menampilkan detail warna true tone dengan resolusi yang tinggi. 

MacBook Air M2 merupakan salah satu dari ketiga series laptop yang dimiliki oleh Apple, adapun kedua series laptop lainnya yang dimiliki oleh Apple adalah MacBook dan MacBook Pro.

Seluruh laptop yang dikeluarkan oleh pihak Apple memiliki kelebihan pada kinerja yang cepat sehingga mampu mendukung fungsi yang kompleks sekalipun. Hal tersebut juga berlaku pada series laptop MacBook Air M2.

MacBook Air M2 dihadirkan dengan perangkat prosesor Apple M2 dengan performa 40% lebih cepat jika dibandingkan dengan Apple M1. Chipset M2 dirancang dengan fabrikasi generasi kedua 5 nm dan berbasiskan prosesor octa-core serta Graphics Processing Unit (GPU) dengan jumlah core yang lebih banyak, yaitu hingga 10 core.

Selain itu, chipset ini juga sudah dilengkapi dengan RAM LPDDR5 sebesar 24GB. Pihak Apple sendiri mengklaim bahwa chip M2 sudah dilengkapi dengan mesin pengolah media baru dan ProRes untuk mendukung para pengguna dalam melakukan proses editing video. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan MacBook Air M2. 

MacBook Air M2 juga banyak diminati oleh para pengguna karena desain dan tampilan perangkat yang dimilikinya. Di mana, MacBook Air M2 memiliki body dengan tebal 11,3 mm dan berat sekitar 1,2 kg yang sudah dilengkapi dengan layar panel Liquid Retina dengan diagonal 13,6 inch.

Pilihan warna yang disediakan oleh pihak Apple pada seri MacBook Air M2 juga lebih beragam, di antaranya adalah Starlight, Silver, Midnight, dan Space Gray.

Baca Juga: 5 Perbedaan Macbook Air dan Pro Agar Tak Salah Pilih

3 Kelebihan Macbook Air M2

Sebelum membeli perangkat elektronik, tentu Anda akan melakukan riset terlebih dahulu terhadap kelebihan dan kekurangan pada perangkat elektronik yang Anda pilih. 

Setelah berkenalan sedikit dengan spesifikasi yang dimiliki oleh MacBook Air M2, maka hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah beberapa kelebihan MacBook Air M2, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Daya Kerja yang Super Cepat

Salah satu kelebihan MacBook Air M2 terletak pada daya kerja atau daya pacu yang super cepat sehingga dapat mendukung para pengguna untuk melakukan seluruh kegiatan yang kompleks.

Hal ini dapat terjadi karena MacBook Air M2 sudah ditenagai oleh chipset M2 dengan performa yang lebih andal dari pendahulunya. Selain chipset M2, laptop ini juga dipadukan dengan prosesor CPU 8-core yang dibagi menjadi 2, yaitu untuk performance dan efficiency, di antaranya adalah GPU hingga 10-core, serta Neural Engine 16-core untuk menjalani berbagai aktivitas menjadi lebih lancar. 

2. Baterai yang Tahan Lama 

Kelebihan MacBook Air M2 selanjutnya terletak pada baterai yang dimilikinya, di mana MacBook Air M2 memiliki baterai yang tahan lama. Pada seri laptop ini, pihak Apple membekalinya dengan baterai lithium-polymer 52,6 watt-jam.

Daya baterai yang dimiliki oleh MacBook Air M2 dinilai mampu bertahan hingga 18 jam pada penggunaan yang standar, dan mampu bertahan hingga 15 jam untuk penggunaan yang cukup berat. 

3. Sistem Audio dan Kamera FaceTime yang Berkualitas Tinggi

Pada MacBook Air M2, pihak Apple menghadirkan sistem suara berupa 4 speaker yang dilengkapi dengan Audio Spasial. Di mana, speaker ini dapat memungkinkan para pengguna untuk mendapatkan pengalaman dalam mendengarkan audio yang begitu menghanyutkan. 

Selain itu, MacBook Air M2 juga dilengkapi dengan sistem suara Dolby Atmos yang dapat menghasilkan suara lebih jernih.

Selain kelebihan MacBook Air M2 selanjutnya terletak pada kamera yang dimilikinya. Di mana, MacBook Air M2 memiliki kamera FaceTime HD yang beresolusi 1080p dengan dua kali lipat resolusi dan performa pencahayaan rendah. 

Baca Juga: Mengenal 5 Perbedaan Macbook Dan Laptop Biasa, Mana Yang Lebih Baik?

3 Kekurangan Macbook Air M2

Walaupun MacBook Air M2 dihadirkan dengan banyak kelebihan, namun produk keluaran Apple satu ini juga tidak bisa terlepas dari beberapa kekurangan yang sudah dirasakan oleh para pengguna. Adapun beberapa kekurangan yang dimiliki oleh MacBook Air M2, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Tidak Memiliki Kipas Pendingin

Semenjak tahun 2020, pihak Apple mengeluarkan produk MacBook Air tanpa kipas pendingin. Kipas pendingin pada laptop sendiri berguna untuk mensirkulasikan panas dari prosesor ke dalam laptop sehingga lebih cepat diserap ke suhu ruangan. 

2. Performa SSD yang Lambat

Sayangnya, SSD yang digunakan pada MacBook Pro dan MacBook Air M2 hanya menggunakan kapasitas data sebesar 256GB yang dinilai lebih lambat dari generasi sebelumnya. 

Hal ini dapat terjadi karena Apple menggunakan sistem chip NAND tunggal 256GB pada MacBook Air M2. Sedangkan, pada MacBook Air M1, Apple menggunakan 2 chip NAND guna mendapatkan 256GB (128GB x 2) secara paralel.

Baca Juga: MacBook atau Windows: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

3. Sidik Jari pada Warna Midnight Blue

Salah satu warna yang paling diminati oleh para pengguna dalam seri MacBook Air M2 adalah Midnight Blue. Namun, terdapat beberapa pengguna yang merasa kecewa, karena warna Midnight Blue pada MacBook Air M2 dapat meninggalkan sidik jari yang terlihat ketika digunakan.

Demikianlah informasi mengenai kelebihan MacBook Air M2 yang dapat Anda ketahui. Melalui penjelasan di atas, tentu Anda sudah dapat mengetahui seputar spesifikasi, kelebihan, serta kekurangan yang dimiliki oleh laptop satu ini.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu perangkat elektronik menjadi salah satu hal yang penting untuk Anda lakukan sebelum memutuskan untuk membeli. Karena, dalam membeli perangkat elektronik, terutama untuk kebutuhan kantor atau acara penting sekali memahami spesifikasi, kelebihan, hingga kekurangan dari perangkat elektronik yang ingin Anda beli.

Selain mengetahui ketiga hal tersebut, Anda juga dapat memanfaatkan jasa penyewaan laptop seperti IndoRental. Hal ini dapat mempermudah Anda untuk memenuhi kebutuhan perangkat elektronik.

Dengan jasa penyewaan perangkat elektronik dari IndoRental, secara tidak langsung Anda dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pembelian perangkat elektronik yang dapat membuat Anda mengeluarkan anggaran yang berlebih. Anda bisa menggunakan perangkat terlebih dahulu dan mencari mana yang cocok.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai mekanisme penyewaan laptop di IndoRental, Anda bisa langsung menghubungi tim IndoRental di sini.