Tips Membuat dan Cara Scan Tanda Tangan Digital dengan Mudah

Tips Membuat dan Cara Scan Tanda Tangan Digital dengan Mudah

cara scan tanda tangan
Tips dan Trik

Penggunaan tanda tangan digital di era sekarang makin meningkat, lantaran banyak perusahaan yang menerapkan Work From Home (WFH) setelah adanya pandemi. Sehingga, tanda tangan dokumen dilakukan jarak jauh dengan cara scan tanda tangan atau membuat tanda tangan digital melalui HP. Yuk, simak cara membuat tanda tangan digital di HP dengan mudah dan cepat.

Bagaimana Tips Membuat Tanda Tangan Digital di HP?

Banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat tanda tangan digital di HP dengan cara yang mudah. Misalnya dengan aplikasi Adobe Fill & Sign, Adobe Acrobat Reader, dan Signature Maker. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Menggunakan Aplikasi Fill & Sign

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan pastinya mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Setelah terinstall, Anda perlu melakukan sign up atau registrasi dengan akun baru. Selanjutnya, Anda bisa mulai membuat tanda tangan dengan cara di bawah ini.

  • Klik Pen Tools di bagian kanan atas dan pilih Create Signature.
  • Kemudian Anda akan dihadapkan pada halaman untuk membuat tanda tangan. Anda bisa langsung membuat tanda tangan digital menggunakan jari tangan. Apabila sudah, klik Done pada bagian kanan atas untuk menyimpan tangan tangan tersebut di HP Anda,
  • Bila Anda ingin menambahkan dokumen yang ingin ditandatangani, klik saja ikon + yang berada di tengah aplikasi.
  • Selanjutnya, pilih format dokumen sesuai kebutuhan. Apabila format dokumen PDF, maka pilih From PDF Files. Jika berupa gambar, pilih From the Photo Library. Bila Anda hendak memfoto dokumennya, maka pilih Take a Picture.
  • Dokumen yang Anda lampirkan akan otomatis terbuka. Selanjutnya klik saja Pen Tools pada bagian kanan atas, lalu pilih tanda tangan yang telah Anda buat tadi.
  • Terakhir, Anda bisa mengatur posisi dan ukuran tanda tangan sesuai dengan kebutuhan. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Tanda Tangan Di Word?

2. Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat Reader

Unduh aplikasi Adobe Acrobat Reader melalui Play Store. Jika sudah, buka dokumen PDF yang hendak Anda tandatangani dengan aplikasi ini. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Bila dokumen telah terbuka, klik area yang hendak dibubuhkan tanda tangan. Pada menu yang muncul, pilih opsi Signature.
  • Klik edit untuk mendapatkan ikon pulpen, lalu tekan di area yang hendak ditandatangani.
  • Pada area tersebut, buat tanda tangan digital Anda. Jika sudah, klik ikon centang pada bagian kiri untuk menambahkannya pada dokumen.
  • Klik tanda tangan tersebut untuk mengatur posisinya. Di sini, Anda bisa mengubah posisi, ukuran, dan warna tanda tangan tersebut.
  • Terakhir, simpan dokumen tersebut atau Anda bisa langsung mengirimkannya dengan klik menu Share.

3. Menggunakan Aplikasi Signature Maker

Unduh dan install aplikasinya terlebih dahulu di Play Store. Saat pertama kali dibuka, akan ada sedikit penjelasan mengenai aplikasi ini. Anda klik saja Next hingga penjelasan berakhir. Selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Buat tanda tangan ketika Anda dihadapkan dengan halaman kosong berwarna putih. 
  • Jika tanda tangan telah selesai dibuat, selanjutnya klik ikon + dan pilih Save untuk menyimpan tanda tangan digital di HP Anda. 

Baca Juga: Berbagai Cara Scan Dokumen di HP dengan Mudah

4. Menggunakan Aplikasi PDF Expert

Bagi Anda yang menggunakan iPhone, untuk membuat tanda tangan digital bisa menggunakan aplikasi yang satu ini. Unduh dan install terlebih dahulu di App Store. Apabila sudah terinstall, buka aplikasi dan pilih dokumen PDF yang hendak dibubuhkan tanda tangan digital. Lalu, ikuti tahapan berikut ini dengan benar.

  • Klik Fill & Sign pada bagian paling atas dan pilih Signature.
  • Selanjutnya pilih saja Create New Signature.
  • Buat tanda tangan digital Anda pada halaman kosong yang disediakan. Anda juga bisa mengatur warna dan tingkat ketebalannya.
  • Terakhir, pilih area dokumen yang akan disisipkan tanda tangan digital. Jangan lupa untuk mengatur posisi dan ukurannya supaya sesuai.

Baca Juga: Berbagai Cara Scan Dokumen di HP dengan Mudah

Bagaimana Cara Scan Tanda Tangan?

Selain menggunakan sejumlah aplikasi di atas, membuat tanda tangan digital bisa dilakukan dengan cara scan. Di sini, Anda bisa memanfaatkan sejumlah fitur pada Microsoft Word atau aplikasi scan yang diunduh melalui Play Store dan App Store. Berikut cara scan tanda tangan tersebut.

1. Menggunakan Fitur Aplikasi Scan Tanda Tangan di Word

Sebelum memanfaatkan fitur pada Microsoft Word, foto terlebih dahulu tanda tangan yang Anda buat di kertas menggunakan HP. Selanjutnya, foto tersebut dimasukkan ke dalam Word untuk dilakukan scanning. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Klik menu Insert dan pilih Picture untuk menginput tanda tangan ke dalam Word. 
  • Hilangkan latar belakang pada foto tanda tangan Anda, supaya warnanya tampak sama dengan latar belakang dokumen pada Word. Caranya dengan klik kanan pada gambar dan pilih Format Picture. Lalu klik Picture Color dan pilih Recolor. Pada pilihan warna yang ditampilkan, pilih Black and White 50%.
  • Selanjutnya, untuk menempatkan tanda tangan tersebut klik kanan pada gambar lalu pilih Wrap Text. Setelah itu, pilih In Front of Text.
  • Terakhir, lakukan penyesuaian mengenai ukuran dan jarak tanda tangan dengan kolom tanda tangan yang disediakan pada dokumen.

2. Menggunakan Aplikasi Scanner di HP Android

Aplikasi scanner yang bisa Anda gunakan salah satunya adalah Microsoft Office Lens. Aplikasi ini termasuk mudah untuk digunakan. Unduh dan install terlebih dahulu aplikasi ini. Jika sudah, foto tanda tangan yang Anda buat di kertas, lalu lakukan scanning pada foto tersebut menggunakan aplikasi scanner ini. 

Sebelum menyimpan tanda tangan dengan format gambar, pastikan pilih filter hitam putih supaya latar belakang tanda tangannya tampak bersih. Setelah itu, tambahkan hasil scan tanda tangan ke dokumen Microsoft Word. Kemudian ikuti langkah-langkah scanning tanda tangan menggunakan Word yang telah dijelaskan di atas.

3. Cara Scan Tanda Tangan di HP iOS

Untuk scan tanda tangan digital di HP iOS, Anda tidak perlu repot-repot menggunakan aplikasi pihak ketiga, karena Apple sendiri memiliki fitur notes untuk scan tanda tangan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Notes pada perangkat iPhone Anda; aplikasi ini telah terpasang otomatis pada setiap sistem operasi iOS.
  2. Buat catatan baru dengan mengklik ikon kotak yang memiliki gambar pensil di dalamnya.
  3. Klik lingkaran dengan tanda plus + di dalamnya.
  4. Pada menu yang muncul di atas keyboard, klik ulang lingkaran tanda plus di dalamnya.
  5. Pilih opsi Scan Documents, dan masukkan gambar tanda tangan Anda yang berada pada kertas putih.
  6. Jika gambar belum memuaskan, Anda dapat mengambil foto ulang dengan menekan Retake. Jika sudah memuaskan, klik Keep Scan.
  7. Selanjutnya, Anda dapat mengedit foto tanda tangan, seperti memotong atau memutar sesuai kebutuhan Anda.
  8. Setelah selesai mengedit, klik Done di sudut kiri atas untuk menyimpan hasil scan tanda tangan Anda. Proses selesai!

Baca Juga: Bagaimana Cara Scan di Printer Epson? Cek Caranya di sini

Bagaimana Cara Menyimpan Tanda Tangan dan Menggunakannya di Word?

Suatu saat nanti, mungkin akan diperlukan metode pemindaian tanda tangan ini. Kini, Anda hanya perlu menyimpan tanda tangan tersebut, sehingga tidak perlu membuatnya lagi di kemudian hari. Caranya adalah dengan mengambil foto atau gambar tanda tangan yang ingin disimpan. Selanjutnya, pilih “Explore Quick Part” dan klik “Auto Text”. Setelah itu, pilih “Save Selection to Autotext Gallery”. Isi nama file yang diinginkan pada kolom yang muncul, lalu klik “Ok”. Dengan langkah ini, tanda tangan Anda sudah bisa tersimpan.

Berikutnya, terdapat cara praktis untuk menggunakan tanda tangan yang sudah disimpan tadi. Caranya adalah dengan menempatkan kursor pada posisi yang diinginkan untuk menempatkan tanda tangan. Anda bisa memilih ribbon “Explore Quick Part” dan pilih “Auto Text”. Setelah itu, cari nama file yang telah disimpan dan klik dokumen tersebut. Nantinya, tanda tangan Anda akan muncul secara otomatis.

Demikian tips membuat dan cara scan tanda tangan digital dengan mudah menggunakan berbagai aplikasi gratis. Jika Anda mengalami kesulitan membuat tanda tangan menggunakan HP karena layar yang terlalu kecil, Anda bisa menggunakan device lain dengan layar yang lebih besar seperti tablet. 

Apakah Anda sedang membutuhkan tablet untuk menunjang kebutuhan sehari-hari? Jika jawabannya iya, Anda bisa sewa tablet di IndoRental dengan beragam durasi peminjaman, bisa harian, mingguan, bahkan tahunan. Harga peminjaman yang ditawarkan juga terjangkau, bahkan bisa mendapatkan harga khusus apabila menyewa dalam jumlah banyak. Penasaran? Hubungi IndoRental sekarang juga untuk mendapat informasi lebih lanjut.