Memahami 2 Cara Menggunakan Aplikasi CamScanner untuk Scan Dokumen

Memahami 2 Cara Menggunakan Aplikasi CamScanner untuk Scan Dokumen

cara menggunakan aplikasi camscanner
Tips dan Trik

Apakah Anda sudah memahami cara menggunakan aplikasi CamScanner? Aplikasi CamScanner belakangan cukup populer karena kemudahannya dalam melakukan pemindaian dokumen. Tanpa perlu lagi menggunakan alat scanner, setiap orang hanya perlu mengunduh aplikasi dan menggunakannya. 

Namun apakah hasilnya cukup bagus? Apakah hasilnya memuaskan seperti alat scanner pada umumnya? Mengapa banyak orang akhirnya menggunakan aplikasi CamScanner? 

Pada kesempatan ini Anda akan diajak memahami informasi mengenai aplikasi CamScanner sekaligus kelebihan dan cara menggunakannya. Langsung saja simak informasinya di bawah ini!

Apa Kelebihan CamScanner?

Kelebihan yang dimiliki aplikasi CamScanner dapat menjadi alasan mengapa banyak orang menggunakannya. Memang apa saja kelebihan aplikasi CamScanner sampai lebih dari 360 juta orang di dunia memilih untuk mengunduh dan menggunakannya? Berikut beberapa kelebihannya. 

1. Mudah Digunakan

Aplikasi CamScanner sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu membuka Play Store atau App Store lalu mengunduhnya. Setelah terpasang, maka aplikasi tinggal dibuka dan digunakan. 

2. Hasil Cukup Baik

Meskipun hanya menggunakan kamera ponsel, hasilnya tetap baik. Apalagi kamera ponsel saat ini sudah sangat bagus. Setidaknya kamera ponsel sudah dilengkapi dengan resolusi yang cukup tinggi, yakni berkisar antara 13-48 MP. Apabila kamera ponsel Anda sudah dilengkapi dengan resolusi MP dalam kisaran tersebut maka scan yang dihasilkan pasti baik. 

3. Memiliki Fitur Crop

Aplikasi CamScanner juga memiliki fitur crop atau memotong gambar. Keberadaan fitur ini memampukan setiap pengguna untuk melakukan penyesuaian gambar yang telah dipotret kamera. Saat memotret, pasti ada space di sekeliling dokumen yang tidak ingin Anda masukkan. Untuk keadaan inilah fitur crop hadir. 

4. Dapat di Share ke Berbagai Media

Setelah dipotret dan di-crop, hasil scan dokumen akan langsung jadi. Anda bisa menyimpannya di galeri ponsel atau bahkan membagikannya ke berbagai media. 

Ketika Anda memilih ingin membagikan, terdapat banyak pilihan media sosial yang tersedia. Tinggal pilih logo media sosial tersebut lalu dokumen PDF Anda akan dibagikan.

Baca Juga: Berbagai Cara Scan Dokumen di HP dengan Mudah

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi CamScanner?

Setelah melihat berbagai kelebihan yang dimiliki aplikasi CamScanner, apakah Anda berminat menggunakannya? Seperti yang sudah disebutkan, penggunaannya cukup mudah, bahkan sangat sederhana. Siap belajar? 

Perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini: 

  1. Buka Play Store atau App Store, lalu ketik “CamScanner” di bar pencarian. 
  2. Klik aplikasi CamScanner, lalu klik “Download” atau “Unduh”.
  3. Tunggu beberapa saat sampai aplikasi terpasang atau terinstal secara sempurna.
  4. Buka aplikasi lalu Anda dapat memilih untuk melakukan login atau tidak. 
  5. Setelah melewati bagian login maka aplikasi siap digunakan untuk scanning dokumen. 

1. Men-scan Dokumen

Melakukan scanning dokumen tidak sulit. Setelah aplikasi terbuka, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen. Taruh dokumen tersebut di atas permukaan datar supaya scanning dapat dilakukan dengan baik. 

Anda bahkan dianjurkan untuk melakukan scan di tempat yang memiliki pencahayaan cukup. Jadi hasil scan akan terlihat lebih jelas dan profesional seperti menggunakan alat scanner. Jika semua pengaturan sudah siap, maka Anda bisa langsung mengarahkan kamera ponsel ke dokumen lalu tekan tombol untuk memotret. 

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke proses pengeditan. Dalam proses ini aplikasi CamScanner menyediakan berbagai filter yang bisa digunakan untuk membuat hasil scan makin jelas. Anda bisa mengatur pencahayaan supaya dokumen lebih terang atau redup. 

Anda juga bisa melakukan crop atau memotong bagian yang tidak dibutuhkan. Terakhir Anda hanya perlu memilih pilihan “Save” dan dokumen telah berhasil discan.

Baca Juga: 2 Cara Scan Tanda Tangan dengan Mudah

2. Mengubah Hasil Scan Menjadi PDF

Bagaimana cara mengubah hasil scan dokumen menjadi PDF? Anda hanya perlu membuka aplikasi CamScanner lalu pilih hasil scan yang ingin diubah menjadi PDF. Cari dan pilih tulisan “Share”. 

Keberadaan tulisan ini berbeda-beda tergantung ponsel yang digunakan. Anda dapat menemukannya di bagian atas kanan atau di bawah paling kiri. Kemudian di layar Anda akan muncul pilihan untuk menjadikannya PDF, Word, gambar atau tulisan. Pilih PDF dan pilih media sosial tujuan Anda. Sudah berhasil? Berarti semua proses scanning telah selesai. 

Baca Juga: Cara Menggabungkan File Word ke PDF Tanpa Aplikasi Online

Bagaimana? Penggunaannya sangat mudah, bukan? Anda pasti berhasil mengikuti setiap langkah scanning yang sudah dijelaskan di atas. Saat ini ponsel yang Anda gunakan sudah bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. 

Selain mempermudah, keberadaannya juga meningkatkan produktivitas. Ingin lebih produktif saat bekerja? Anda bisa sekaligus sewa tablet supaya pekerjaan yang bisa diselesaikan makin banyak dalam waktu bersamaan. 

Anda bisa menyewa tablet di tempat yang aman dan tepercaya seperti IndoRental. Pilih saja tipe tablet yang ingin disewa, lalu hubungi tim IndoRental. Setelah berbincang soal waktu sewa dan harga maka tablet akan langsung dikirimkan ke tempat Anda berada. 

Mudah, bukan? Segera sewa tablet yang Anda butuhkan di IndoRental sekarang juga! Semoga informasi cara menggunakan aplikasi CamScanner ini bermanfaat bagi Anda!