Cara Mengetahui Versi Android dan Cara Update

Cara Mengetahui Versi Android dan Cara Update

cara mengetahui versi android
Tips dan Trik

Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan smartphone masa kini. Untuk mengoptimalkan fungsi sistem operasi perangkat lunak dan aksesibilitas, Android perlu melakukan update atau memperbarui versi terbarunya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengetahui versi sistem operasi Android dan cara melakukan update.

Handphone (HP) sendiri telah menjadi kebutuhan primer untuk menunjang aktivitas setiap orang. Ketika sistem operasinya merupakan versi lama, tentunya dapat menyebabkan beberapa masalah fungsional. Guna mengetahui versi Android di HP, Anda dapat melakukan beberapa langkah mudah. Apabila masih dalam versi lama, segera lakukan update.

Sekilas tentang OS Android

Menurut informasi dari techtarget.com, OS Android adalah sebuah sistem operasi yang awalnya dikembangkan oleh perusahaan Android Inc, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Silicon Valley, sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada tahun 2005.

Selain digunakan di perangkat seluler, sistem ini juga telah diimplementasikan pada televisi dan jam tangan. Bahkan, saat ini telah ada mobil yang menggunakan sistem Android untuk menjalankan berbagai fitur yang ditawarkan. Dukungan untuk pengembangan ini didorong oleh kode sumber terbuka yang dirilis untuk sistem operasi tersebut.

Keberadaan kode sumber terbuka tersebut memberikan kesempatan kepada para pengembang untuk menciptakan inovasi teknologi baru dengan cepat. Saat ini, sistem Android untuk perangkat seluler telah mencapai versi Android 15.

Bagaimana Cara Mengetahui Versi Android?

Setelah mengetahui pentingnya update OS Android, Anda perlu mengecek versi pada HP saat ini. Untuk cek versi Android yang terinstal pada perangkat, Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara berikut ini.

1. Melalui Menu Pengaturan

Buka menu Pengaturan pada perangkat Anda, kemudian scroll ke bawah hingga menemukan bagian “Tentang telepon” atau “About Phone”. Di sana, Anda akan dapat menemukan informasi tentang versi Android yang terinstal.

2. Menggunakan Nomor Versi

Anda juga dapat mengetahui versi Android dengan melihat nomor versi yang tertera di menu Pengaturan. Nomor versi terdiri dari tiga angka yang dipisahkan oleh titik. Contohnya, versi Android 5.0 Lollipop menggunakan nomor versi “5.0”.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada banyak aplikasi yang dapat membantu Anda mengetahui versi Android yang terinstal pada perangkat. Anda dapat mencari di Google Play Store atau toko aplikasi lainnya untuk menemukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: 4 Cara Cek IMEI HP Android dan iPhone Terdaftar atau Tidak

Bagaimana Cara Update Versi Android?

Update versi Android dapat dilakukan secara mandiri dan tidak memerlukan tambahan peralatan apapun. Untuk memperbarui versi Android terbaru pada perangkat Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. HP Terhubung ke Internet

Pastikan perangkat Anda terhubung ke internet, baik melalui jaringan Wi-Fi atau data seluler. Update Android memerlukan koneksi internet karena update tersebut biasanya terdiri dari file-file yang harus diunduh dari server Google atau produsen perangkat. File-file tersebut kemudian diinstal pada perangkat Anda untuk meng-update versi Android yang terinstal. Tanpa koneksi internet yang stabil, proses update tidak dapat dilakukan dengan benar, dan bisa terjadi gagal update atau kerusakan pada perangkat Anda.

2. Buka Pengaturan

Pertama-tama, buka menu pengaturan di HP Anda. Cari opsi “Sistem” atau “Tentang telepon”. Scroll ke bawah hingga menemukan bagian “Sistem” atau “Tentang telepon”, kemudian tap untuk membuka opsi tersebut.

Baca Juga: 3 Cara Cek Frekuensi Jaringan Di HP Android Dan Iphone

3. Pilih Update Sistem

Pilih opsi “Software update” atau “Update sistem”. Jika tersedia update, Anda akan diberikan pilihan untuk mengunduh dan menginstall update Android versi terbaru tersebut.

4. Ikuti Instruksi

Ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses update. Pastikan untuk tidak mengeluarkan perangkat dari jangkauan internet selama proses update berlangsung.

5. Tunggu Proses Update

Tunggu hingga proses update selesai. Jika update berhasil, perangkat Anda akan meminta untuk di-reboot. Ikuti instruksi tersebut untuk menyelesaikan proses update.

Itulah tadi cara mengetahui versi Android dan cara update yang dapat Anda coba. Meskipun memakan waktu cukup lama, tetapi update versi Android dapat memberikan banyak keuntungan. Selalu pastikan Android dalam versi terbaru sehingga Anda dapat dengan bebas mengakses fitur-fitur dalam perangkat.

Apa Saja Urutan Daftar Versi Android dari Awal Sampai Saat Ini?

Untuk mengetahui sejarah dan urutan versi sistem operasi Android dari awal hingga yang terbaru saat ini, berikut adalah daftar lengkapnya.

  • Android versi 1.0 Astro (Alpha)
  • Android versi 1.1 Bender (Beta)
  • Android versi 1.5 Cupcake
  • Android versi 1.6 Donut
  • Android versi 2.0 Eclair
  • Android versi 2.2 Froyo (Frozen Yoghurt)
  • Android versi 2.3 Gingerbread
  • Android versi 3.0 Honeycomb
  • Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich
  • Android versi 4.1 Jelly Bean
  • Android versi 4.4 Kitkat
  • Android versi 5.0 Lollipop
  • Android versi 6.0 Marshmallow
  • Android versi 7.0 Nougat
  • Android versi 8.0 Oreo
  • Android versi 9.0 Pie
  • Android version 10.0 Q
  • Android 11 (Red Velvet Cake)
  • Android 12 (Snow Cone)
  • Android 13 (Tiramisu)
  • Android 14 (Upside Down Cake)
  • Android 15 (Vanilla Ice Cream)

Baca Juga: Apa Itu Chipset HP Android? Ini Fungsi Dan Jenis-Jenisnya

Sedang membutuhkan laptop untuk menunjang aktivitas bisnis di kantor? Anda dapat mengandalkan jasa rental laptop berkualitas di Indorental. Tidak hanya laptop, kami juga menyediakan jasa rental perangkat teknologi lainnya seperti sewa handphone. Yuk hubungi Indorental sekarang juga, solusi rental perangkat teknologi terpercaya khusus untuk Anda.