Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop dengan Mudah dan Cepat

cara mengetahui spesifikasi laptop
Tips dan Trik
Anda perlu tahu bahwa cara mengetahui spesifikasi laptop sangatlah mudah dan bahkan ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencari informasi lengkap mengenai spesifikasi laptop. Sebelum kami membahas lebih lanjut mengenai cara mengetahui spesifikasi laptop, apa saja sih informasi yang dapat diketahui melalui spesifikasi laptop? Dalam informasi spesifikasi laptop, Anda dapat mengetahui beberapa komponen pada perangkat komputer mulai dari model laptop yang digunakan, kecepatan prosesor, hingga seberapa bagus kemampuan laptop tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui berapa banyak ruang kapasitas penyimpanan pada laptop yang digunakan hingga kemampuan adapter jaringan seperti ethernet ataupun WiFi. Sekarang, setelah mengetahui apa itu spesifikasi laptop, kami akan memberikan informasi yang dapat Anda gunakan untuk mencari tahu spesifikasi dari laptop yang digunakan. Cara ini tentu saja dapat digunakan untuk mengetahui spesifikasi komputer, namun khusus bagi pengguna sistem operasi Windows saja.

Bagaimana Cara Mengecek Spesifikasi Laptop Windows?

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk cek spesifikasi laptop Windows, baik melalui aplikasi bawaan atau dengan menggunakan aplikasi pihak ke tiga. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba.

1. Melalui Kemasan Kardus Laptop

Cara pertama mengetahui spesifikasi laptop adalah melihat keterangan spesifikasi pada saat Anda membeli laptop. Pada kemasan tersebut, seharusnya terdapat data atau informasi detail mengenai spesifikasi laptop dan kapasitasnya dengan cepat dan mudah tanpa harus mengeceknya dari dalam perangkat lunak laptop.

2. Melalui This PC atau My Computer

Cara mengetahui spek laptop yang pertama dan tentunya sangat mudah untuk dilakukan adalah dengan melalui ‘This PC’ atau ‘My Computer’ Anda. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan masuk ke dalam ‘Windows Explorer’ atau cukup menekan tombol ‘Windows + E’ secara bersamaan, kemudian cari ‘This PC’ pada kolom di sebelah kiri. Setelah itu, klik kanan pada ‘This PC’ kemudian pilih ‘Properties’. Maka selanjutnya layar laptop Anda akan menampilkan spesifikasi laptop secara rinci. Cara ini mudah sekali, bukan?

3. Melalui Settings

Cara mengecek spek laptop yang kedua adalah melalui ‘Settings’. Anda hanya perlu masuk ke dalam bagian ‘Settings’ pada laptop. Caranya klik menu start dan kemudian pilih menu ‘System’ > ‘About’, kemudian spesifikasi laptop akan muncul persis seperti rincian informasi bila menggunakan cara pertama.

4. Menggunakan Command Prompt

Kata ‘command prompt’ pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda sebagai pemilik laptop ataupun komputer, bukan? Secara penjelasan awamnya, ‘command prompt’ adalah sebuah software yang dapat digunakan dengan memasukkan perintah-perintah tertentu. ‘Command prompt’ ini juga dapat digunakan untuk mengetahui spesifikasi laptop yang Anda gunakan. Anda hanya perlu masuk ke dalam ‘Command Prompt’ melalui kolom search bar, kemudian masukan kata “systeminfo’ lalu tekan enter dan seluruh rincian spesifikasi laptop akan ditampilkan.

5. Menggunakan DXdiag

Cara cek spek laptop lainnya yaitu menggunakan DXdiag. DXdiag atau DirectX Diagnostic Tools merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui spesifikasi laptop. Caranya sangat mudah, pada sistem operasi Windows 10, 8, 7, atau tipe versi sistem operasi diatasnya Anda dapat langsung menekan tombol ‘Windows + R’ secara bersamaan, kemudian akan muncul comment box. Masukkan “dxdiag” pada kolom yang tersedia lalu klik ‘OK’. Setelahnya, Anda akan melihat tampilan layar DirectX Diagnostic Tool. Di dalamnya, Anda akan melihat tampilan spesifikasi laptop atau komputer yang digunakan saat ini. Cara lain juga dapat menggunakan windows explorer dan mengetikan “dxdiag” di dalamnya.

6. Melalui CPU Z atau Software Speecy

Jika Anda tidak dapat mengecek spesifikasi PC atau laptop Windows dengan beberapa langkah di atas karena suatu alasan, Anda masih dapat mengecek spesifikasi laptop Windows dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Anda dapat menemukan software seperti CPU Z atau Software Speecy. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi tersebut, salah satu saja, untuk dapat mengetahui spesifikasi laptop dan komputer yang Anda gunakan.
Baca juga: 4 Indikator Laptop yang Bagus Untuk Kerja

Bagaimana Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Macbook?

Macbook adalah salah satu laptop yang sering digunakan selain laptop dengan OS Windows. Berbeda dengan OS Windows, untuk menampilkan informasi spesifikasi laptop Macbook relatif lebih mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Klik logo Apple pada menu bar
  • Pilih About My Mac
  • Kini kamu bisa melihat spesifikasi umumnya
Jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih rinci tentang spesifikasi laptop Macbook, maka Anda bisa menggunakan langkah berikut ini:
  • Klik logo Apple di menu bar
  • Tekan tombol Option di keyboard
  • Klik System Information
Baca juga: 2 Cara Mengatasi Not Responding dengan Mudah

Bagaimana Cara Membaca Spesifikasi Laptop?

Mungkin beberapa dari Anda ada yang bingung, setelah spesifikasi laptop muncul pada layar monitor, lalu bagaimana cara membacanya? Apa itu CPU, RAM, VGA, dan lainnya? Oleh karena itu, simak pembahasan berikut ini karena IndoRental akan menjelaskan secara rinci mengenai cara membaca spesifikasi laptop, yaitu:
  • CPU (Central Processing Unit) / Processor: Bisa dibilang, processor adalah part terpenting di balik berjalannya sebuah laptop atau komputer. Mayoritas laptop menggunakan processor dari produk Intel Core. Semakin tinggi angka seri dari produk Intel Core sebuah laptop, maka semakin tinggi pula kemampuan kerjanya. Sebagai contoh, Core i5 tentu lebih baik dari Core i3, namun Core i7 merupakan processor keluaran Intel yang lebih baik lagi.
  • RAM / Memory: RAM menunjukkan kapasitas kerja maksimum dari sebuah laptop. Biasanya ukuran RAM terdiri dari 4GB, 8GB, dan 16GB.
  • Storage Unit: Anda tentu tahu dan paham betul bahwa storage unit menunjukkan seberapa besar kapasitas ruang penyimpanan pada laptop, bukan?
  • Display: Spesifikasi laptop juga dapat menunjukkan spesifikasi layar yang digunakan. Biasanya Anda dapat mengetahui apakah layar laptop yang digunakan menggunakan layar LED atau LCD.
  • Sistem Operasi: Anda juga dapat mengetahui sistem operasi Windows manakah yang dipasang pada laptop tersebut.
  • VGA: Tingginya kualitas layar laptop bergantung pada seberapa bagus VGA yang digunakan. Jika Anda memiliki keperluan desain ataupun gaming, maka sangat penting untuk mencari laptop dengan VGA yang baik.
Dari keempat cara di atas, cara manakah yang akan Anda coba untuk mengetahui spesifikasi laptop dengan mudah? Seluruh cara di atas terlihat sangat mudah sekali untuk dilakukan, bukan? Itulah dia cara cek spesifikasi laptop, baik spesifikasi laptop windows 10 atau pun Macbook, yang dapat Anda jadikan panduan. Mengetahui spesifikasi laptop sangatlah penting. Karena, dengan mengetahui spesifikasi laptop, Anda dapat mengetahui apa saja yang dapat Anda lakukan dengan laptop tersebut. Setiap jenis pekerjaan tentunya akan membutuhkan spesifikasi komputer atau laptop yang berbeda. Sebagai informasi tambahan, IndoRental akan memiliki jasa penyewaan alat-alat elektronik seperti printer, mesin fotocopy, komputer, bahkan hingga laptop. Oleh karena itu, jika ada yang membutuhkan laptop untuk urusan pekerjaan, khususnya untuk yang tinggal di daerah Bandung, silakan gunakan jasa layanan sewa laptop perusahaan dari IndoRental dan jangan lupa untuk melakukan percobaan dari salah satu cara mengetahui spesifikasi laptop di atas karena siapa tahu, spesifikasi laptop kami merupakan spesifikasi laptop yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan Anda.
Baca juga: 3 Cara Melihat Kapasitas Baterai Laptop dengan Mudah