Pahami 6 Cara Mengecilkan Ukuran PDF di Laptop Dengan Mudah

Pahami 6 Cara Mengecilkan Ukuran PDF di Laptop Dengan Mudah

cara mengecilkan ukuran PDF di laptop
Tips dan Trik

Mungkin Anda pernah melampirkan sebuah file namun gagal karena ukuran yang terlalu besar dan mencoba cara mengecilkan ukuran PDF di laptop. Bukan tidak mungkin, Anda akan bertemu dengan situs web atau aplikasi yang memiliki banyak aturan untuk dapat digunakan atau bahkan berbayar. 

Dokumen PDF umumnya menjadi sebuah dokumen pendukung yang harus dilampirkan dengan ukuran tertentu. Ukuran sebuah dokumen PDF dapat dipengaruhi oleh banyaknya halaman dokumen hingga kualitas gambar yang terdapat di dalamnya. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengecilkan ukuran PDF di laptop? Berikut penjelasan selengkapnya untuk Anda.

Bagaimana Cara Mengecilkan Ukuran PDF di Laptop?

Mengikuti perkembangan teknologi, saat ini banyak situs web yang telah menyediakan layanan kompres PDF sehingga membantu mengecilkan ukuran aslinya. Namun Anda perlu berhati hati dalam penggunaan sebuah situs karena dapat menjadi sarang malware. Berikut beberapa situs online mudah dan tepercaya yang dapat Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran PDF:

1. Situs Smallpdf

Situs pertama yang dapat mengecilkan ukuran PDF adalah Smallpdf. Situs Smallpdf memiliki banyak fitur berkaitan dengan dokumen PDF yang dapat digunakan secara gratis. Cara menggunakannya pun cukup mudah, ikuti langkah berikut:

  • Pertama kunjungi situ Smallpdf.com kemudian temukan menu pilihan compress PDF dan klik pada fitur tersebut.
  • Selanjutnya, klik choose file dan pilih dokumen PDF yang akan dikompres.
  • Setelah proses unggah selesai, terdapat 2 pilihan yaitu basic compression dan strong compression. Untuk mengecilkan dokumen secara gratis, klik pada pilihan basic compression
  • Tunggu hingga proses kompres dokumen selesai. Jika sudah, unduh hasil dan dokumen sudah berukuran lebih kecil dibandingkan dengan aslinya.

Baca Juga: Miliki 9 Aplikasi PDF di Laptop Anda Sekarang

2. Situs iLovePDF

Situs iLovePDF menyediakan berbagai fitur untuk mengedit PDF yang seluruhnya dapat digunakan secara gratis. iLovePDF dapat mengubah ukuran dokumen PDF, mengubah PDF menjadi powerpoint, hingga fitur terbarunya yang membolehkan pengguna mengedit dokumen PDF. Berikut merupakan cara mengubah ukuran PDF menggunakan ilovePDF:

  • Pertama, kunjungi situs ilovepdf.com. Pada halaman utama situs, akan tertera berbagai fitur. Untuk mengubah ukuran PDF, klik pada pilihan compress PDF.
  • Selanjutnya klik pada choose file PDF dan pilih dokumen PDF yang dibutuhkan atau dapat menarik dokumen dari lokasi penyimpanan langsung pada situs iLovePDF.
  • Kemudian pilih level compression sesuai dengan kebutuhan. Disarankan untuk memilih level recommended compression untuk mendapatkan hasil kompres yang baik. 
  • Selanjutnya klik compress PDF dan tunggu hingga proses selesai.
  • Unduh hasil dan dokumen telah memiliki ukuran yang lebih kecil.

3. Situs EasePDF

Situs EasePDF dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran PDF. EasePDF memiliki layanan berbayar untuk beberapa fitur, namun Anda tetap dapat menggunakan fitur compress PDF secara gratis. EasePDF dapat diunduh sebagai software pada laptop atau komputer. Berikut merupakan langkah mengecilkan ukuran PDF di EasePDF:

  • Kunjungi situs easepdf.com dan temukan fitur compress file lalu klik pada fitur tersebut.
  • Selanjutnya klik add file dan pilih dokumen yang dibutuhkan.
  • Pilih compression level yang berada pada bagian bawah dokumen yang akan dikompres. Makin tinggi angka level yang dipilih, makin baik kualitas yang dihasilkan.
  • Selanjutnya, klik compress file dan tunggu hingga proses kompres selesai.
  • Setelah selesai, unduh hasil kompres dan dokumen telah berhasil dikompres.

Pada situs EasePDF apabila digunakan secara gratis, maka proses kompres yang dibutuhkan sedikit lebih lama dibandingkan dengan pengguna yang memiliki akses berbayar.

Baca Juga: Cara Menggabungkan File Word ke PDF Tanpa Aplikasi Online

4. Situs PDFCompressor

Situs PDFCompressor merupakan situs kompres PDF yang tersedia dalam beragam bahasa. Situs ini juga cukup mudah untuk digunakan, berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi situs pdfcompressor.com. Pada situs ini, Anda akan langsung berada pada halaman kompres PDF sehingga tidak perlu mencari fitur terkait.
  • Klik pada pilihan unggah file dan pilih dokumen yang dibutuhkan.
  • PDFCompressor akan secara otomatis mengunggah dan memproses dokumen tanpa melakukan klik apa pun.
  • Ketika proses selesai, unduh dokumen dengan ukuran yang lebih kecil.

Seluruh situs di atas dapat digunakan untuk mengecilkan dokumen PDF dalam jumlah banyak sekaligus. Apabila dokumen tidak diperlukan menjadi satu kesatuan, unduh satu per satu dokumen saat proses selesai. Tetapi apabila dokumen dibutuhkan dalam satu kesatuan, unduh secara bersamaan dengan pilihan unduh semua dan dokumen akan berbentuk ZIP.

Bagaimana Cara Mengecilkan File PDF di Laptop Dengan Software?

Selain menggunakan berbagai situs di internet, dapat juga mengecilkan file PDF dengan software di Laptop. Beberapa software telah tersedia di laptop dan beberapa lainnya mengharuskan pengguna untuk mengunduh terlebih dahulu. Berikut merupakan beberapa software yang dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran PDF:

1. Aplikasi Microsoft Word

Selain digunakan untuk membuat dan mengubah dokumen, Microsoft Word dapat juga digunakan untuk mengecilkan ukuran PDF. Tetapi, fitur ini hanya berlaku pada Microsoft Word seri di atas tahun 2013. Berikut merupakan cara mengompres PDF melalui perangkat lunak ini:

  • Buka aplikasi Microsoft Word dan pilih menu file, kemudian klik open untuk memilih dokumen yang akan dikompres.
  • Selanjutnya dokumen akan langsung diubah oleh Microsoft Word dan dapat dilakukan pengubahan. 
  • Kemudian pilih save as untuk menyimpan sebagai dokumen baru dan ubah format penyimpanan docx menjadi PDF. 
  • Selanjutnya, klik pada pilihan optimize for: minimum size agar dokumen tersimpan dalam ukuran kecil.
  • Terakhir, klik save dan dokumen telah tersimpan dengan ukuran yang lebih kecil.

Baca Juga: Apa itu Word Processor?

2. Aplikasi Adobe Acrobat

Aplikasi Adobe Acrobat memang hadir sebagai aplikasi khusus untuk kebutuhan PDF. Pengguna dapat mengubah, membuat, mengunci, bahkan mengecilkan PDF dengan mudah dalam satu aplikasi tanpa mengubah tatanan dokumen. Berikut langkah mengecilkan ukuran PDF menggunakan Adobe Acrobat:

  • Sebelum menggunakan, pastikan Anda telah menginstal aplikasi Adobe Acrobat.
  • Jika sudah, buka aplikasi dan klik pada bagian file. Selanjutnya klik open dan pilih dokumen yang akan dikompres.
  • Kemudian klik kembali pada bagian file dan klik pada menu save as other. Pada bagian save as other klik pada pilihan reduced size PDF. 
  • Klik ok pada pemberitahuan yang muncul dan tunggu hingga proses kompres selesai.
  • Setelah selesai, dokumen telah tersimpan dengan ukuran baru yang lebih kecil

Demikian merupakan beberapa situs dan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran PDF. Saat memilih untuk menggunakan aplikasi, perhatikan seri software serta fitur di dalamnya dan pastikan laptop Anda mendukung. Apabila memiliki kendala pada laptop, Anda dapat melakukan sewa perangkat. 

IndoRental menyediakan layanan untuk penyediaan laptop baik dalam jumlah kecil maupun besar. Anda dapat memperoleh harga terbaik dengan kualitas perangkat yang tentunya berkualitas untuk setiap kebutuhan. Dengan penjelasan cara mengecilkan ukuran PDF di laptop tersebut, kunjungi layanan sewa laptop jakarta IndoRental sekarang juga.