Begini Cara Mengaktifkan WPS di Router dengan Mudah!

Begini Cara Mengaktifkan WPS di Router dengan Mudah!

cara mengaktifkan wps di router
Teknologi

Apakah Anda ingin menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi tanpa perlu memasukkan kata sandi yang rumit? WPS adalah solusi yang tepat untuk itu! Fitur ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi dengan mudah dan aman, tanpa perlu repot memasukkan kata sandi. Lantas, Bagaimana cara mengaktifkan WPS di router? Simak informasi selengkapnya di bawah ini untuk menemukan jawabannya!

Apa Itu WPS?

Sebelum membahas cara mengaktifkan WPS di router, mari pahami terlebih dahulu pengertian WPS beserta kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian WPS

WiFi Protected Setup (WPS) atau terkadang disebut Quick Secure Setup (QSS) adalah protokol keamanan yang dirancang untuk menyederhanakan proses koneksi antara perangkat seperti laptop, smartphone, atau printer dengan router. Sederhananya, WPS memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi tanpa harus mengingat atau memasukkan kata sandi yang rumit.

Kelebihan WPS

WPS menawarkan dua kelebihan utama untuk Anda dalam penggunaannya. Berikut kelebihannya:

1. Mudah Digunakan

WPS memberikan solusi yang mudah untuk menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi. Metode push-button atau penggunaan PIN membebaskan Anda dari beban mengingat kata sandi yang rumit. Hal ini tentunya mempermudah proses koneksi perangkat ke jaringan.

2. Hemat Waktu

WPS juga dapat mempercepat proses koneksi perangkat baru ke jaringan WiFi. Cukup menggunakan tombol fisik atau PIN, Anda tidak lagi harus memasukkan kata sandi. Hal ini bermanfaat untuk situasi di mana banyak perangkat yang perlu dihubungkan dengan cepat.

Baca Juga: Inilah 3 Cara Melihat IP Address Komputer

Kekurangan WPS

Fitur WPS yang dirancang untuk mempermudah koneksi perangkat ke jaringan WiFi memiliki kelemahan, terutama terkait dengan keamanan. WPS yang menggunakan metode PIN memungkinkan serangan brute force, di mana hacker dapat mencoba berbagai kombinasi PIN secara otomatis hingga menemukan kombinasi Pin yang benar.

Selain itu, saat ini sudah banyak aplikasi pembobol WiFi yang dapat diunduh dengan mudah. Orang yang memiliki pengetahuan terbatas pun dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan serangan dan mencoba membobol jaringan WiFi Anda.

Cara Mengaktifkan WPS di Router

Terdapat dua cara untuk mengaktifkan WPS di router. Anda dapat mengaktifkannya dengan menekan tombol, dan mengubah status pengaktifan di antarmuka router. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan WPS di router.

Mengaktifkan dengan Tombol

Berikut cara mengaktifkan WPS di router dengan menekan tombol.

1. Cari Tombol WPS pada Router: Biasanya, tombol ini berlabel “WPS” dan dapat ditemukan di bagian belakang atau samping router.

2. Tekan tombol WPS pada router: Tekan tombol WPS sehingga lampu indikator mulai berkedip warna oranye, yang menandakan router sedang mencari perangkat untuk dihubungkan.

3. Hubungkan Perangkat ke Jaringan WiFi: Pada perangkat yang ingin dihubungkan (misalnya laptop atau smartphone), buka pengaturan WiFi. Temukan nama jaringan WiFi (SSID) yang sesuai dengan router. Pilih SSID tersebut, dan perangkat akan terhubung tanpa perlu memasukkan kata sandi.

Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal TV Digital agar Tontonan Bervariasi

Mengaktifkan di Antarmuka

Berikut cara mengaktifkan WPS di router dengan mengubah status di halaman antarmuka.

1. Hidupkan Router: Sambungkan router ke sumber daya listrik dan pastikan lampu indikator pada router menunjukkan bahwa router telah dinyalakan.

2. Colokkan Kabel LAN ke Laptop: Gunakan kabel LAN yang tersedia untuk menghubungkan router dengan laptop atau perangkat lainnya. Tunggu sejenak untuk memastikan koneksi terbentuk secara baik.

3. Buka Browser dan Masuk ke Antarmuka Router: Ketik alamat IP router pada bilah alamat browser. Alamat IP ini dapat bervariasi tergantung pada merek dan model router. Biasanya, Anda dapat menemukan informasi ini di buku manual dan di bagian bawah atau samping router.

4. Login: Masukkan nama pengguna (user) dan kata sandi (password) untuk masuk ke antarmuka router. Umumnya, banyak router menggunakan “admin” sebagai nama pengguna dan kata sandi. Namun ini dapat bervariasi, oleh karena itu, lihat buku manual atau cek informasi yang tertera di router.

5. Pergi ke Menu Wireless dan Ubah Nama SSID: Setelah masuk ke antarmuka router, temukan menu pengaturan jaringan nirkabel atau “Wireless”. Pada bagian ini, Anda dapat mengubah nama SSID atau nama jaringan WiFi yang diinginkan.

6. Restart Router: Setelah mengubah nama SSID, restart router untuk menerapkan perubahan yang telah dilakukan dan memastikan bahwa konfigurasi baru diterapkan.

7. Masuk ke Menu WPS atau QSS: Setelah restart, kembali ke antarmuka router melalui peramban web. Cari menu WPS atau QSS. Menu ini dapat berbeda-beda, tergantung pada merek dan model router Anda.

8. Ubah Status WPS Menjadi Enable: Di dalam menu WPS atau QSS, cari opsi untuk mengaktifkan WPS. Biasanya, ini dapat ditemukan dalam bentuk pengaturan “Enable” atau “Disable”. Pilih opsi untuk mengubah status WPS menjadi “Enable”. Pastikan untuk menyimpan perubahan yang telah dibuat. Dalam menu ini, terdapat PIN dari WPS router Anda yang berguna untuk menyambungkan WiFi ke perangkat.

9. Proses Aktivasi Selesai: Sekarang WPS di router Anda sudah aktif dan siap untuk disambungkan.

Baca Juga: 50 Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya

Tindakan Pencegahan dan Peningkatan Keamanan dalam Menggunakan WPS di Router

Keamanan jaringan WiFi menjadi sangat penting dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang makin marak terjadi. Berikut beberapa cara pencegahan dan peningkatan keamanan yang dapat diambil untuk melindungi jaringan WiFi Anda, khususnya dalam penggunaan fitur WPS di router.

1. Nonaktifkan WPS Jika Tidak Diperlukan

Meskipun WPS memberikan kemudahan dalam koneksi perangkat, jika keamanan menjadi prioritas utama Anda, pertimbangkan untuk menonaktifkan fitur WPS. Cara ini dapat mengurangi risiko pembobolan melalui celah keamanan yang mungkin saja terdapat pada PIN atau tombol WPS.

2. Gunakan Metode Keamanan Alternatif

Pertimbangkan untuk mengandalkan metode keamanan lain seperti WPA, yang merupakan standar keamanan terbaru dengan peningkatan signifikan dibandingkan dengan WPA2. WPA3 menawarkan keamanan yang lebih baik dan mengatasi beberapa kerentanan yang ditemukan pada WPA2.

3. Perbarui Firmware Router

Selalu perbarui firmware router Anda secara teratur. Produsen router secara teratur merilis pembaruan keamanan untuk mengatasi celah keamanan yang mungkin ditemui pada fitur WPS atau kelemahan lainnya.

4. Gunakan Filter MAC Address

Aktifkan fitur filter MAC address pada router. Dengan membatasi perangkat yang dapat terhubung, Anda dapat meningkatkan kontrol atas akses ke jaringan. Filter MAC address memungkinkan Anda untuk menentukan perangkat mana yang diizinkan untuk terhubung ke jaringan. Cara Ini memberikan lapisan keamanan tambahan dengan mengontrol identitas perangkat yang dapat mengakses jaringan.

Dari penjelasan di atas, apakah Anda sudah mengetahui cara mengaktifkan WPS di router dengan mudah? Dalam mengoptimalkan penggunaannya, pastikan untuk selalu memperhatikan keamanan jaringan. Setelah mengaktifkan WPS, lakukan pemantauan secara berkala dan pastikan perangkat yang terhubung sesuai dengan kebijakan keamanan Anda.

Untuk mendukung kebutuhan teknologi dan perangkat Anda, Indorental menawarkan layanan sewa komputer yang dapat membantu dalam memperoleh perangkat terbaik tanpa harus membeli. Kami menyediakan PC, Desktop Monitor, dan paket lengkap lainnya untuk memenuhi kebutuhan.

Jadi, untuk apa harus membeli ketika Anda bisa menyewanya di Indorental? Dapatkan solusi perangkat IT & Multimedia terbaik dengan mengakses layanan kami sekarang. Kunjungi situs web atau hubungi kami untuk mendapatkan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.