Cara Mendownload Aplikasi di Laptop Windows 7

Cara Mendownload Aplikasi di Laptop Windows 7

cara mendownload aplikasi di laptop windows 7
Tips dan Trik

Cara mendownload aplikasi di laptop windows 7 bukan lah hal yang sulit untuk dipahami. Menambahkan aplikasi baru ke dalam laptop bisa membantu aktifitas Anda. Terkadang akan dibutuhkan aplikasi yang bisa membantu dalam hal tertentu. Jika dalam smartphone Anda bisa mendownload aplikasi melalui app store khusus, maka hal ini akan sedikit berbeda. Memang ada app store khusus seperti Microsoft Store, namun orang-orang lebih memilih cara lain dalam mendownload aplikasi. Beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut ini.

Mengenal Apa Itu Aplikasi

Aplikasi identik dengan kata “program” ketika berbicara tentang perangkat lunak yang dirancang untuk tugas tertentu. Namun, aplikasi dalam bentuk lengkapnya sering digunakan untuk menggambarkan perangkat lunak aplikasi yang berjalan di komputer.

Contoh perangkat lunak aplikasi mencakup item seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, atau browser web apa pun yang digunakan untuk menavigasi Internet. Cara lain untuk memahami perangkat lunak aplikasi adalah dengan membandingkannya dengan perangkat lunak lain. Dalam arti yang sangat mendasar, setiap program yang Anda gunakan di komputer Anda adalah bagian dari perangkat lunak aplikasi.

Sistem operasi, di sisi lain, adalah perangkat lunak sistem. Secara historis, aplikasi umumnya lahir ketika komputer berevolusi menjadi sistem di mana Anda dapat menjalankan basis kode tertentu pada sistem operasi tertentu.

Baca Juga: 6 Perbedaan Chromebook dengan Laptop Windows

Jenis Dasar Aplikasi dan Perbedaannya

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengelompokkan semua perangkat lunak aplikasi menjadi tiga jenis.

1. Perangkat lunak utilitas

Ini dapat mencakup utilitas firewall dan aplikasi antivirus, serta utilitas lain seperti utilitas zip atau unzip atau alat defragmentasi disk, atau apa pun yang dapat dioperasikan oleh pengguna akhir sebagai utilitas.

2. Perangkat lunak terintegrasi

Perangkat lunak yang melakukan lebih dari satu hal, atau menyertakan aplikasi paket yang berbeda. Di sinilah suite Microsoft Office tradisional Anda berada. Contoh lainnya adalah sekumpulan aplikasi database yang digabungkan untuk melakukan hal yang berbeda pada aset data.

3. Perangkat lunak aplikasi tertentu

Ini akan menjadi aplikasi tunggal yang dikembangkan untuk satu tujuan tertentu yang bukan merupakan utilitas. Di sinilah Anda dapat memisahkan semua aplikasi mandiri tersebut ke dalam kategori yang berbeda seperti game, pengolah kata, mesin analitik, umpan berita, dll.

Baca Juga: 2 Cara Mencari File yang Tersimpan Pada Laptop Anda

Berbagai Cara Mendownload Aplikasi Windows 7

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk download aplikasi di laptop windows 7.

1. Melalui Microsoft Store

Saat Anda menginstal aplikasi dari Microsoft Store, aplikasi itu akan mengikuti Anda ke perangkat apa pun. Aplikasi juga akan diperbarui secara otomatis, sehingga Anda selalu memiliki fitur terbaru. Berikut cara mengunduh aplikasi dan game sehingga Anda dapat langsung aktif dan berjalan.

  • Buka tombol Start, lalu dari daftar aplikasi pilih Microsoft Store.
  • Kunjungi tab Aplikasi atau Game di Microsoft Store.
  • Untuk melihat lebih banyak kategori apa pun, pilih Perlihatkan semua di akhir baris.
  • Pilih aplikasi atau game yang ingin Anda unduh, lalu pilih Dapatkan.

Masuk dengan akun Microsoft Anda untuk menyelesaikan pengunduhan aplikasi atau game Anda. Tidak ada akun Microsoft? Mendaftar untuk mendapatkan akun Microsoft gratis.

2. Langsung Dari Website Aplikasi

Beberapa penyedia aplikasi biasanya akan langsung menyediakan halaman khusus di website mereka dimana Anda dapat langsung mengunduh aplikasi mereka. Cukup tekan tombol download, maka installer dari aplikasi akan terunduh ke laptop Anda.

3. Melalui Website Pengumpul Aplikasi

Ada beberapa website khusus yang mengumpulkan aplikasi layaknya app store atau microsoft store. Disini Anda bisa mencari aplikasi yang diinginkan dan kemudian mendownload sesuai dengan arahan yang diberikan oleh website tersebut.

4. Mendownload Melalui Steam

Steam adalah aplikasi yang menyediakan berbagai judul game, namun juga digunakan sebagai tempat untuk mendownload aplikasi khusus komputer. Untuk mendownload aplikasi dari sini cukup mudah. Temukan nama aplikasi yang ada, kemudian pilih download. Steam akan mendownload aplikasi tersebut menuju laptop Anda.

Baca Juga: Cara Menampilkan Aplikasi di Layar Laptop Windows dan Mac dengan Mudah

Cara Install Aplikasi di Laptop Windows 7

Setelah mengetahui cara mengunduh aplikasi di laptop Windows 7, langkah berikutnya adalah melakukan instalasi aplikasi yang telah diunduh. Proses instalasi aplikasi di Windows 7 relatif mudah karena melibatkan sedikit langkah.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal aplikasi di laptop Windows 7, yang umumnya berlaku untuk sebagian besar aplikasi:

  1. Buka folder Windows Explorer dengan menekan tombol Windows + E.
  2. Temukan lokasi file aplikasi yang telah diunduh.
  3. Jika aplikasi memiliki ekstensi .exe, Anda dapat mengklik dua kali pada file aplikasi tersebut.
  4. Alternatifnya, klik kanan pada file dan pilih “Run as Administrator“.
  5. Ikuti instruksi yang muncul selama proses instalasi dengan mengklik tombol Next atau Yes.
  6. Pilih lokasi penyimpanan aplikasi yang diinginkan.
  7. Lanjutkan dengan mengklik Next dan tunggu hingga proses instalasi selesai.
  8. Klik Done untuk menutup proses instalasi.

Beberapa aplikasi mungkin memerlukan pemutusan koneksi internet sebelum instalasi. Oleh karena itu, sebaiknya matikan koneksi internet sebelum memulai instalasi. Setelah aplikasi terinstal, ikon aplikasi akan muncul di desktop, dan Anda dapat menggunakan atau membuka aplikasi tersebut dari sana.

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 7

Setelah memahami langkah-langkah mengunduh dan menginstal aplikasi di laptop Windows 7, langkah selanjutnya adalah menghapus aplikasi. Proses ini cukup mudah karena Anda dapat menggunakan fitur bawaan Windows 7 atau aplikasi pihak ketiga.

1. Melalui Fitur Bawaan Windows 7

Metode pertama untuk menghapus aplikasi di laptop Windows 7 adalah melalui Control Panel. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Start dan ketik Control Panel.
  2. Pilih “Programs” dan klik “Add or Remove Programs“.
  3. Temukan aplikasi yang ingin dihapus dari laptop Anda.
  4. Klik kanan pada aplikasi dan pilih “Uninstall” atau klik dua kali pada aplikasi tersebut.
  5. Pilih “Custom Uninstall” atau “Full Uninstall” sesuai kebutuhan.
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai dan klik “Finish“.

2. Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Kelemahan fitur bawaan sebelumnya adalah proses penghapusan aplikasi tidak menyeluruh hingga bagian mendalam, seperti entri registry dan folder yang masih tertinggal di laptop. Hal ini menyebabkan akumulasi file yang tidak perlu dan menghabiskan ruang penyimpanan. Solusinya, gunakan aplikasi tambahan seperti CCleaner atau Revo Uninstaller untuk membersihkan aplikasi secara menyeluruh dari laptop Anda.

Untuk memanfaatkan aplikasi tersebut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi melalui ikon di desktop.
  2. Pilih opsi Scan atau Uninstall sesuai dengan fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut.
  3. Tunggu hingga proses Scan selesai dan pilih aplikasi yang akan dihapus.
  4. Klik dua kali pada aplikasi tersebut dan pilih Yes jika diminta izin.
  5. Tunggu sampai tahap penghapusan selesai.

Seperti itulah dia cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin mendownload aplikasi untuk laptop Anda. Semoga informasi mengenai cara mendownload aplikasi di laptop windows 7 ini bisa berguna, bagi Anda yang sedang membutuhkan laptop maka cukup sewa laptop di IndoRental. Prosesnya mudah dan gampang. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.