3 Cara Memperbaiki File yang Corrupt di Flashdisk dengan Mudah dan Cepat

3 Cara Memperbaiki File yang Corrupt di Flashdisk dengan Mudah dan Cepat

cara memperbaiki file yang corrupt di flashdisk
Tips dan Trik

Mendapati kondisi error pada flashdisk, bagaimana cara memperbaiki file yang corrupt di flashdisk? Perkembangan dunia digital saat ini memudahkan segala hal termasuk cara pemindahan atau transfer data dari satu perangkat ke perangkat lain. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan sebuah media penyimpanan kecil yang fleksibel bernama flashdisk.

Dibandingkan dengan hardisk, flashdisk lebih banyak dipilih oleh sebagian besar orang untuk menyimpan atau mentransfer data dari satu laptop ke perangkat digital lain. Pilihan kapasitasnya pun beragam, mulai dari 4 GB hingga 1 TB. Seiring berkembangnya teknologi, flashdisk bahkan mulai dirancang sedemikian rupa agar membolehkan penggunanya memindahkan data dari laptop ke ponsel pintar Anda. 

Tetapi tetap saja, dibalik banyak keuntungan yang diterima, terdapat masalah yang mungkin muncul pada benda kecil ini. Dikarenakan fleksibilitas dan kepraktisannya untuk digunakan di mana pun, flashdisk sangat rawan terserang virus dan mudah rusak jika terlalu sering terjatuh. 

Hal tersebut akan berdampak pada kondisi file di dalamnya sebab besar kemungkinan untuk data hilang dari flashdisk dan menjadi file corrupt. Sebagai jalan keluar dari permasalahan tersebut, IndoRental akan berbagi informasi cara memperbaiki file yang corrupt di flashdisk melalui artikel di bawah ini. 

Baca Juga: Tidak Sulit, Begini Cara Transfer File dari Laptop ke Laptop dengan Kabel USB

Bagaimana Cara Memperbaiki File yang Corrupt di Flashdisk?

Apabila dihadapkan dengan kondisi file corrupt, Anda tidak perlu panik. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Berikut ini cara memperbaiki file yang corrupt di flashdisk agar dapat digunakan kembali:

1. Memperbaiki Lewat Windows Explore

Windows Explorer adalah bagian perangkat digital yang berfungsi untuk mengakses seluruh data tersimpan yang berasal dari ruang penyimpanan di dalamnya maupun tersambung dari luar perangkat digital. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan Windows explorer untuk memperbaiki file yang corrupt di flashdisk. Berikut merupakan cara yang bisa dilakukan:

  • Pertama, masukkan flashdisk pada laptop atau komputer dan pastikan nama flashdisk Anda muncul pada bagian menu di sebelah kiri.
  • Kedua, klik kanan pada nama flashdisk dan pilih menu properties.
  • Ketiga, layar akan menampilkan halaman baru dan beberapa pilihan menu. Dalam bagian ini, klik pada pilihan tools di menu bar dan klik tombol check.
  • Keempat, pilih scan and repair drive, lalu tunggu hingga proses selesai dan layar memunculkan pesan your drive was successfully scanned
  • Terakhir, klik pada kotak pesan yang muncul dan cek seluruh kondisi file yang ada di dalam flashdisk.

Baca Juga: Temukan 3 Cara Beli Software Original serta Tempat untuk Membelinya

2. Memanfaatkan Software 

Biasanya saat Anda menggunakan flashdisk yang palsu, cara untuk memperbaiki file yang corrupt di flashdisk adalah dengan mengurangi kapasitas penyimpanannya. Sebab permasalahan umum yang terjadi pada flashdisk palsu adalah besaran kapasitas penyimpanan yang tidak sesuai. Untuk menghilangkan beberapa data yang tidak penting di dalamnya, lakukan langkah berikut ini:

  • Pertama, Anda perlu mendownload software EaseUs terlebih dahulu
  • Kedua, instal software tersebut di laptop atau komputer Anda. 
  • Ketiga, masukkan flashdisk dan buka program EaseUs yang telah terpasang sebelumnya. 
  • Keempat, klik pada menu partition manager dan klik kanan pada drive letter flashdisk.
  • Kelima, klik pada fitur resize/move dan pindahkan bar hingga ke ukuran kapasitas asli dari flashdisk Anda. Jangan lupa klik OK agar permintaan dapat diproses.
  • Keenam, klik apply untuk memulai proses perbaikan file di flashdisk Anda dan tunggu hingga selesai. 
  • Terakhir, cek kondisi flashdisk dan file yang ada di dalamnya. Jika seluruhnya sudah dalam kondisi yang normal, maka perbaikan dengan software berhasil.

3. Memperbaiki File Melalui CMD

CMD atau Command Prompt adalah program command line interpreter yang tersedia pada sistem operasi Windows. Melalui program ini, Anda dapat memperbaiki file yang corrupt di flashdisk Anda. Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya antara lain:

  • Langkah pertama adalah membuka run dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan. Lalu tuliskan CMD pada bagian kosong yang tersedia dan klik OK.
  • Selanjutnya, tuliskan CHKDSK/f dan lokasi flashdisk dalam komputer. Sebagai contoh, jika flashdisk berada pada penyimpanan F, maka Anda perlu menuliskan CHKDSK/f F:. 
  • Komputer atau laptop akan memproses permintaan Anda dengan melakukan scan dan perbaikan file pada flashdisk. Dalam bagian ini, Anda dapat menunggunya hingga proses selesai. 
  • Ketika proses scan dan perbaikan selesai, Anda dapat mengecek file yang ada di flashdisk apakah sudah dalam kondisi normal dan bisa dibuka atau belum. Jika sudah, maka proses perbaikan telah berhasil. 

Baca Juga: Pelajari 6 Cara Mengatasi File Corrupt dengan Mudah

Apa Saja Penyebab File Corrupt?

File yang corrupt tidak terjadi begitu saja tanpa penyebab. Ada beberapa faktor yang bisa membuat flashdisk error dan menyebabkan file di dalamnya menjadi rusak. Adapun hal-hal yang menyebabkan kerusakan file pada flashdisk antara lain:

1. Terlalu Sering Melepas Pasang Flashdisk

Kebiasaan menggunakan flashdisk untuk memindahkan data dari beberapa perangkat dapat menjadi salah satu penyebab file corrupt. Karena, beberapa pelepasan flashdisk mungkin saja tidak dilakukan dengan sempurna. Anda perlu melakukan eject sebelum melepasnya untuk memastikan bahwa flashdisk telah berhenti bekerja dan siap untuk dicabut. 

2. Flashdisk Terserang Virus

Tidak semua perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses flashdisk aman dari virus. Oleh karenanya, flashdisk sangat rawan terserang virus yang diterima dari laptop atau komputer terkait. Virus merupakan sumber  permasalahan paling banyak menyebabkan file corrupt pada flashdisk maupun laptop dan komputer. 

3. Flashdisk Palsu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, flashdisk palsu dapat menyebabkan file corrupt. Hal ini dikarenakan ruang penyimpanan flashdisk tidak dalam nilai kapasitas yang tepat. Sehingga saat digunakan untuk menyimpan banyak file dalam ukuran yang melebihi kapasitas, file akan menjadi corrupt dan tidak dapat dibuka.  

Nah, itu dia berbagai penyebab dan cara memperbaiki file yang corrupt di flashdisk untuk Anda coba. Jika sudah mencobanya, apakah ketiga cara di atas berhasil memperbaiki file Anda? Perlu diketahui bahwa permasalahan file corrupt pada flashdisk dapat dicegah dengan penggunaan flashdisk yang tepat. 

Baca Juga: Pelajari 5 Cara Transfer File dari Windows ke iPad

Hindari mencabut flashdisk secara sembarangan tanpa melakukan eject atau safely remove hardware dari laptop atau komputer. Membeli flashdisk dari toko resmi juga dapat membantu flashdisk tetap aman dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. 

Jangan lupa untuk melakukan scan terhadap flashdisk secara rutin untuk memastikan bahwa flashdisk dalam kondisi yang aman dan terhindar dari virus. Untuk melakukan pengecekan ini, Anda dapat menginstal software Antivirus yang resmi dan tepercaya.

Jika Anda membutuhkan perangkat untuk memperbaiki file yang corrupt, coba sewa laptop di IndoRental yang menyediakan perangkat IT dan multimedia berkualitas. Tidak hanya satu, Anda dapat melakukan penyewaan perangkat dengan jumlah yang besar sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu kebingungan untuk menentukan laptop yang baik dengan spesifikasi yang sesuai untuk kepentingan Anda sebab IndoRental menyediakan jasa konsultasi gratis. Hubungi tim IndoRental sekarang juga dan nikmati layanan yang cepat, unggul, dan tepercaya dalam memenuhi kebutuhan perangkat IT dan multimedia.