6 Cara Memilih Processor Laptop yang Bagus Agar Tidak Salah Beli

6 Cara Memilih Processor Laptop yang Bagus Agar Tidak Salah Beli

cara memilih processor laptop yang bagus
Tips dan Trik

Bagaimana cara memilih processor laptop yang bagus? Memilih laptop terutama untuk kebutuhan pekerjaan tidak dapat dilakukan sembarangan. Anda perlu mempertimbangkan berbagai spesifikasi yang sesuai dengan beban kerja nantinya, salah satunya adalah processor

Sebagai komponen penting pada laptop, processor harus menjadi spesifikasi pertama yang Anda perhatikan saat merencanakan pembelian laptop. Alasannya, processor merupakan bagian laptop yang bekerja untuk memproses data dan melakukan kontrol pada sistem di dalam laptop. 

Sehingga dapat dikatakan bahwa processor bekerja untuk melakukan segala bentuk perhitungan dan menjalankan perintah yang diterima agar program di dalam komputer dapat berjalan dengan baik. Meski menjadi komponen utama dan paling berpengaruh pada kinerja laptop, tetap saja processor membutuhkan komponen lain seperti motherboard, memori, dan lain sebagainya. 

Pada umumnya, saat Anda melakukan pembelian laptop, processor sudah termasuk di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan riset mengenai laptop yang diinginkan terlebih dahulu. Anda tidak perlu kebingungan dalam menentukan processor yang bagus, dalam artikel kali ini, IndoRental akan memberikan tips cara memilih processor laptop yang bagus. 

Bagaimana Cara Memilih Processor Laptop yang Bagus?

Selain banyaknya tipe laptop yang tersedia di pasaran, berbagai jenis processor juga cukup membuat bimbang untuk menentukan pilihan mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan. Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat memilih processor laptop yang bagus. Berikut merupakan beberapa cara memilih processor laptop yang bagus:

Baca Juga: 5 Jenis Prosesor Laptop serta Tips Memilihnya untuk Laptop Anda

1. Menentukan Berdasarkan Kebutuhan

Dalam tips memilih perangkat elektronik digital, penting untuk menentukan tujuan penggunaannya terlebih dahulu. Hal ini akan digunakan sebagai dasar saat memilih perangkat yang memiliki spesifikasi sesuai kebutuhan. 

Setiap jenis pekerjaan dengan perangkat membutuhkan spesifikasi yang berbeda. Apabila membutuhkan laptop untuk mengedit video atau film, Anda tidak dapat menggunakan laptop dengan spesifikasi yang sama dengan laptop biasa untuk mengetik dokumen saja. 

Terlebih pada bagian processor, pemilihan yang tidak sesuai beban kerja akan membuat laptop cepat panas dan kinerja melambat. Hal tersebut akan menghambat pekerjaan Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih processor yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan laptop.

2. Bandingkan Beberapa Tipe dan Jenis Processor 

Saat memilih prosesor yang tepat, Anda akan menemukan berbagai jenis processor dan pilihan laptop yang menawarkan segudang keunggulan. Maka dari itu, lakukan riset terlebih dahulu mengenai beberapa tipe processor yang menarik menurut Anda dan bandingkan kelemahan serta kelebihannya. 

Cara ini dapat membantu Anda mengatasi kebingungan saat melihat berbagai processor yang ditawarkan di pasaran. Saat membandingkan performa processor, manfaatkan teknologi Benchmark yang bisa didapatkan dengan mudah di situs tertentu seperti YouTube. Teknologi ini dapat mendeteksi score performa processor secara nyata sesuai praktiknya.

3. Perhatikan Generasi dan Core Processor

Menentukan tipe processor yang bagus tidak dapat dilihat dari nama yang tertera saja, tetapi juga generasi processor. Sebab, umumnya processor memiliki nama yang sama namun merupakan generasi beberapa tahun silam. Jika demikian, laptop akan tetap memiliki performa yang lambat karena komponen yang sudah ketinggalan zaman. 

Jadi, perlu dipastikan Anda memilih processor dengan jenis yang sesuai dan generasi terbaru. Processor generasi terbaru umumnya telah mengalami berbagai peningkatan sistem sehingga akan bekerja dengan baik dan lancar.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Laptop Untuk Programmer dan Rekomendasinya

4. Sesuaikan dengan Budget yang Tersedia

Sebagus apapun processor yang tersedia, akan lebih bijak ketika Anda memilih processor yang memiliki harga sesuai dengan budget yang tersedia. Meski merupakan hal yang penting, membeli processor dengan harga tinggi dan jauh dari budget hanya akan memberikan beban baru. 

Sehingga penting untuk menentukan nominal budget yang tersedia untuk membeli processor, barulah lakukan riset seputar laptop beserta processor yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang telah disediakan. Tidak perlu khawatir, belakangan ini telah banyak beredar di pasaran laptop yang dilengkapi dengan spesifikasi unggulan dan processor yang cepat namun tetap terjangkau, contohnya seperti Intel Core i3 dan AMD Ryzen 3.

5. Memperhatikan Jangka Pemakaian dan Fitur Pada Processor

Hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah jangka waktu pemakaian dan fitur yang terdapat pada processor. Jangka waktu pemakaian maksudnya mempertimbangkan sampai berapa lama processor dapat berjalan dengan optimal. 

Umumnya, jangka pemakaian processor dengan kinerja yang tetap memadai berkisar antara 3 hingga 4 tahun. Selain itu, ada juga fitur di dalam processor yang harus dipikirkan. Misalnya, processor mendukung overclock, fitur VT, dan lain sebagainya.

6. Melihat Daya Listrik yang Digunakan

Cara selanjutnya adalah perlu memperhatikan konsumsi daya saat menggunakan jenis processor tertentu. Umumnya, processor dengan seri lama cenderung mengonsumsi daya listrik yang lebih besar dibandingkan dengan seri terbaru.

Oleh karena itu, hal ini juga perlu dipertimbangkan. Meskipun, jika tujuannya adalah untuk mendapatkan konsumsi daya yang lebih rendah, maka processor dengan tipe terbaru akan menjadi pilihan yang sangat sesuai.

Baca Juga: Kenali 8 Jenis-Jenis Processor Intel Dan Fungsinya

Rekomendasi Processor Laptop yang Bagus dan Terbaru

Sampai saat ini, terdapat 2 brand penyedia processor yang menguasai dunia digital. Dua brand tersebut adalah Intel dan AMD. saat membeli laptop, Anda akan mendapati sebuah stiker kecil pada bagian ujung laptop. 

Stiker tersebut menandakan processor yang digunakan pada laptop. Jika masih bimbang memilih jenis processor yang Anda butuhkan, berikut ini adalah rekomendasi processor yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi pilihan:

1. Intel Core i9 X Series

Rekomendasi processor pertama yang bagus untuk kinerja cepat pada laptop Anda adalah prosesor Intel Core i9 X Series. Jenis processor yang diluncurkan oleh brand Intel ini menjadi salah satu processor yang memiliki 18 core, sehingga mampu memberikan performa yang stabil meski digunakan untuk jenis pekerjaan digital yang berat seperti editing, desain, dan lain sebagainya.

Menggunakan Intel Core i9 X series akan membolehkan Anda membuka 36 jenis program dalam satu waktu sekaligus. Itu sebabnya jenis processor ini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan yang lainnya.

2. Intel Core i7

Intel Core i7 merupakan processor yang memiliki kecepatan mencapai 3 GHz dengan performa cepat dan dapat diandalkan. Apabila memilih jenis processor ini, Anda akan merasakan kemampuan beradaptasi terhadap sebuah program baru pada laptop yang cepat tanpa membutuhkan waktu yang terlalu lama. Program tersebut juga dapat langsung berjalan dengan baik dan lancar. 

Baca Juga: 4 Cara Memilih Laptop Yang Bagus Untuk Kerja

3. AMD Athlon 64 X2

Hadir dari brand yang berbeda dengan sebelumnya, AMD Athlon 64 X2 juga dapat menjadi pilihan processor dengan performa unggulan dari perusahaan AMD. Processor diciptakan untuk membantu Anda memiliki laptop yang bekerja dengan optimal. AMD Athlon 64 X2 memiliki spesifikasi dual core 64 Bit dan kecepatan 2,8 GHz. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah daya listrik yang dibutuhkan dalam processor ini yaitu sebesar 65 watt

4. AMD Orochi Bulldozer

AMD Orochi Bulldozer adalah processor terbaru yang diluncurkan oleh AMD. Menjadi processor keluaran terbaru tentu membuat AMD Orochi Bulldozer ini dilengkapi dengan berbagai spesifikasi terbaru dan unggul terutama pada performanya, misalnya untuk bermain game. 

Hal ini dibuktikan dengan kecepatan kinerja processor AMD Orochi Bulldozer mencapai kisaran 3,6 GHz hingga 3,9 GHz dan mencapai 4,2 GHZ apabila seluruh core aktif. Pada tahun 2022, AMD Orochi Bulldozer memiliki 3 pilihan core yang tersedia di pasaran, yaitu 6 core (FX6000), 8 core (FX8000), dan 4 core (FX4000).

Spesifikasi tersebut menjadikan jenis processor ini sebagai komponen dalam laptop atau komputer berspesifikasi tinggi yang mampu melaksanakan berbagai pekerjaan berat tanpa memengaruhi kinerja perangkat. 

Jadi itu dia beberapa rekomendasi processor yang memiliki performa unggulan untuk digunakan pada berbagai kegiatan dengan memanfaatkan laptop. Sebelum melakukan pembelian, sebaiknya lakukan pencarian perbandingan harga satu dengan lainnya agar tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar akibat tertipu oleh penjual. 

Selain itu, pastikan juga Anda telah mengantongi beberapa pilihan processor dan laptop yang akan dipilih sehingga proses pembelian dapat berlangsung lebih cepat dan tepat. Baca atau tonton review yang telah tersedia di internet tentang processor pilihan Anda supaya memberikan pertimbangan yang lebih matang.   

Apakah Anda membutuhkan laptop dengan jenis processor tertentu untuk acara Anda? IndoRental adalah solusi yang paling tepat. IndoRental memberikan berbagai pilihan brand dan spesifikasi untuk sewa laptop yang mudah dan tepercaya. 

Bahkan tidak hanya harian, Anda juga dapat melakukan penyewaan perangkat IT dan multimedia lainnya dalam jangka waktu mingguan hingga bulanan. Hubungi IndoRental sekarang juga dan dapatkan penyewaan perangkat digital sesuai yang Anda butuhkan dengan harga terjangkau. Semoga informasi cara memilih processor laptop yang bagus ini bermanfaat.

banner-laptop