5 Cara Membatalkan Update Laptop Windows 10 Dan 11 Dengan Mudah

5 Cara Membatalkan Update Laptop Windows 10 Dan 11 Dengan Mudah

cara membatalkan update laptop
Tips dan Trik

Mayoritas laptop menggunakan Windows sebagai sistem operasinya. Dalam rangka meningkatkan performa, laptop sering mengalami Windows update secara otomatis. Mengetahui cara membatalkan update laptop secara otomatis dapat membantu Anda memaksimalkan aktivitas tanpa gangguan Windows update.

Meskipun Windows update penting dilakukan untuk menyegarkan sistem operasi, tetapi durasi dan penggunaan internet menjadi pertimbangan pengguna. Membatalkan update laptop secara otomatis dapat membantu Anda mengatur Windows update secara lebih cerdas. 

Jika tidak, pastinya Windows update akan sangat mengganggu ketika pekerjaan sedang menumpuk dan membutuhkan fokus lebih. Lalu apa keuntungan dari membatalkan update laptop secara otomatis? 

Ini akan membantu Anda mengatur waktu yang tepat untuk membiarkan proses Windows update berjalan. Pastinya juga memberi ruang untuk menyiapkan koneksi internet optimal. Yuk simak informasi lengkap mengenai Windows update di bawah ini.

Apa Itu Windows Update Pada Laptop?

Windows update merupakan layanan Microsoft yang menyediakan pemutakhiran untuk sistem operasi Windows. Layanan ini mampu meningkatkan kinerja sistem operasi dengan pembaruan, penambahan atau perbaikan bugs pada laptop. Windows update menjadi salah satu cara developer untuk tetap memberikan optimalisasi sistem pada pengguna.

Lalu, apakah setiap laptop dengan sistem operasi Windows akan mendapatkan layanan update ini? Jawabannya adalah iya. Microsoft menyediakan layanan Windows update ini secara menyeluruh, tanpa terkecuali. Jika Anda merasa sistem operasi mulai lemot dan menunjukkan berbagai masalah, layanan Windows update dapat menjadi solusi termudah.

Baca Juga: Cara Membatalkan Restart Laptop Ketika Kamu Berubah Pikiran

Apa Saja Fungsi Update Windows Pada Laptop?

Sebagai service istimewa dari Microsoft Windows, layanan update ini memiliki banyak fungsi baik untuk operasional laptop Anda. Mulai dari tujuan awalnya sebagai langkah pemutakhiran sistem operasi hingga memberikan perlindungan keamanan tingkat tinggi pada laptop. Berikut ini merupakan beberapa fungsi update Windows pada laptop.

1. Memberikan Informasi Pembaruan

Windows update akan melakukan pendeteksian pembaruan pada sistem perangkat Anda. Upaya pendeteksian ini berfungsi untuk memberikan ketersediaan informasi pembaruan dalam sistem operasi. Fungsi ini akan membantu Anda untuk mengetahui adanya langkah efektif peningkatan sistem.

2. Atasi Permasalahan Sistem

Selain memberikan informasi pembaruan, Windows update berfungsi untuk mengatasi permasalahan sistem. Ketika menemukan kesalahan, bugs atau error maka Windows update akan memperbaikinya. Perbaikan ini tentunya dapat membuat perangkat bekerja lebih optimal dan meminimalisir adanya gangguan operasional.

3. Tingkatkan Keamanan Perangkat

Fungsi selanjutnya dari layanan update adalah meningkatkan kemananan perangkat. Windows update memastikan database keamanan perangkat lebih up to date. Apabila database keamanan dalam kondisi terbaik, maka sistem perangkat menjadi lebih aman dan data Anda terlindungi.

Baca Juga: 4 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard Paling Mudah

Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Update Windows Pada Laptop?

Upaya pemutakhiran sistem melalui update Windows, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Mulai dari proses hingga hasil akhir dari update Windows membuat pengguna dapat merasakan apa saja keuntungan dari layanan ini dan juga kekurangan yang cukup mengganggu. Yuk simak informasi lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan update Windows di bawah ini.

Kelebihan Update Windows Pada Laptop

Saat beraktivitas menggunakan laptop, pastinya Anda ingin sistem bekerja lancar tanpa kendala. Untuk itu, perlu ada pembaruan dalam rangka meningkatkan performa sistem. Bagaimana caranya? Salah satunya dengan keberadaan layanan Windows update ini. Ini dia beberapa kelebihan update Windows pada laptop.

  • Mampu mengatasi bugs atau error pada laptop.
  • Memberikan perlindungan keamanan terhadap sistem operasi laptop.
  • Menjadikan perangkat lebih fresh dengan kondisi optimal.

Kekurangan Update Windows Pada Laptop

Meskipun menawarkan banyak kelebihan, Windows update juga memiliki beberapa kekurangan. Hal ini perlu Anda pertimbangkan sehingga tidak menyebabkan gangguan pada aktivitas perangkat. Berikut ini merupakan beberapa kekurangan update Windows pada laptop.

  • Seringnya update mengakibatkan terjadinya penumpukan file.
  • Apabila dijalankan secara otomatis, Windows update akan bekerja di latar belakang dan menguras koneksi internet.
  • Durasi lama saat melakukan Windows update dan perlu mematikan perangkat untuk sementara waktu.

Bagaimana Cara Membatalkan Update Laptop Windows 10 Dan 11?

Untuk mengatasi kekurangan update Windows pada laptop, Anda dapat menghentikan pembaruan otomatis. Langkah ini dapat memberikan Anda kontrol dalam menentukan kebutuhan Windows update. Yuk ketahui cara membatalkan update pada laptop Windows 10 dan 11, informasi lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Not Responding dengan Mudah pada Aplikasi

1. Menghentikan Melalui Task Manager

Cara pertama untuk membatalkan update pada laptop adalah menggunakan fasilitas task manager. Langkah ini dapat Anda lakukan, apabila proses update terlanjur dimulai. Berikut ini merupakan langkah menghentikan update Windows 10 dan 11 melalui task manager.

  • Klik kanan pada taskbar dan buka task manager.
  • Pada menu tab services, cari desk Windows update.
  • Jika sudah, klik kanan Windows update dan pilih stop atau berhenti.

2. Atur Konfigurasi Komputer

Selanjutnya, Anda dapat membatalkan update laptop Windows melalui konfigurasi perangkat. Cara ini dilakukan untuk mencegah proses update terjadi secara otomatis. Langkah mudah mengatur konfigurasi komputer untuk menghentikan update Windows adalah sebagai berikut ini.

  • Tekan logo Windows+R pada laptop Anda.
  • Jika sudah muncul dialog box, ketik gpedit.msc lalu klik enter.
  • Masuk ke dalam menu computer configuration, lalu pilih administrative templates.
  • Atur pilihan ke Windows components lalu Windows update.
  • Klik dua kali configure automatic updates dan pilih enable.

3. Pengaturan Update

Cara berikutnya untuk membatalkan update Windows pada laptop adalah mengatur penundaan selama 35 hari. Berikut ini merupakan cara pengaturan update Windows dengan sistem penundaan.

  • Buka settings laptop dan masuk ke menu updates and security.
  • Jika sudah, pilih Windows update lalu klik advanced options.
  • Scroll bawah dialog box yang ada kemudian aktifkan pause updates.

4. Menggunakan Fitur Metered Connection

Metode ini tidak berlaku untuk laptop dengan koneksi Ethernet. Anda hanya dapat menonaktifkan pembaruan otomatis Windows 10 melalui koneksi Wi-Fi menggunakan cara ini. Oleh karena itu, jika komputer Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi, Anda dapat mencoba menggunakan fitur Koneksi Terukur untuk menghentikan Windows Update. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka menu Windows settings
  • Kemudian, pilih Network & Internet
  • Lalu klik opsi Wi-Fi
  • Setelah itu aktifkan Metered Connection menjadi On.

5. Menggunakan Registry

Sebelum menghentikan fitur pembaruan Windows 10 melalui metode ini, penting untuk memahami bahwa mengedit registry memiliki risiko. Kesalahan dalam proses ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada instalasi Windows 10 Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan back-up data penting Anda sebelum melanjutkan.

Dengan melakukan backup data, Anda akan memiliki keleluasaan yang lebih besar saat ingin menghentikan fitur pembaruan Windows 10 menggunakan registry.

  • Buka menu Run dan ketik “Regedit”
  • Kemudian, klik kanan pada folder Windows, lalu pilih opsi New dan klik Key, beri nama Key tersebut dengan “Windows Update”
  • Pada Key baru yang telah dibuat sebelumnya, klik kanan sekali lagi, pilih Buat Baru, lalu klik Key. Beri nama Key baru ini “AU” dan tekan Enter. Kemudian, klik kanan lagi pada Key baru tersebut, pilih opsi New, dan klik pada DWORD (32-bit) value.
  • Berilah nama Key baru ini sebagai “AUOptions”, kemudian tekan Enter. Selanjutnya, double-click pada kunci yang baru dibuat dan ubah nilai menjadi 2, yang mengindikasikan “Notify for download and notify for install”. Setelah itu, klik OK. Apabila telah selesai, tutup jendela Registry untuk menyelesaikannya.

Nah, itulah tadi informasi lengkap mengenai layanan Windows update pada laptop. Anda perlu mempertimbangkan bagaimana kelebihan dan kekurangan layanan ini dalam menjaga performa terbaik sistem operasi perangkat. Windows update dapat menjadi solusi mudah tanpa ribet untuk memperbaiki kesalahan atau kerusakan sistem perangkat Anda.

Apabila Anda membutuhkan laptop untuk keperluan kantor ataupun acara, Indorental hadir menawarkan jasa sewa laptop dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Kunjungi Indorental sekarang juga, dapatkan informasi terbaik penyewaan kebutuhan perangkat teknologi Anda.

banner-laptop