5 Cara Backup Data Android dengan Aman dan Mudah

5 Cara Backup Data Android dengan Aman dan Mudah

cara backup data android
Tips dan Trik
Sudahkah Anda mengetahui cara backup data Android yang aman agar data di ponsel tidak hilang? Android merupakan sistem operasi yang berada pada banyak ponsel dengan banyak fitur dan kemudahan di dalamnya. Sayangnya, sebagai sebuah sistem operasi, Android tidak selalu dapat menjaga data di dalam ponsel dengan aman. Masih ada risiko data hilang akibat virus atau malware, sistem operasi yang eror, beberapa aplikasi tidak dapat berfungsi, dan lain sebagainya. Sebab itu, mengenal cara backup data Android tentu penting untuk Anda ketahui agar setidaknya saat ponsel sedang eror atau terserang virus, data di dalamnya masih tetap aman. Lalu bagaimana cara untuk melakukannya? Tenang saja, IndoRental akan membantu Anda dengan memberikan serangkaian informasi seputar cara backup data Android. Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Backup Data?

Backup data adalah proses menyimpan data penting ke media penyimpanan eksternal atau cloud agar dapat diambil kembali saat dibutuhkan. Hal ini sangat berguna jika terjadi masalah pada perangkat seperti kerusakan atau kondisi ponsel yang perlu direset, sehingga data-data yang tersimpan tidak hilang. Ada beberapa jenis backup data di antaranya seperti backup data full atau backup data sebagian. Backup data full adalah proses menyimpan semua data yang ada pada perangkat, sedangkan backup data sebagian hanya menyimpan data-data penting saja. Untuk mengamankan data, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membackup data mulai dari penggunaan perangkat eksternal hingga layanan cloud. Pilihan yang tepat sebenarnya tergantung pada preferensi masing-masing setiap orang. Pasalnya, kedua lokasi backup tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Seperti misalnya backup data pada ruang penyimpanan eksternal seperti harddisk mungkin jauh lebih murah sebab Anda hanya perlu melakukan pembelian satu kali saja dan kapasitas penyimpanannya pun cukup besar. Namun di sisi lain, Anda perlu membawa perangkat dengan ukuran yang cukup besar ini kemana saja untuk nantinya dapat mengambil data yang diperlukan. Selain itu, Anda juga membutuhkan bantuan laptop atau komputer untuk melakukan backup. Selanjutnya adalah cloud yang merupakan layanan penyimpanan digital yang bisa Anda manfaatkan dengan mudah. Anda hanya perlu mengakses aplikasi atau situs cloud dan berlangganan layanan yang diberikan. Dalam penggunaannya, tentu Anda perlu mengeluarkan sejumlah biaya berlangganan.
Baca Juga: 5 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

Bagaimana Cara Backup Data Android dengan Aman dan Mudah?

Agar tak kehilangan data di dalam ponsel atau HP, sebaiknya Anda mengenal beberapa cara backup data Android dengan aman di bawah ini. Tak perlu panik dan bingung, cara berikut ini dapat dilakukan dengan mudah, bahkan tanpa komputer atau laptop sekalipun. Simak informasi selengkapnya di sini:

1. Menggunakan Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan data online milik Google yang dapat digunakan untuk membackup data pada perangkat Android. Berikut adalah cara menggunakan Google Drive untuk membackup data Android:
  1. Buka aplikasi Google Drive pada perangkat Android Anda.
  2. Login dengan akun Google Anda jika belum login.
  3. Klik menu pada pojok kanan atas, lalu pilih “Settings” atau “Pengaturan”.
  4. Pilih “Backup” atau “Cadangan”.
  5. Pilih data yang ingin dibackup, seperti foto, video, kontak, atau pesan.
  6. Klik “Backup Now” atau “Cadangkan Sekarang” untuk memulai proses backup.
Setelah proses backup selesai, data yang telah dibackup akan tersimpan di Google Drive dan dapat diakses dari perangkat apapun yang terhubung dengan akun Google Anda. Untuk memastikan bahwa data selalu terbackup dengan baik, pastikan bahwa perangkat Android Anda terhubung dengan jaringan internet dan memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan data yang dibackup.

2. Memanfaatkan Aplikasi dari Playstore

Selain menggunakan Google Drive, Anda juga dapat membackup data HP Android dengan menggunakan aplikasi dari Play Store. Berikut adalah cara membackup data Android menggunakan aplikasi dari Play Store:
  1. Buka Play Store pada perangkat Android Anda.
  2. Cari aplikasi backup yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti Helium, Titanium Backup, atau aplikasi backup lainnya.
  3. Download dan install aplikasi backup yang dipilih.
  4. Buka aplikasi backup yang telah diinstal.
  5. Login dengan akun Google Anda atau buat akun baru jika belum memilikinya.
  6. Pilih data yang ingin dibackup, seperti foto, video, kontak, atau pesan.
  7. Klik “Backup Now” atau “Cadangkan Sekarang” untuk memulai proses backup.
Setelah proses mencadangkan data selesai, data yang telah dibackup akan tersimpan dalam aplikasi backup yang digunakan. Anda dapat mengatur ulang data yang telah dibackup pada perangkat Android baru atau setelah melakukan reset pada perangkat Android Anda.

3. Menggunakan Komputer atau Laptop

Anda juga dapat backup data HP Android dengan menggunakan komputer atau laptop. Hanya saja, backup data pada komputer atau laptop biasanya tidak termasuk menyimpan aplikasi dan data di dalamnya. Jika ingin mencoba melakukan backup menggunakan komputer atau laptop, berikut adalah cara membackup data Android menggunakan komputer atau laptop:
  1. Sambungkan perangkat Android Anda ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB.
  2. Buka File Explorer pada komputer atau laptop Anda.
  3. Temukan perangkat Android Anda yang terhubung dan buka folder pada perangkat tersebut.
  4. Pilih data yang ingin dibackup dan salin ke folder pada komputer atau laptop.
  5. Setelah proses backup selesai, Anda dapat memindahkan data yang telah dibackup ke perangkat Android baru atau setelah melakukan reset pada perangkat Android Anda.
Pastikan untuk menyimpan data yang dibackup pada komputer atau laptop yang aman dan terlindung dari virus atau malware. Jika Anda menyimpan data pada komputer atau laptop yang tidak aman, data yang dibackup dapat terkena virus atau malware dan merusak data yang dibackup.

4. Hardisk atau SD Card

Opsi lain yang umum dilakukan sebagian besar orang untuk backup data Android adalah dengan melalui harddisk atau SD card. Berikut adalah cara membackup data Android menggunakan hardisk atau SD card:
  1. Sambungkan hardisk atau SD card ke perangkat Android Anda menggunakan kabel USB atau adapter.
  2. Buka File Manager pada perangkat Android Anda dan temukan hardisk atau SD card yang terhubung.
  3. Pilih data yang ingin dibackup dan salin ke folder pada hardisk atau SD card.
  4. Setelah proses backup selesai, Anda dapat memindahkan data yang telah dibackup ke perangkat Android baru atau setelah melakukan reset pada perangkat Android Anda.
Pastikan untuk memilih hardisk atau SD card yang memiliki kapasitas cukup untuk menyimpan data yang ingin dicadangkan (backup). Selain itu, pastikan untuk menyimpan hardisk atau SD card pada tempat yang aman dan terlindung dari kerusakan fisik.

5. Backup Data HP Android ke iPhone

Jika Anda ingin memindahkan data di Android ke iPhone, maka Anda dapat menggunakan aplikasi Move to iOS. Aplikasi Move to iOS ini disediakan oleh Apple untuk membantu pengguna Android yang ingin beralih ke platform iOS. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis namun hanya diperuntukkan untuk iPhone baru. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakannya:
  1. Download aplikasi Move to iOS di HP Android.
  2. Pada iPhone, buka menu Apps & Data dan pilih “Move Data from Android.”
  3. Setujui persyaratan dan persetujuan dengan mengklik tombol Agree.
  4. Pada halaman “Find Your Code,” pilih Next and Continue untuk memperoleh 6 digit kode.
  5. Lalu, buka aplikasi Move to iOS pada HP Android.
  6. Setujui ketentuan dan persyaratan dengan mengklik Agree.
  7. Pada halaman “Find Your Code,” klik Continue dan masukkan 6 digit kode yang tadi diperoleh dari iPhone.
  8. Pilih data-data yang ingin dipindahkan pada bagian Transfer Data.
  9. Mulai Transfer Data dan tunggu hingga proses pencadangan selesai.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa memindahkan data dari HP Android ke iPhone baru dengan mudah menggunakan aplikasi Move to iOS.
Baca Juga: Memahami Ciri serta Cara Selamatkan Data dari Hardisk Rusak dengan Mudah

Apa Saja Data yang Harus Di-backup Sebelum Android di Reset?

Pada dasarnya, tidak semua data dalam ponsel Android perlu untuk di-backup. Anda hanya perlu membackup beberapa data penting untuk menjaganya tetap aman dan memudahkan Anda saat akan melakukan pergantian ponsel. Adapun data yang harus di-backup sebelum Android di reset antara lain:

1. Foto dan Video

Foto dan video merupakan data yang seringkali penting dan sangat sulit untuk diganti. Saat Anda bepergian, pasti ada banyak kenangan yang diabadikan melalui foto dan video. Bahkan hanya sekadar bekerja sekalipun, terkadang Anda perlu memfoto dokumen penting. Oleh karena itu, sebaiknya membackup foto dan video sebelum melakukan reset pada perangkat Android.

2. Kontak

Kontak juga merupakan data penting yang harus di-backup sebelum melakukan reset pada perangkat Android. Biasanya, data kontak dapat dibackup dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Google Drive atau melalui pengaturan perangkat.

3. Pesan

Pesan adalah salah satu data penting yang harus di-backup sebelum melakukan reset pada perangkat Android. Pesan dapat berisi informasi pribadi, bisnis, atau komunikasi dengan orang lain yang sangat penting bagi Anda.

4. Aplikasi dan Data di Dalamnya

Data aplikasi dan data aplikasi juga penting untuk di-backup sebelum melakukan reset pada perangkat Android. Data ini dapat dibackup dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda unduh di Playstore. Jadi, saat melakukan penggantian perangkat, Anda akan tetap memiliki aplikasi yang sama dengan data yang masih lengkap di dalamnya.
Baca Juga: Memahami Cara Ekspor Kontak ke Gmail untuk Mengamankan Data Kontak

Apa Saja Manfaat Backup Data Android?

Mengapa backup data menjadi hal yang penting? Sedikitnya ada 4 manfaat yang akan Anda rasakan jika melakukan backup data Android. Selain menjaga data agar tetap aman, backup data Android bisa membantu membuat diri lebih tenang karena data tidak akan hilang. Adapun manfaat backup data Android yang bisa Anda rasakan antara lain:

1. Menyimpan Data Penting

Manfaat yang bisa Anda rasakan ketika melakukan backup secara rutin adalah penyimpanan data penting pada ponsel Anda agar tidak hilang saat terjadi masalah pada perangkat, seperti kerusakan atau reset.

2. Mencegah Kehilangan Data

Tentunya, ketika Anda menyimpan seluruh data di tempat yang aman secara berkala, Anda dapat mencegah kehilangan data penting saat terjadi masalah pada perangkat Android. Jadi ketika ponsel error, terserang virus, atau perlu di-reset, Anda tak perlu khawatir data di dalamnya akan hilang.

3. Menghemat Waktu

Melakukan backup data juga dapat menghemat waktu dalam mengatur ulang data penting pada perangkat Android setelah reset. Jika memiliki backup data, Anda dapat langsung mengatur ulang data-data penting yang telah di-backup secara otomatis, tanpa perlu mengatur ulang satu per satu.

4. Mengurangi Stres

Sadar ataupun tidak, backup data Android juga dapat mengurangi stres dalam hal kehilangan data penting saat terjadi masalah pada perangkat. Jadi Anda dapat merasa lebih tenang dan yakin bahwa data penting tetap terjaga dan dapat diatur ulang dengan mudah.
Baca Juga: 3 Cara Melacak No HP WA Dengan Mudah Dan Ampuh
Dalam kesimpulan, backup data Android sangat penting untuk dilakukan agar data penting tidak hilang saat terjadi masalah pada perangkat. Anda dapat memilih cara backup data Android yang paling tepat dan sesuai dengan keinginan. Pilihan tersebut tentu perlu dipertimbangkan mana yang paling mudah dan efisien. Mengingat, ponsel atau HP adalah perangkat yang sekarang fungsinya cukup penting terutama pada berbagai kegiatan. Tak hanya untuk kebutuhan pribadi saja, tetapi banyak acara-acara besar yang membutuhkan HP dalam jumlah banyak untuk mendukung rangkaian kegiatan yang telah disusun sebelumnya. Sebab itu, IndoRental hadir untuk membantu menyukseskan bisnis Anda dengan penyediaan perangkat yang Anda butuhkan melalui sewa handphone di Jakarta dan Bandung. IndoRental memiliki berbagai pilihan handphone dengan spesifikasi canggih yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Melalui informasi cara backup data Android dengan aman ini, hubungi tim IndoRental dan konsultasikan kebutuhan perangkat IT dan multimedia gratis sekarang juga.