Bagaimana Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya?

Bagaimana Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya?

bagaimana cara memperbaiki tv yang tidak ada gambarnya
Tips dan Trik

Bagaimana cara memperbaiki TV yang tidak ada gambarnya? Pertama, Anda harus mengetahui penyebab dari kenapa tidak ada gambarnya terlebih dahulu. Jika Anda tidak mengetahui apa penyebabnya maka memperbaikinya pun akan mustahil.

Ketika perangkat untuk hiburan keluarga yang satu ini mengalami kerusakan seperti gambar yang tidak muncul memang akan sangat menyebalkan. Maka dari itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara memperbaikinya agar Anda dan keluarga tetap bisa mendapatkan hiburan.

Lantas, bagaimana cara memperbaiki TV yang tidak ada gambarnya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Penyebab TV Tidak Ada Gambar?

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang paling umum ketika TV Anda tidak ada gambarnya:

1. Lampu Latar (Backlight) TV Mati

Salah satu alasan mengapa TV Anda tidak memiliki gambar adalah karena lampu latar TV mati. Masalah seperti ini biasanya lebih sering terjadi pada TV LED dan LCD.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Garis Horizontal Pada TV LED Anda

Jika kerusakan disebabkan oleh matinya lampu latar, biasanya suara televisi dapat terdengar dengan jelas tetapi gambar tidak muncul sama sekali. Kondisi seperti ini sebenarnya berarti televisi masih menyala dan menampilkan gambar seperti biasa. Hanya saja, layarnya hanya terlihat hitam karena backlight di layar tidak menyala.

Lampu latar adalah serangkaian lampu yang dipasang di panel belakang layar kaca TV Anda. Fungsinya adalah sebagai sistem pencahayaan layar kaca agar gambar TV dapat terlihat dengan jelas.

Lampu ini memiliki rangkaian seri. Artinya, jika salah satu lampu padam, maka semua lampu juga akan padam. Nah, saat panel backlight mati, otomatis tidak ada penerangan untuk layar televisi. Alhasil, gambar tidak terlihat meski suara televisi masih terdengar normal.

2. Timer Menyala

Jika Anda sedang menonton acara yang menarik dan tiba-tiba gambarnya hilang memang sangat menyebalkan. Jika tidak ada masalah dengan jaringan listrik di rumah, TV dapat mati secara otomatis karena pengaturan timer.

Fungsi timer sendiri adalah untuk mengatur seberapa lama waktu TV dapat menyala. Jika sudah mencapai waktu yang ditentukan, TV akan mati dengan sendirinya.

Fitur ini sangat membantu bagi Anda yang sering tertidur saat menonton TV, menghindari pemborosan listrik. Anda bisa mengatur TV agar mati secara otomatis pada jam-jam tertentu.

Sayangnya, terkadang seseorang lupa jika mengaktifkan pengaturan timer. Alhasil, mereka sendiri bingung ketika TV tiba-tiba mati dengan sendirinya.

3. Kerusakan Pada T-Con

T-Con merupakan komponen televisi yang berfungsi untuk menyalurkan tegangan listrik ke panel. Masalah pada komponen ini secara otomatis akan menyebabkan televisi tidak memiliki gambar karena aliran listrik terputus.

Kerusakan pada T-Con sendiri bisa bermacam-macam, antara lain:

  • Konektor putus
  • Suplai tegangan tidak cukup
  • Terlalu panas karena sering digunakan dan harus diganti

Cari tahu kerusakan apa yang terjadi pada T-Con TV Anda terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan perbaikan.

Bagaimana Cara Membenarkan TV yang Tidak Ada Gambarnya?

Untuk menentukan cara memperbaiki TV yang tepat, Anda harus mengetahui sumber masalahnya terlebih dahulu. Setelah menemukan penyebab kerusakan, maka Anda dapat melakukan tindakan korektif sesuai dengan sumber kerusakan.

Berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki TV yang tidak ada gambarnya:

1. Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya Karena Lampu Latar (Backlight)

Jika TV tidak ada gambar tapi ada suara, bisa jadi karena backlightnya mati. Tentunya Anda harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui penyebabnya secara pasti.

Caranya adalah dengan melakukan tes sederhana dengan senter. Saat TV ON, nyalakan senter dari belakang layar TV. Jika gambar atau titik raster muncul saat di-flash dari belakang, berarti ada masalah dengan lampu latar.

Cara memperbaiki kerusakan backlight pada TV tidak rumit kok. Berikut langkah-langkah cara memperbaiki TV yang tidak ada gambar karena backlight yang rusak:

  • Untuk memperbaiki lampu latar yang mati, Anda perlu membongkar panel TV dan mengganti komponen. Untuk itu, Anda memerlukan alat seperti: sarung tangan, obeng, dan multitester untuk menguji lampu latar
  • Cabut TV dari sumber listrik. Kemudian, letakkan TV di tempat yang lapang agar Anda bisa bekerja dengan leluasa.
  • Bongkar unit TV dengan melepas sekrup satu per satu. Lakukan dengan hati-hati dan hindari menarik dengan paksa karena dapat menyebabkan kerusakan komponen.
  • Setelah membongkar unit TV, langkah selanjutnya adalah memeriksa kinerja rangkaian lampu latar dengan multitester. Caranya adalah dengan menguji setiap lampu dengan menempatkan probe merah pada sumbu (+) dan probe hitam pada sumbu (-).
  • Setelah menemukan lampu yang tidak menyala, maka Anda perlu mengganti lampu tersebut dengan yang baru. Anda dapat melakukan penggantian tunggal atau mengganti semua lampu agar lebih praktis dan tahan lama. Pastikan backlight pengganti memiliki volt yang sama dengan backlight bawaan.

Jika Anda kurang percaya diri untuk memperbaikinya sendiri, lebih baik Anda membawanya ke tukang servis televisi saja.

Baca Juga: 4 Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang

2. Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya Karena Timer

Televisi yang mati sendiri karena timer sebenarnya tidak rusak. Semua komponen televisi dan fitur-fiturnya masih berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk ‘memperbaikinya’, Anda hanya perlu menyalakan kembali TV. Agar nantinya TV mati sendiri tidak terjadi lagi, pastikan pengaturan timer matikan.

3. Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya Karena T-Con Rusak

Untuk memeriksa apakah ada masalah dengan T-Con, Anda hanya perlu memeriksa suhu IC utama dengan menyentuhnya. Jika panas, kemungkinan komponen IC terlalu panas. Namun, jika suhu normal, biasanya TV tidak memiliki gambar karena konektor tidak terpasang dengan benar. Jika ini masalahnya, Anda hanya perlu mencolokkan konektor dengan benar.

Jika sumber masalahnya adalah kerusakan komponen, Anda harus menggantinya. Pertama, cek dulu tegangan pada power supply dan output driver LED. Pastikan voltase normal dan stabil. Jika tegangannya nol, berarti IC driver rusak dan perlu diganti. Pastikan Anda membeli komponen yang kompatibel agar gambar TV dapat muncul kembali.

Jika Anda sedang mencari tempat untuk sewa TV Jakarta, Anda dapat melakukannya di IndoRental. Semoga penjelasan tentang bagaimana cara memperbaiki TV yang tidak ada gambarnya ini dapat membantu Anda, ya!