Memahami dengan Baik Apa itu Cache dan Manfaatnya

Memahami dengan Baik Apa itu Cache dan Manfaatnya

apa itu cache
Uncategorized

“Apa itu cache?”, pertanyaan seperti ini mungkin pernah terlintas di pikiran Anda. Wajar-wajar saja jika kita tidak mengetahui apa sebenarnya pengertian dan kegunaan cache. Biasanya kata “cache” kita temukan saat ingin menghapus history browser, di mana ada pilihan “hapus cache” yang bisa dipilih. 

Kita juga menemukan kata ini saat ingin membersihkan memori HP yang penuh, yang sudah membuat performa HP jadi lambat. Jadi sebenarnya apa itu cache? Apakah cache penting? Apa manfaat keberadaannya? Anda bisa menemukan semua pertanyaan ini saat sudah membaca artikel ini sampai akhir. Jadi simak sampai selesai, ya!

Apa itu Cache

Cache atau memori singgahan adalah hasil penyimpanan data suatu website atau aplikasi saat Anda pertama kali mengunjunginya. Penyimpanan data ini dilakukan agar saat ingin mengunjungi website atau aplikasi yang sama pada kali yang kedua, ketiga dan seterusnya, Anda tidak perlu menunggu izin dari laman tersebut. Mengapa membutuhkan izin? Sederhananya, setiap website yang kita buka memiliki IP address yang menjadi “gerbang” bagi siapapun pengguna internet yang ingin mengunjungi website tersebut. 

Perangkat apapun yang Anda gunakan juga memiliki IP Address,  agar setiap website bisa mengenali dan memberikan izin masuk. Memori singgahan adalah data yang disimpan sebagai izin yang sudah Anda dapat dari website tersebut. Dengan begitu setiap kali ingin mengunjungi website yang sama, Anda tidak perlu lagi menunggu loading dan bisa langsung mengaksesnya. 

Memori singgahan ini biasanya akan memakan ruang memori perangkat Anda, karena data cache tersimpan dalam memori yang sama dengan data lainnya. Oleh karena itu tidak heran bahwa banyak orang sering menghapus memori sanggahan dari memori perangkat mereka. 

Apa Fungsi Cache Pada Sebuah Komputer?

Mungkin sudah sempat disinggung sebelumnya apa kegunaan dari cache. Tetapi untuk membuat Anda semakin mengerti manfaat keberadaannya, kami telah merangkum poin-poin di bawah ini. 

1. Mempercepat Sistem

Saat izin sudah diberikan oleh website yang kita akses, performa dari sistem jadi meningkat. Sederhananya, memori singahan membuat proses kerja browser dan komputer atau gadget lainnya jadi lebih ringan. Tidak adanya cache akan membuat proses perizinan dilakukan berulang-ulang. Sangat memakan waktu, bukan?

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Servis

2. Menghemat Data

Data cache yang disimpan dalam browser atau perangkat yang Anda gunakan, umumnya menyimpan seluruh informasi server dan laman yang pernah kita akses. Apabila data cache ini tidak ada, permintaan informasi juga akan berulang seperti halnya permintaan izin. Proses ini juga akan memakan banyak waktu Anda saat sedang menelusuri internet. 

3. Mempermudah Akses

Semua data informasi memori singgahan yang sudah tersimpan, pada dasarnya akan mempermudah Anda dalam menggunakan aplikasi atau mengakses sebuah website. Ini terlihat khususnya saat koneksi internet sedang terputus. Adanya memori singgahan membuat aplikasi tetap bisa dijalankan meskipun Anda berada dalam keadaan offline

Baca Juga: 4 Kegunaan RAM Pada Laptop yang Perlu Anda Ketahui

Mengenai penjelasan ini, Anda jadi mengerti mengapa keberadaan memori singgahan penting dalam suatu aplikasi atau saat kita mengakses laman-laman di internet. Meskipun begitu penting, seringkali cache menghabiskan banyak ruang penyimpanan yang kita butuhkan untuk menyimpan file-file penting. Apabila Anda membutuhkan laptop tambahan untuk menyimpan suatu data keperluan acara, IndoRental adalah tempat sewa berbagai perangkat yang tepat. 

IndoRental adalah sebuah perusahaan yang menyediakan penyewaan berbagai perangkat teknologi yang dibutuhkan dalam mengadakan berbagai acara. Anda bisa melakukan sewa dengan mudah secara online. IndoRental adalah sewa laptop terdekat yang bisa digunakan, karena Anda tidak perlu datang dan hanya tinggal melakukan pesanan melalui gadget. 

Terdapat berbagai jenis dan spesifikasi laptop yang bisa dicari di website IndoRental. Jumlahnya juga banyak, sehingga Anda tidak perlu khawatir kekurangan laptop dalam acara. Untuk informasi yang lebih lengkap, Anda bisa menemukannya di sini. Semoga penjelasan apa itu cache dan manfaatnya berguna bagi Anda!